Saturday, November 17, 2007

EMPAT EL

Naaaah, postingan kali ini tentang empat el.
Bukan tentang type rumah, hehehehe.
Kan ada type rumah empat el, loe lagi loe lagi...
Itu tuh rumah yang kecil mungil type 21 meter persegi kali ya, atau 36 meter persegi, atau 1 Zimmer Wohnung juga bisa....heuheuheu, yang bikin kita ketemu dia lagi dia lagi kemanapun melangkah....

Empat El yang ini adalah salah satu nasihat si akang kepada anak anak tentang falsafah hidup supaya bermakna dan nanti kalau ujung usia bisa tersenyum, begitu katanya.

Hidup, supaya bermakna, enak menjalaninya, bahagia sejahtera dan memberi manfaat, harus mengandung empat el.

L yang pertama adalah, to Live.
Pokoknya kita bisa hidup terpenuhi kebutuhan pokoknya, kebutuhan dasarnya, bisa sehat , bisa bergerak, bisa makan, bisa punya baju, bisa punya tempat berteduh.

L yang kedua adalah to Love.
Kita bisa punya seseorang atau beberapa orang untuk dicintai dan mencintai
Bisa kekasih, bisa istri atau suami, bisa anak, bisa ortu, bisa adik kakak, bisa temen, bisa siapa aja atau apa aja....hewan peliharaan kali ya atau tanaman
Pokoknya mahluk hidup deh yang bisa berinteraksi positif.

L yang ketiga adalah to Learn.
Kita bisa belajar, menambah pengetahuan atau wawasan , bisa menambah nilai yang akan memberi perkembangan atau perubahan positif kedalam kehidupan kita.
Pokoknya kita bisa berubah meningkat dan bergerak maju.

L yang keempat adalah to Live in Legacy....
Naaaah yang ini yang suka banyak dilupakan orang.
Pokoknya, kita harus bisa memberi arti, memberi nilai dalam kehidupan kita yang bisa diwariskan atau diteruskan, yang bisa memberi nilai tambah orang lain, terutama generasi berikutnya, khususnya orang seputar kita.......
Bisa aja kita mewariskan nilai positif dalam keteladanan hidup, bisa saja kita mewariskan perusahaan, toko, rumah, atau materi lainnya, bisa saja kita mewariskan ilmu dalam bentuk buku atau pengetahuan, bisa saja kita mewariskan ketrampilan apapun...........

Naaah, point keempat ini banyak menyiratkan banget cara hidup yang nggak soliter, individualis, kudu banyak mengandung makna spiritual dan hidup dalam kelompok, bergaul, berinteraksi, iya nggak ???

Kalau kita sudah punya dan menjalankan empat el...
Insya Allah diujung usia kita tersenyum bahagia......

Doa si mamah buat semua pembaca, semoga bisa memiliki ke empat L ini.

( please baca juga LAW OF THE FARM ya ).

Salam

5 comments:

Ady said...

Tambah L lagi satu boleh ya..
To laugh : ketawa menandakan bahagia, bisa mengurangi stress juga, asal jangan ketawa2 sendiri tanpa sebab hehe...

Amalia-Smg said...

Ass wrwb, hidup, cinta, belajar, bermakna... kalo udah cukup emang oke tu hdp. Tp manusia terkadang lupa cr mengerti hdp, cr mencintai, cara belajar, dan terparah cara mengambil makna hdp... disinilah kita butuh orang2 yg selalu membuka mata kita ttg hdp...spt mamah Ani.. Maturnuwun ya mam.. indahnya hdp bersama kasih Ilahi sedang aku cari.. bantu aku yaa dan doanya selalu

Lia said...

Alhamdulillah,nuhun tos diemutan,mangfaat pisan, boleh dikutip ya ntar mo dibagi2 sama temen disini,Insha Alloh manfaatna lebih banyak.

Iraha angkat Haji teh Mah?wilujeng,lungsur langsar,uih nyandak mabrur :)

putri said...

Setuju ama 4L nya... :) Asal nggak L ke-5 Lupa.... lupa diri hehehe..

Maaf Mah.. dah lama gak BW.. ikutan Ophi nih sibukkkk :D

Ryu`s Mom said...

Bagus nih mah postingannya, 4L aja udah cukup banget..

Klo manusianya kayak Mamah sekeluarga mungkin dunia ini bakal aman kali ya, tapi lagi-lagi banyak L nakal yang berkeliaran...