Monday, November 19, 2007

MABRUR

Haji Mabrur pahalanya tiada lain kecuali Surga.

Duuuuuh...siapa sih yang nggak pengen masuk Surga ?

Gimana sih caranya Mabrur ?
Kan katanya Mabrur itu yang dikerjakan dengan niat ikhlas dan ilmu nya juga dikuasai.

Gampangkah ?...
Beueueueueueu...gampang gampang syusyah bukan ?

Coba deh diamatin...

Haji Mabrur tuh kan ada tiga tahapan...
Mabrur Qoblal Haji, artinya sebelum ke Tanah Suci sudah Mabrur...
Mabrur I'ndal Haji, artinya selama pelaksanaan rangkaian ibadah haji juga Mabrur, dan Mabrur Ba'dal Haji, artinya sepulang berhaji menjadi Mabrur.

Bahasa awamnya sih Mabrur tuh kali berubah positif atau menjadi lebih baik gitu kali ya....
Yang tadinya shalatnya bolong bolong, nggak tepat waktu, jadi rajin 5 waktu tambah shalat sunat, tepat waktu lagi...
Yang tadinya ogah ke Masjid, jadi ke Masjid...
Yang tadinya pelit jadi seneng bersedekah...
Yang tadinya nggak bisa ngaji, mau belajar mengaji....
Yang tadinya males puasa, jadi rajin puasa wajib dan sunnah..
Yang tadinya tukang cemberut baketut jadinya seneng tersenyum....
Yang tadinya jorok jadi seneng bersih bersih,
Yang tadinya nggak disiplin jadi seneng tepat waktu dan teratur.....gitu kali ya

Mabrur....dimulai ketika kita berniat berhaji...
Maka mulailah kita shalat taubat sekaligus nggak mengulangi apa yang kita tobatkan.
Mulai belajar ikhlas, sabar, jujur, penolong, membersihkan qalbu, belajar baca baca doa, belajar manasik, mempersiapkan fisik mental, belajar tersenyum, belajar seneng sedekah, belajar bersih, belajat tepat waktu...

Begituuuuuu terus sampai pulang berhaji nanti Insya Allah mabrur beneran.....

Tapiiii....koq ya banyak yang lalai ya......
Nggak nyadar betapa sulitnya pergi berhaji, ngumpulin duitnya, nunggu kuotanya, pengorbanan waktu, tenaga, ninggalin keluarga dll dlsb.....

Kan afdolnya sih peluang itu bener bener dioptimalkan agar kita bisa Mabrur, iya nggak...
Siapa tahu berhaji itu cuma sekali kesempatannya seumur hidup...

Ini ????
Duuuuh, baru aja ada berita di detik com....
Wanita hamil bisa lolos ada di Madinnah, padahal peraturan pemerintah kita jelas, wanita hamil tidak diijinkan menjalankan Ibadah Haji.

Lho koq ini bisa lolos ?
Ternyata, ybs ketika 2 kali test kesehatan, mengirimkan joki yang tiada lain adalah adik kandungnya yang mukanya mirip, maka diperiksalah si adik, pleueueueus disuntik vaksin Meningitis...
Astaghfirullahaladziim......

Baru mau berhaji aja niatnya udah bohong...
Kumaha ieu teh ?
Udah gitu bangga lagi, juga suami dan saudara saudaranya....
Katanya, tahun lalu juga kakak kita "menolong" orang lain dengan cara seperti itu, pulang haji, lahiran di jakarta tuh....
Lagi lagi astaghfirullahaladziim....

Koq ya jadi rada rada percaya bahwa karakter pembohong itu diturunkan genetik nyangkut di chromosome ybs...
Masa sih ? bangsa kita itu mayoritas punya chromosome yang mengandung sifat pembohong ? astaghfirullahaladziim....

Katanya, makanya pekerja rendahan demen banget bolos dan membohong...alasan sakitlah, nenek meninggallah, sepupu kawinanlah, keponakan sunatanlah, dll, dlsb...

Apa resikonya kalau orang hamil lolos ke Tanah Suci ?
Dipulangkan ya nggak mungkin, karena petugas pemerintah yang bertugas di Tanah Suci sudah berkomitmen akan mengurus semua warga negara Indonesia yang berhaji dengan sebaik baiknya.

Makanya, yang hamil itu akan bikin repot berbagai pihak selain dirinya sendiri...
Harus disiapkan ambulance khusus mengangkut dari kota ke kota, harus ikut safari wukuf ialah wukuf ke arafah diantar kendaraan petugas....
Wwekkkks, koq malah bangga ya...
Diantar khusus, dikawal khusus, merepotkan orang lain, nambah biaya pengeluaran......
astaghfirullahaladziim.....

Memang mabrur tidaknya seseorang hanya Allah yang Tahu....
Tapi kalau dari awal udah membohong dan bikin repot banyak pihak, mabrur sebelah mananya ya.......

Trus...nanti kalau pulang berhaji, dipanggil tetangga : Bu Harti...Bu Harti..., biasanya ngambek dan segera mengoreksi dengan penuh penekanan pada setiap suku katanya : " Hajjah Harti !!!"

Tolong doakan kami ya, agar tetap diluruskan niat dan dijaga keikhlasan berhaji pleus dimudahkan segala urusannya dan....mabrur............

Salam..

10 comments:

Anisa said...

iya nih mah..baru niat berhaji kok dah bohong. Padahal hamil 7 bulan khan sudah gedhe,belum lagi disana jalannya desak2an lagi... Mudah2an "dia" sadar akan perbuatannya.


Btw tgl berapa nih mamah berangkat ?
Hati2 dan jaga kesehatan selalu ya mah.

mama arya said...

Semoga semua niat, do'a mamah Ani di kabul Ya Rabb..amin..


btw, jaga kesehatan, hati2 ya mah, semoga semua berjalan lancar aminn

indie said...

Itu sebenernya niat hajinya gimana ya, Mah.. pakai bohong-bohong segala.Kalau disana pas desek-desekan jatuh gimana, kalau kena meningitis beneran gimana.Kan bukannya kesian bayinya.


ine

Aditya N B said...

assalammualaikum, semoga Allah turunkan rahmat dan hidayahnya di tanah suci nati, jangan lupa do'akan saya di sana ya.....saya juga mau tuh dipanggil kesana...

Anie said...

wah mamah mau berangkat ya..
moga smuanya lancar dan mjd haji yg mabrur..

meitymutiara said...

mamah ... semoga diberi kesehatan dan keselamatan selama berhaji, semoga jadi haji mabrur ya mah ... titip do'a ya mah? boleh ga?

kapan berangkat?

sili said...

selamat menjalankan ibadah haji...semoga do'a2 yg dipanjatkan di tanah suci terkabulkan, terutama do'a biar cepat momong cucu.... do'akan saya biar menyusul yah. niat ketemu astrid nggak mah?

inda_ardani said...

hmm, mamah mau berangkat haji, insya Allah bareng sama ortu saya, hehehe. semoga dimudahkan, mamah.

tentang perempuan hamil itu, wah egois kali ya meskipun mungkin dia udah saking kepengennya ibadah tapi gimana ya janinnya duuuh susah ngebayanginnya. iya tu pasti bikin repot banyak orang

btw saya jadi pengen ikutan haji nih, hahaha, insya Allah

Yolla Elwyn said...

loh, kirain mamah dah berangkat..:)
Kapan berangkatnya mah?
Moga sehat semua berangkat & kembali ya mah..titip doa boleh gak mah? he..

Yolla Elwyn said...

he..bener nih mah..:)
Titip didoain biar mamah cepet dapet cucu..he..thanks ya mah..:)