Sunday, November 11, 2007

BAHAGIA

Postingan ini terinspirasi dari curhat seorang teman yang tiba tiba merasa penghasilannya amatlah kecil dibandingkan dengan seorang keponakannya yang baru saja mendapat pekerjaan.

Sama sama profesional walaupun dalam bidang berbeda.
Dia, yang sudah lebih dari 20 tahun mengabdikan dirinya, mendapat penghasilan yang 1/20 dari keponakannya yang baru saja mau memulai pekerjaan.
Adilkah?

Jadi inget film Lion King, ada adegan yang masih terbayang bayang : "Life is not fair ", begitu pesan si bapak kepada si Simba yang menangis tersedu sedu.

Temanku itu tiba tiba saja merasa kebahagiaannya meluntur,benarkah ?

Kata si akang, kecilnya penghasilan kan nggak bisa jadi ukuran untuk menjadikan kita tidak bahagia.
Biarpun pendapatan kecil, kita bisa koq bahagia.
Orang yang berpenghasilan besar, belum tentu bahagia.

Dalam hidup, yang penting kan bahagia, bukan besar kecilnya penghasilan, iya nggak ?

Bahagia akan membuat kita full energi untuk manfaat.
Bahagia akan bikin kita tetap semangat, tetap bersyukur dalam keadaan apapun.
Bahagia akan membuat kita sehat lahir batin.

Yang penting, kan kita bisa menikmati setiap detik yang dianugrahkan Allah kepada kita.

Kalau kita bisa menghargai dan memuji diri kita bahwa kita berada dititik kehidupan saat ini, dititik manapun, tentu kita akan bersyukur dan bahagia.

Jadi yang bisa bikin kita bahagia kan hanya kita sendiri.
Diawali dengan bagamana kita mengapresiasi, menghargai keberadaan atau status kita sendiri, iya nggak ?
Waaah, saya tuh hebat ya, usia 27 tahun bisa memulai PhD, dapet beasiswa lagi, alhamdulillah ya Allah....
Waaaah, saya tuh hebat ya, usia 30 tahun sudah bisa ngurus anak, alhamdulillah....
Waaah, saya tuh hebat ya, usia 33 sudah jadi bapak, alhamdulillah....
Waaah saya tuh hebat ya, usia 19 udah punya pacar, alhamdulillah......
Waaah, saya tuh hebat ya, bisa bikin ibu saya tertawa, alhamdulillah.....
Waaah, saya tuh hebat ya, bisa mengantar adik kesekolah....
Waaah, saya tuh hebat ya, bisa mencuci pakaian sendiri, bisa bikin nasi goreng, bisa membaca, bisa menulis, bisa ngeblog...dll dlsb.

Banyak kekaguman atas diri sendiri akan membuat sel sel hidup berfungsi maksimal dan jiwa pun sehat bahagia.

Cobain deh bikin daftar "kehebatan" atau kekaguman atas diri sendiri yang akan membuat kita bahagia, pasti buuuaaaaanyak....

Kalau masih belum juga bisa bahagia, begini aja deh.
Coba inget inget tentang rahasia usia manusia : nikmatin setiap detik, siapa tahu detik berikutnya bahagianya di alam sana, hehe...

Kalau masih susah juga untuk bahagia, coba lihat ke yang lebih susah, dari pagi buta juga sudah bisa kita lakukan koq.

Bangun tidur bisa nafas...bahagia.., bayangkan, dirumah sakit banyak yang pake oksigen.
Bisa pipis..bahagia........... bayangkan, orang lain harus pake kateter.
Bisa makan bahagia.......... bayangkan, orang lain sakit gigi
Bisa berjalan...bahagia.......bayangkan, orang lain sedang patah tulang atau bahkan diamputasi.
wuaaaah...banyak banget yang bisa bikin kita bahagia bukan ?

Masa belum bahagia juga ????....
Selesai baca ini, mudah mudahan bisa menarik nafas panjang, melenturkan tubuh, dan....tersenyum bahagia....

Semoga.

5 comments:

Ryu`s Mom said...

Postingan yang bagus banget deh Mamah Ani, mudah-mudahan kita juga bisa lebih bersyukur dari orang-orang yang blom/tidak beruntung di luar sana.

Benar ya hanya diri sendiri yang bisa menilai kita bahagia atau tidak dan kita beruntung atau tidak.

bundazka said...

iyaa mah...bagus bt..bnr2 mngingatkan kita utk bersyukur dan bersyukur terus atas sgala yg kita miliki....

kbahagiaan bnr2 ga bs dibayar dgn materi...

meitymutiara said...

Kebahagiaan yang biasa Meity rasain, ketika Meity bisa bikin orang2 yang Meity sayang bahagia, mah. Atau, ketika kita bisa berbagi dengan sekitar ... bahagiaaa banget.

Dan pagi ini, Meity lagi bahagia mamah.

Oiya, mamah apa kabar?

Monica Ria said...

Namanya manusia, terkadang belek di pelupuk mata aja ngga keliatan, malah gajah di sebrang lautan kuetuok buanget ... ya memang perlu untuk saling mengingatkan. Thanks ya, Mah, udah launch tulisan ini.

indie said...

(baca sambil tersenyum bahagia) Mamah Ani bener banget deh. Bahagia itu memang di hati yahhhh, Mah.
Mah, Ine minta doanya dong. Jadi maju desember nih.


ine