Wednesday, June 24, 2009

LIBURAN

Postingan ini pernah ditampilkan menjelang liburan sekolah 2007 lalu
Ditampilkan kembali, karena sekarang mulai liburan panjang bukan ?



Libur tlah tiba...libur tlah tiba...horre..horree...horreee.....

Duuuuuh, anak anak udah pada nggak enak tidur ya.
Gelisah, guling gasahan kata orang Bandung mah.......
Bentar lagi kan liburan panjang, panjaaaaang banget.....

Yang pasti, mereka sudah berimajinasi, berkhayal, juga punya rencana sendiri, mau kemana liburan sekarang, mau ngapain liburan sekarang.......
Hormon endorphin, sahabat manusia, hormon yang menimbulkan kebahagiaan, kegembiraan, kayaknya mulai meningkat.

Dimana mana anak anak jigrah, senyum, bergembira....
Horreee...horreee...horreeee.....

Wwekkks, kebalikan dengan wajah ortunya tuh.
Yang stres nyari sekolah, yang stres dengan uang gedung, uang pembangunan, uang masuk, uang seragam, uang buku, uang tas baru, alat tulis, tempat bekal, dll dlsb...

Ggggggrrrrrkkkkhhhh.....
Banyak wajah ortu yang berkerut, jidat berkedut kedut, hormon adrenalin yang memompa debaran jantung mulai meningkat, peluh mudah keluar, bahkan ada yang gemeteran, psikosomatis.
Halah.....kuaciaaaan deh...

Berbicara soal liburan , naaaah, ini penting sekali atuh.
Biar bagaimanapun, manusia itu butuh hiburan, butuh rekreasi, butuh ngisi energi, butuh bersuka cita, bergembira.

Bagaimanapun caranya.
Sekali lagi, liburan itu penting, pentiiiiiiing banget.
Tanpa kecuali, bagi siapapun.

Coba bayangkan.
Anak anak sudah setahun berkutat dengan angka angka, huruf huruf, berbagai ilmu ( yang terkadang nggak penting banget ya...), berbagai kegiatan yang terasakan menjadi beban, keharusan ini itu, "ancaman" guru dengan berbagai peer dan ulangan mendadak.
Belum lagi cemoohan, bentakan, jeweran, sindiran yang masiiiiih saja terjadi ( ingat postinganku tentang bullying???).

Jadi, ya wajar wajar saja sebulan ini mereka berpesta, bebas dari berbagai keharusan dan tekanan.
Tanpa kecuali, siapapun, kaya -miskin, dikampung, dikota megapolitan, anak anak sangat memerlukan hiburan, pengisian energi, kegembiraan, agar tahun ajaran mendatang, mereka full energi, bisa berkarya dan menimba ilmu dengan jauuuuh lebih baik.

Naaaaaah, sekarang, gimana cara mengisi liburan ?
Kemana liburan ?
Ngapain aja liburan ?

Liburan, sesuai dengan maksudnya, ya....bersenang senang lah, mengisi energi, nggak terikat aturan ketat, biarkan jiwa bebas berkelana kemana saja, biarkan jiwa raga nggak terkungkung keharusan yang menekan.
Biarkan, biarkan, biarkan.........
Tidur leyeh leyeh menunda waktu mandi juga kan liburan bukan?

Banyak pilihan untuk berlibur.
Euleuueueueueueh, meuni gaya, ada yang ke Hawaii, Hollywood, Paris, Amsterdam, Roma, naik gondola di Venesia, ke Hongkong, China, Tokyo, ada yang Umrah, Singapore, Kualalumpur, Bali, Borobudur, Dufan, Taman Safari, Taman Buah Mekarsari, Taman Mini, dll, dlsb
Waaaaah, banyak banget pilihan ya........

Tapi, ada nggak ya liburan yang "put your wallet away "?
Hahahahahahaha....pasti ada doooong.

Anak anak gepeng, gelandangan dan pengemis, juga bisa dan harus kan liburan ?
Ya bisalah mereka liburan, kalau kita kita bantu menciptakan suasana baru untuk mereka ,jangan sampai liburan mereka hanya membantu ortu nyari duit.
Duuuuh, kasihan banget kan ?

Kalau ibu ibu arisan atau Dharma Wanita urunan sedikit sedikiiiiit aja,biar mereka bisa jalan jalan, ke Ragunan keq ...ke Ancol keq..
(Hallo bi Dini, katanya mau bawa anak pemulung dan tukang beca se bis ke Kebun Binatang Bandung ya)
Tuuuuh, kan, bi Dini aja bisa bawa se bis.....mana ibu ibu yang lainnya ??????
Ayo, ayo, saatnya berbagi, liburan bukan hanya milik yang punya duit aja atuh.

Inget lagu, Pamanku dari Desa nggak ?
Kan liburan disitu juga,mandi disungai,menggiring kerbau ke kandang......
Gratis boooouwww...

Sekarang, sudah banyak tempat rekreasi yang mengenalkan anak anak dengan suasana alam.
Sudah pernah ke pusat Primata di Ragunan ?
Itu juga asyiiik .

Diseputar Tangerang, Jurangmangu, Kampungsawah, deket koq dengan Bintaro, ada juga tempat rekreasi alam.
Anak belajar bertani, main leutak(lumpur), nangkap ikan, naik kerbau, mandi disungai,....
Duuuuuuh, asyiknya...bebas main apa aja......

Pilihan lain, berkemah atuh....
(Eh, Bumi Perkemahan Cibubur lebih bagus katanya ya)
Atau berkemah dimana aja atuh........

Dulu, waktu anak anak si mamah SD, sepanjang liburan, dihalaman suka masang tenda.
Anak anak tetangga ikutan berkemah, tidur diluar, lihat bulan bintang,makan barengan didalam tenda.
Ada obor, ada bakar bakaran makanan...asyiiiikkk.

Pilihan lain..outbound....
Waaaah, asyik juga tuh buat anak anak.....
Banyak pilihannya koq.

Kalau mau "put your wallet away", kan banyak yang gratisan.
Naik sepeda, jalan kaki, bawa bekel, naik getek nyebrang sungai,naik gunung,jalan nerabas dari Dago ke Maribaya, anak anak bawa ransel isi nasi bekal,dll.dlsb.

Aaaah...indahnya masa liburan anak anak....
Bersahabat dengan alam, menikmati indahnya alam karunia Allah.....

Duuuuh, pengen liburan siga barudak eueueueuyyyy....

Yang jelas, kalau jalan dari Mall ke Mall...
Haduuuuh, bukan hanya habis duit, tapi juga habis energi.

Bukannya kalau ketemu benda mati malah energi kita perlahan habis?
Apalagi kalau sambil nonton film horor...
Halah...nyingsieunan maneh nya....

Mending bersinggungan dengan alam aja dong....
Energi terisi.....kena matahari, udara bebas.

Duuuuuh, asyiknya...segar, segar, segar......
Ada burung cuit cuit, ada kodok kwak kwek, ada jengkrik krik krik, ada kambing mbe mbeee, ada bebek entog kwek kwek kwek.........

Duuuuh, kebayang nggak indahnya....

Pilihan lain.....
Ada yang belajar bikin kue, ada yang belajar melukis, ada yang belajar fotografi, ada yang belajar bikin komik, belajar bahasa, berkebun menanam bunga,dll
Waaaah, ternyata banyak pilhan ya.

Jadi......
Ayo rame rame liburan dooooong....
Dan, juga....ayo rame rame bikin hiburan liburan gratisan buat anak anak yang nggak mampu.....

Nyumbang dong dikiiiit aja, kan sedikit sedikit, lama lama jadi bukit ???
Hehehehe, kawan kawan si mamah malah bikin khitanan masal buat yang nggak mampu, biayanya urunan dari siapa aja...
Sedikit, sedikit....kan jadinya makin banyak anak anak yang bisa disunat dengan baik dan benar...iya nggak ?

Liburan, harus menyenangkan.
Liburan, harus membahagiakan.
Liburan, harus banyak memicu hormon kegembiraan.
Liburan, adalah melakukan kegiatan yang diluar rutin.
Apaaaa aja, gimanaaaa aja, dimanaaaa aja...

Selamat berlibur, selamat bergembira, semoga bisa mengumpulkan energi positif untuk manfaat...

Libur tlah tiba, libur tlah tiba.....
Hurraaayyyy...horrreeee.....hurrrraaayyy....horrreeee...

4 comments:

Tamrin-Next CEO said...

Kalo sayah, liburannya tidur lagi setelah solah subuh .... Terus main sama si pitri sambil ngeliatin ikan. Kadang ke kampus sambil ngenet gratis. it called "put your wallet away...". Dan satu hal yang paling penting... just put your books away... ^_^.

ghey said...

stujuuu sm mamah aniiii...
tapi tan,, knp yha kadang2 begitu dnger kata "liburan" orangtua suka parno sendiri...
terus ngeliat kitanya leyeh2 dirumah juga kayanya gerah banget... kan yg liburan ini jadi serba salah...
belom lagi yg tdnya mau have some fun jadi bete sureteh, keki ga karuan.. malah ga jadi fresh pas balik ke aktivitas rutin.. :(

terus2 tan ada cerita laen juga dari tmn aku..
ada juga org tua yg tiap anaknya liburan,,, tujuan liburannya harus nurutin orangtuanya.. padahal itu anak udh umur 17taon keatas... whoahh,, kynya udh ga wajar yha tan.. kesian juga ngeliatnya, gak nyaman banget katanya liburan kaya gitu :(

amethys said...

liburan? jadi kangen pulang ke Indonesia.....jalan2 rame2 sama ponakan2...ber jejal di mobil....

meity said...

wah jadi inget jamannya masih sekolah dulu. waktu itu masih ada aki sama nini yang tinggal di batu datar & banjar. jadi liburan sempet lah ngrasain mandi pake air pancuran yang kamar mandinya cuma bilik tanpa atap, seruuu ...