Friday, October 10, 2008

PRT

Siapa yang paling di elu elukan, disambut dengan sukacita seputar lebaran ini ?
Kayaknya nggak akan ada yang lebih heboh penyambutannya, nggak akan ada yang lebih dinanti nantikan selain PRT, Pembantu Rumah Tangga.
Iya Nggak ?

Nyaris hampir setiap saat setelah lebaran, itu leher para ibu sudah memanjang saking seringnya menengok keluar jendela :
Kemana si bibi ya....udah nongol belum si mbak ya....hehehehe...iya nggak ?

Lebaran, identik dengan mudik, migrasi besar besaran terutama kelompok PRT.
Lebaran, sebenernya adalah pesta PRT.
Pulang kampung, bawa duit segombyokan, bawa oleh oleh segambrengan dan bebas merdeka meninggalkan majikan yang pakepuk ngurusin segala sesuatu sendiri.

Lebaran, ketika volume pekerjaan berlipat lipat.....eh malah PRT pulkam alias pulang kampung.

Beban pekerjaan rumah tangga yang berlipat selama ramadhaan dan lebaran, banyak yang bikin orang memutuskan hijrah, pindah ke hotel hotel.
Kan enak, nggak usah masak, nggak usah beres beres, nggak usah nyuci nyuci....semua ada yang ngurus.

Pilihan lain, ya ikutan mudik, gabung dirumah ortu atau rumah saudara dan bagi bagi gawe.
Ada yang spesialis beberes, spesialis nyuci setrika, spesialis masak dll dlsb.
Anak anak gembira gabung dengan sepupuannya, ortu bahagia anak cucu ngumpul, dan pekerjaan dibagi rata, pengeluaran dibayar ramean, ditanggung bersama. Beres.

Semua kerepotan dan pilihan hidup seputar lebaran, sumbernya kan cuma satu, mudiknya PRT.
Iya nggak ?

Makanya, selepas lebaran, mahluk yang paling dinanti nantikan dan amat sangat diharapkan kedatangannya, tak lain dan tak bukan, cuma PRT.....

Cerita mudiknya pembantu rumah tangga, dongeng balik nggaknya PRT amat sangat beragam.

PRT si mamah, yang kebetulan baru ikut gawe 5 bulan, adalah seorang gadis kampung bau lisung beneran.
Pernah kerja di warteg daerah Tanjung Priuk, tapi tetep aja nggak bisa ngerjain apapun.

Maklum, rumahnya di pegunungan, pinggir kali comal, dan dari pinggir jalan kerumahnya kudu berjalan kaki 3 jam !
Bayangin....3 jam menembus hutan jati atau 1 jam naik ojeg.

Bisa dimaklum, jangankan bisa kerja rumahan di kota, dia nggak ngerti rumahnya dimana, alamat persisnya apa, dia percaya 100 % sama mantan tetangganya yang kerja di tetangga si mamah.
Jadi....dia nggak bisa mudik kalau nggak ngikut si Nur.

Kurni, namanya.
Beneran dari udik, badannya hitam ringkih, rambut merah kurang gizi, nggak ngerti kerja apapun dan.....nggak tau unggah ungguh pisan, belum "beradab" lah istilah kerennya.
Kemaana si mamah bergerak, ngintiiiil terus...kayak bayangan aja jadinya....

Rada aneh juga, biasanya kan kalau dikampung itu ramah tamah sopan santun.
Ini mah kampung nanahaon kali ya....boro boro ramah tamah, tersenyum juga diajarin terus menerus...halah...

Ketika pertama kali nerima dia, yang keinget kan pesan ibunya si mamah almarhumah.....
Kita wajib mendidik pembantu yang bodo katotoloyoh..biar pinter.

Ketika orang lain nggak memberi peluang kerja, disitulah ladang amal kita, supaya mereka pinter.
Kalau udah pinter mereka pindah ke yang lain, ya alhamdulillah, kita sudah bikin mereka laku bekerja dimana mana. Atau menikah berumahtangga bahagia, atau malah mandiri punya warung pegangan hidupnya.

Begitu mulianya ajaran ibunda almarhumah ya.
Semoga almarhumah dimuliakanNya disana, amin.

Padahal, kalau maunya si mamah sih, pembantu itu maunya ngikuuuuut aja terus, kan udah cape mendidiknya bukan ?
Mendidik sambil bayar pula.
Bukan sekolah gratis lagi itu mah...sekolah sambil dibayar....Hehehehehehe

Kemana itu si Ncen yang jadi jago bikin roti, pizza, chesse stick, katanya sih sudah menikah dan diboyong kemana pula.

Ya sudahlah, memang begitu harapan ibunda, menididk dan mengikhlaskan mereka punya dunia sendiri yang mandiri.

Si Kurni, termasuk orang udik yang bener bener bodo katotoloyoh pisan.
Bahkan, ketika si akang nanya, rumahmu dimana ?
Dijawab dengan lugu...aku orang pegunungan pak.
Pegunungan mana ?
Itu lho pak...dari jembataan belok kanan.
Gubrakkks.......ketawa guling guling semua yang dengernya juga kan ?

Maka, sejak kedatangannya dirumah si mamah, mulai dibukalah kursus pendidikan pembantu...heuheuheu...bukan pendidikan gratis...pendidikan yang pendidiknya kudu bayar pula...wuakakakakakaka
Mulai dari beliin baju ( bajunya kan cuma bawa 1 ), ngasih sajadah dan mukena, beliin odol sikat gigi sabun shampoo, handuk, dll.

Ngajarin pasang spreinya sendiri , ngajarin mandi, ngajarin sikat gigi, ngajarin nyuci ngepel nyapu setrika cuci piring....dll. dlsb

Maklum di rumahnya kan nggak ada listrik, nyetrika juga bikin gosong berapa celana panjang tuh.....

Halah...segala diajarin deh, kan segala nggak bisa, tapi modal dia sangat jitu, kejujuran, itu yang bikin si mamah mau nerima dia.
Orang bodoh mah diajarin aja biar pinter...
Orang nggak jujur? ogah ah...ceyyyeemmm.

Jadi, si Kurni tuh ngikuuuut aja kemana si Nur mau bawa.
Mudiknya gimana si Nur, balik lagi gimana si Nur pula.
Dan, astaghfirullahaladzim, itu di level pembantu gitu juga ada ya yang tega orang makan orang.

Si Nur, yang usianya baru 17 tahun, yang hobbynya main hape ( sim cardnya aja cenah ada 6 ), tega teganya motong gaji si kur 50 ribu.
Pokoknya setiap si Kur ngirim ke kampung, dipotong 50 ribu....duuuh tega ya.

Trus, walaupun si mamah wanti wanti jangan motong duit si Kur lagi dan si mamah kasih dia 50 ribu, teteeeeep aja dia motong duit si Kur.
Ongkos transport yang 120 ribu , lewat si Nur jadi 200 ribu !!!!, gelo...
Itu watak genetik atau apa ya........koq tegaan banget pisan.
Masih muda, PRT, udah begitu ngejagonya...gimana kalau dikasih kekuasaan ya.....

Dan, karena si Kurni polos nyeritain segala macam, maka berpolitiklah si Nur.
Bener bener dia berpolitik kesana sini.

Ke si mamah bilang si Kur nggak mau kerja lagi nggak tau kenapa.
Ke majikan si Nur juga dia bilang begitu.
Ke si Kurni bilang dia nggak akan balik lagi jadi si Kurni nggak mungkin bisa balik ke si mamah sendirian.
Beueueueueu....watak jahat bener dia mah ya..

Kebetulan, si mamah ngasih catatan no tilpon disimpen ditas baju si Kur.
Jadi aja ketahuan, bohongnya si Nur yang berpolitik kesana sini.
Ketahuan, dia masih malak duit transportnya si Kurni.

Nur nggak nyangka, bahwa si Kur bisa nilpon langsung ke si mamah....hehehehehe
Dikira dia, si Kur bodoh, nggak akan bisa kontak si mamah tanpa lewat dia.
Kan udah rada pinter si Kurninya sekarang, bisa nilpon , bisa tahu alamat si mamah segala.

Ceritanya, ya karena si Kur jujur polos, segala diceritain ke si mamah, termasuk suka motong duit 50 ribu, maka tamatlah riwayat si Kur, mau diganti sama yang lain cenah.

Tapi memang si Nur berpulitik sih bukan berpolitik
Jadi aja ketahuan bohongnya......hehehehehe

Btw tahu bedanya berpolitik dan berpulitik??
Politik adalah nempo nu leutik ( melihat/ memperhatikan yang kecil, kaum lemah )
Kalau berpulitik itu nipu nu leutik...hehehehehe

Nah lho.....sekarang menjelang pemilu.
Hayoh tebak tebakan....orang banyak berpolitik atau berpulitik?????

Sambil tebak tebakan, ya doain aja atuh si Kurni bisa cari jalan sendiri balik ke si mamah.
Kan udah pinter......hehehehehe

Tapi waktu dia nilpon, dia bilang mau bawa adiknya dan temennya yang bener bener kayak si Kurni, udik beneran udik....
Haduh.....kudu mendidik 2 lagi model si Kurni ya....
Bukan hanya mendidik, membayar pula......sighhhhhhh...
Biarin aja ah, ladang amal kata ibunda almarhumah juga.

Kalau udah pinter, mandiri atau kawin, atau kerja di yang lain.....
Ada yang mau??????

10 comments:

Tamrin-Next CEO said...

Sabar sabar ... Pisss ah ... ^_^.
Betul, yang penting jujur. ntar kalo udah pinter bisa kerja apa pun. Btw, buka training khusus PRT Mah... Ide bagus... hehehe

Anonymous said...

buka training PRT ???
siapa takut...lulusannya triple degree...: bisa kerja, bersih hati dan....laik sehat....!!!
gimana okey???
hidup duo mamah...!!!

ahyani

meithreea said...

Iya mamah, setuju pisaaann ! ladang amal bisa dimana aja kan ya, mudahan jadi jariyah mamah, kan mendidik PRT.. ilmu juga, selama ilmunya kepake insyaAllah ngalir pahalanya.. asal itu tadi, ikhlas ! Blajar bareng mah, daku juga mau aaahh.. Maaf lahir batin batin ya mamah cantik !

nisa said...

uy, link blog gw y!
www.nisaitsme.blogspot.com

Ryuta Ando said...

Aduh aku baca postingan Mamah Ani ketawa-ketiwi sendiri, bagus banget nih mah postingannya.

Hebat deh Mamah Ani mau mendidik dan mengajari mereka yang lugu begini jadi pinter bahkan sampai bisa berpolitik dan berpulitik.

Ajarin yang yang bagus banget dari alm. ibunda ya...

ewi said...

Mah biar ceritanya panjang... asyik aja bwt dibaca...setuju mah, biar PRT minggat setelah pinter...jadi ladang amal, tapi dah terlanjur dikutuk jadi batu gmn mau amal...hehe

si bedegong said...

:)

kagungan PRT anu recommended mah? dipaketkeun atuh kadieu..


mending PRT made in indonesia..PRT bule mah teu kiat ngagajihna..

Elsiey said...

adu.. mau donk. bagi satuuu... gimana cara contact-nya?

servis said...

kami sgp melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..


CCTV bisa dipantau dg hp.

AC pendingin ruangan.

bel panggil perawat atau pegawai.

running text LED.

GPS tracker buat kendaraan.

ALARM gedung.

PABX telephone lokal.

Panel listrik dan instalasi.

design alat sesuai kebutuhan.

bel jam otomatis.

alat elektronik mesincuci dll

Speaker gedung.

untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
0822 315 625 89
Atau
tsabitataya@gmail.com

Saya siap brkunjung ke tempat anda.

ac tidak dingin , servis cctv di malang, tukang cctv,cctv paket berapa,harga cctv , dvr tidak bisa merekam, jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen,beli cctv dimana , cctv mati, pasang cctv, telepon rusak,pbx ,kediri,blitar, pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon,cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen,cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang,cctv rusak, cctv mati, jual cctv di malang, jual cctv, toko cctv malang, ahli cctv, cctv malang, cctv malang raya, cctv di turen, cctv turen,cctv malam, cctv rusak, cctv tidak hidup, cctv di dampit, cctv pabrik, cctv rusak, jasa perbaikan cctv di malang, jasa perbaikan cctv, madiun, untuk nganjuk, telepon rusak, interkom mati, telepon tdk bisa bunyi, dering telepon, operasi, kamar ok, lampu ok, buat alat, jasa pemasangan, tukang pasang, wilayah, madiun, ngawi, nganjuk, kediri, blitar, cctv blitar, cctv malang, cctv turen, cctv turen, cctv di turen, cctv malang, cctv turen, adaptor cctv, dvr, kerusakan cctv, dvr mati, dvr bunyi, kabel cctv, jasa perbaikan cctv, kabel cctv, cctv untuk rumah, alat pengaman rumah, ac tdk dingin, tambah freon, ac mati, ac tidak mau hidup, ac cuma berkedip, kenapa, sebab, ac turen, servis ac di blitar murah, cctv malang, cctv di malang, cctv infrared, cctv ahd, cctv rusak, alarm maling,alarm maling, nurse call, alat pemanggil suster, alat pemanggil pelayan, pasien, alat pemanggil perawat,cctv di kepanjen, cctv kepanjen, pabx kediri, pabx di pare, pabx di malang, pabx di nganjuk, pabx kota, cctv di kediri, cctv kediri,cctv di dampit,
http://jasaturen.blogspot.com/2013/01/servis.html


hub kami

servis said...

kami sgp melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..


CCTV bisa dipantau dg hp.

AC pendingin ruangan.

bel panggil perawat atau pegawai.

running text LED.

GPS tracker buat kendaraan.

ALARM gedung.

PABX telephone lokal.

Panel listrik dan instalasi.

design alat sesuai kebutuhan.

bel jam otomatis.

alat elektronik mesincuci dll

Speaker gedung.

untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
0822 315 625 89
Atau
tsabitataya@gmail.com

Saya siap brkunjung ke tempat anda.

ac tidak dingin , servis cctv di malang, tukang cctv,cctv paket berapa,harga cctv , dvr tidak bisa merekam, jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen,beli cctv dimana , cctv mati, pasang cctv, telepon rusak,pbx ,kediri,blitar, pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon,cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared. di malang, cctv di malang, cctv malang raya, cctv untuk malang, cctv di malang, cctv malang raya, di malang, cctv malang, cctv dampit, cctv di dampit, cctv di bululawang, cctv kepanjen,cctv dipasang, cctv murah, cctv rumah, cctv internet, cctv malang,cctv rusak, cctv mati, jual cctv di malang, jual cctv, toko cctv malang, ahli cctv, cctv malang, cctv malang raya, cctv di turen, cctv turen,cctv malam, cctv rusak, cctv tidak hidup, cctv di dampit, cctv pabrik, cctv rusak, jasa perbaikan cctv di malang, jasa perbaikan cctv, madiun, untuk nganjuk, telepon rusak, interkom mati, telepon tdk bisa bunyi, dering telepon, operasi, kamar ok, lampu ok, buat alat, jasa pemasangan, tukang pasang, wilayah, madiun, ngawi, nganjuk, kediri, blitar, cctv blitar, cctv malang, cctv turen, cctv turen, cctv di turen, cctv malang, cctv turen, adaptor cctv, dvr, kerusakan cctv, dvr mati, dvr bunyi, kabel cctv, jasa perbaikan cctv, kabel cctv, cctv untuk rumah, alat pengaman rumah, ac tdk dingin, tambah freon, ac mati, ac tidak mau hidup, ac cuma berkedip, kenapa, sebab, ac turen, servis ac di blitar murah, cctv malang, cctv di malang, cctv infrared, cctv ahd, cctv rusak, alarm maling,alarm maling, nurse call, alat pemanggil suster, alat pemanggil pelayan, pasien, alat pemanggil perawat,cctv di kepanjen, cctv kepanjen, pabx kediri, pabx di pare, pabx di malang, pabx di nganjuk, pabx kota, cctv di kediri, cctv kediri,cctv di dampit,
http://jasaturen.blogspot.com/2013/01/servis.html


hub kami