Saturday, October 04, 2008

MULAI DARI NOL YAAAAA

MULAI DARI NOL YAAA....

Iklan layanan masyarakat dari Pertamina yang mulai akrab ditelinga kita, ternyata banyak digunakan pada saat lebaran kemarin.
( Aslinya : Mulai dari angka nol ya...)

Tak sedikit yang bersalaman mengucapkan : "Selamat Lebaran, maaf lahir batin. Mulai dari nol ya..."

Hehehehehe, maksudnya tentu saja pada hari lebaran, Hari H, kosong dari kesalahan, bersih dari dosa antar manusia, kembali fitri atau apalah nama lainnya.
Pokoknya dalam hubungan antar manusia, saat bermaafan ketika Hari Iedul Fitri kemarin nggak ada lagi kesalahan, selisih kata, prasangka praduga, merasa bete, nnneg dll dlsb.
Bersih..kembali ke fitrah....bener bener nol dari dosa, Insya Allah.

Tapi, ternyata, syusyaaaaah banget, pengen membersihkan segala yang ngganjel itu ya...syusyaaaah banget bikn hati ini bersih ya.....syusyaaaah banget nggak berprasangka atau berpraduga...

Iedul Fitri, biasanya merupakan hari kemenangan, hari besar yang menyenangkan, menggembirakan, membahagiakan, meneduhkan, menentramkan.

Setelah sebulan mengikuti training masal mengolah hati, jiwa dan pikiran , mengendalikan nafsu, menata segala segi kehidupan agar lebih baik. Biasanya diakhiri dengan Shalat Ied yang khusyuk syahdu, benar benar bikin jiwa tenang.

Alhamdulillah ramadhan yang baru lewat, si mamah bisa menjalani sebulan penuh ramadhan.
Nggak pernah telat bangun, selalu jam 02.30 sudah sibuk nyiapin segala kebutuhan sekeluarga, shalat malam nggak bolong, terkadang ikut tarawehan dan subuh di masjid. Pokoknya nikmat banget deh.

Tetapi, pas shalat Ied...duuuuuuh, godaan tuh adaaaaa aja ya.
Jadi inget, di dinding Kabah pun adaaaa aja yang menipu sebagai calo yang membimbing mencium Hajar Aswad. Ketika Thawaf deket Kabah, adaaaa aja yang kecopetan.

Itu di Kabah aja begitu, apalagi ini di Masjid BSD.

Nggak tau dari mana munculnya, itu ujug ujug ada perempuan usia menjelang 40, rambut merah, memberi salam kesemua: Assalamu'alaikum.
Trus minta ijin duduk persis sebelah si mamah pisan.
Trus ujug ujug cerita dia dari Darussalam, dari Brunei, orang Malaysia.
Ketika si mamah tanya balik...Brunei atau Malaysia ?

Jawabnya cukup mengejutkan untuk seseorang yang berdandan lumayan hebring begitu "
Iya..Darussalam Brunei..Brunei Malaysia...Brunei kan di Malaysia "

Halah...ini ibu dulu belajar Geografinya dimana ya...
Apa dia tidur melulu kalau pelajaran Ilmu Bumi???

Trus ujug ujug cerita bahwa dia karena nggak tau, dari jam 5 udah di Masjid.
Trus cerita riwayat hidupnya yang katanya menyedihkan, sambil cirambay, berurai airmata.

Pas datang kotak amal masjid, dia langsung melarang si mamah memasukkan uang ke kotak masjid.
"Jangan memasukan uang kekotak, itu tidak boleh "

Haaaaah ? Knapa? Rasanya belum pernah denger aturan yang melarang nyumbang ke kotak amal didalam masjid ?
" Kalau mau menyumbang, dari tangan ke tangan saja "

Si mamah menatap ibu itu yang senyuuuuum melulu.
"Nggak bu, maaf...saya mau nyumbang masjid koq...ini uang saya...terserah dong saya mau ngasih kemana..Tolong kotaknya berikan kepada saya", spontan si mamah ngomong begitu.

Gubraakkkks....si ibu kelihatan rada kaget
" Eee,,,mmmmm...saya lupa nggak bawa uang tadi, anak saya sih tadi rewel....."

Trus dia mulai melanjutkan ceritanya yang katanya menyedihkan

Si mamah tea...langsung aja motong...maaf bu, ini Iedul Fitri, saya mau fokus shalat dan baca dulu khotbah hari ini......

Wekkkkks....si ibu, yang nampaknya memang dari awal terasa mau ada maksud lain, ujug ujug aja minta ijin pindah.
Ya, silakan saja....tadi ditunjukin tempat didepan yang kosong dia menolak....pengen deket si mamah.
Setelah rayuan akting gombalnya nggak bisa berlanjut, dia serta merta mau pindah.

Jadi tadi maksoed loe apa segh ???
Duuuh..pengen tenang ngikutin shalat Ied koq ada yang model begini ya.
Koq dia tadi milih si mamah ?
Apa karena si mamah sendirian ?

Astaghfirullahaladziim.
Ini hari H, adaaaaaa aja gangguan ya...
Pengen khusyuk, pengen fokus, pengen bersih hate.....malah paranoid, suudzon....

Sebelum shalat, si mamah menengok.....
Eh, si ibu lagi menjual riwayatnya lagi kali, sambil sekali sekali menangis, mengusap airmata.
Ibu ibu sepuh disebelahnya kelihatan tertarik, mengusap usap, bahkan ikut bersedih.

Haduh...halah....gimana kalau si ibu terhipnotis ya...gimana kalau tertipu ya...
Bener bener konflik....mau ngasih tau, takut emang si mamah parno....mau ngediemin, takut beneran nanti si ibu sepuh terperdaya.

Untung keburu shalat...jadi ya shalat dulu deh.

Abis shalat, menengok lagi.

Yaaaah, jadi sama deh dengan si mamah yang nggak fokus dengerin khotbah.
Abis si ibu sepuh mulai terpengaruh, merangkul, si ibu rambut merah mulai menangis lagi.
Duuuuh...bener bener ada yang akting ini mah.
Masa lebaran, lagi shalat, ada yang kesana sini menjual curiculum vitae yang seperti cerita drama memilukan ?

Entah apa yang mendorong si mamah untuk bergerak, pindah kebelakang ibu yang suka nangis bombay tersebut.
Didengerin dari belakang...emang dia crita criti tentang hal hal yang memilukan.
Ya akhirnya si mamah towel towel aja.......tuh lagi khotbah....dengerin....hehehehehhe.

Si ibu sepuh menengok dan berujar...iya, ini kasihan....banyak yang gila ya didunia ini.
Dasar si mamah "iya bu, banyaaaak yang gila, yang jahat, dan kita nggak pernah tahu, yang gila dan jahat itu siapa, jangan jangan yang disebelah kita yang gila dan jahat, makanya ibu hati hati ya...dzikir terus ya buuuu... "

Gubrakkkks....duh...si mamah koq bisa bisanya paranoid gitu ya.

Ibu ibu sebelah kiri kanan nanya, kenapa sih bu...itu orang kan aneh dari tadi.

Ya si mamah bilang aja, tadi sebelum shalat sebelah saya...blablablabla...terus pindah, karena tadi saya nggak meladenin.
Abis aneh sih, melarang nyumbang masjid, trus dia bilang dia lupa bawa uang, kalau menyumbang harus dari tangan ketaangan.....terasa aneh......maksoednya apa segh??

Jadinya, ya ibu ibu lain menjagain si ibu sepuh, nyuruh pindah lah..
Pokoknya dijagain rame rame, jangan sampai terperdaya.

Itu ibu rambut merah, kayaknya tahu ibu sepuh dilindungin ramean, dia buru buru ganti mukena, pake kacamata hitam ( hehehehehe, mau kemana bu, dalam masjid berkacamata hitam pula )

Dan...bubaran shalat, biasa, banyak kenalan salaman sana sini, ibu rambut merah sih ngeloyor entah kemana.

Jadi inget, suka ada kejadian penipuan dalam masjid saat Iedul Fitri atau Iedul Adha di masjid masjid tertentu.
Bahkan di Masjidil Haram ada juga, yang nipu, yang nyilet baju atau tas orang....beueueueueueu.

Ini hari H, hari dimana kita ingin beberesih, ingin menyucikan jiwa, koq ya adaaaaaa aja dongeng manusia aneh yang nyata nyata kejadian deket banget.
Jadinya kan rada rada terganggu juga bukan ?
Rada kukulutus lah, rada kesel juga, .

Mudah mudahan aja si mamah nggak suudzon sama orang ya ?
Kalaupun iya salah menduga....masih bisa maaf lahir batin kan ?

Mulai dari nol ya.......

6 comments:

Yolla Elwyn said...

he..pengalaman sholat idul fitrinya mama seru bener..
Ok ma..sama2 ya..Mulai dari nol lagi..:))

Anonymous said...

ayi dan gya juga sama.ada pengalaman,gak berani via blog ah...sinsitiv euy!!!
gogoda shalat Id...maafkan...maafkan...
aya2 wae...

Tamrin-Next CEO said...

hohohoho.... curhat ya Mah? Yaph, semoga hati kita dijaga dari hal-hal yang aneh-aneh. Karena jarang nonton TV, jadi bru tahu istilah "Mulai dari nol". Semoga dosa kita jadi "nol" kembali. Amiin...

Alex Ramses said...

Sama2 ma, mulai dari nol,,, kalau bisa tetep bertahan di nol aja, jangan ampe nambah dosa antar manusia kita :D Selamat lebaran.

aminanimoet said...

met idul fitri yah mah,,,
maap telat ngucapin nya,,,
minal aidzin wal faizin,,,
mohon maaf lahir dan bathin,,, :D

galendo said...

saya mah mulai dari -0,1 ajah tante :)