Wednesday, February 06, 2008

HUJAN

Hujan rintik rintik, turun rintik rintik.
Di halaman di jalan, hujan rintik rintik.
Ambilkan payung, untuk berlindung, hujan turun hujan rintik rintik........
Hujan rintik rintik, turun tak berhenti.
Ditengah rintik hujan, payung warna warni..
Seperti jamur, yang tumbuh subur.
Hujan turun hujan rintik rintik...dst, dst...

Masih ingatkah lagu anak anak tahun tujuh puluhan ?

Atau lagu yang lebih lawas lagi...

Tik, tik, tik, bunyi hujan di atas genting...
Airnya turun, tidak terkira.
Cobalah tengok, dahan dan ranting...
Pohon dan kebun basah semua........

Duuuuuh, indahnya ya masa kecil kalau saatnya hujan tiba.....malah main air, hujan hujanan....pake payung ke halaman, kesempatan boleh becek becekan, main kapal kapalan kertas di selokan halaman rumah...

Sekarang ?
Begitu awan kelam, langit mendung, petir menyambar nyambar.....
Duuh, kemana ini Arga belum pulang....eeh taunya tersendat, macet udah 2 jaman, lagi merayap selepas tol Bintaro menuju BSD
Biasa....tol Bintaro-BSD deket SMP negeri situ ada yang rutin terendam air.......

Kalau hujan mulai makin deras....duuuh, si babe gimana nih pulangnya ya.....
Kan pernah pulang kantor jam 18 dari Thamrin, sampai daerah Serpong jam 2 pagi !!!!
Busyet banget dah.....8 jam buat sekitar 30 km ???
Kalau naik pesawat dari Cengkareng, udah hampir sampai Jeddah tuh.
Itu terjadi ketika Jakarta bener bener kena banjir dahsyat...kala itu banyak ibu ibu yang bekerja di jabodetabek duduk duduk di trotoir jalanan dinihari.....
Duuuuuh, banjir jakarta koq semakin liar ya...

Si mamah tuh kan ngertinya cuma air menguap, ngumpul jadi awan, kalau udah berat akan jatuh jadi hujan, air hujan diserap tanah, makanya pepohonan jadi subur, tanah jadi gembur...sebagian mengalir kembali sesuai hukum alam, menuju tempat yang lebih rendah....berkumpul kembali di laut...bukan begitu ???

Sekarang....lahan mana yang mau menyerap air ?...
Jalan kemana air menuju laut ?
Pusying, pusying...kalau air bisa ngomong, kali udah pada teriak.....
JANGAN GILA DOOOONG............wuakakakakakakaka.....

Emang kita udah pada gila semua kali ya...nggak mudeng mudeng, nggak nyadar nyadar, nggak mikir mikir, bagaimana berkhidmat terhadap alam, bagaimana mengurus semuuuua yang sudah diciptakanNya.

Yuk ah, salam.

3 comments:

meitymutiara said...

iya mah ... meity suka bingung deh. tiap taun kan jakarta teh suka banjir ya. tiap kebanjiran tiap ngeluh, ngomel, nuding-nuding pemerintah, padahal kan bisa jadi yang kena banjir juga ikut andil seperti buang sampah sembarangan, ketika membangun engga mikirin saluran pembuangan yang baik itu seperti apa. bener tuh, kalau si air bisa teriak, mungkin si air akan mengingatkan kita terus-menerus sambil nangis.

Rizki Eka Putra said...

mamah! saya termasuk orang korban banjir! sampai2 sampe dirumah jan 11 malam lewat lo ma!

Dhona said...

Konsepnya udah nggak kayak dulu lagi ya mah. Udah berubah soalnya udah nggak ada lahan lagi buat nyerap air. Gimana nggak banjir coba. Jakarta hujan seharian aja langsung banjir. Kapannya peer pemerintah buat menghentikan banjir di Jakarta itu kelar?