Tuesday, February 05, 2008

DO'A

Banyak yang bertanya, si mamah dan si akang do'a apa sih waktu berhaji?
Naaaah, postingan ini sekedar mau berbagi tentang do'a, boleh kan ?

Do'a, menurut si mamah yang awam ini, adalah permintaan kita kepada Yang Maha Memiliki Segalanya, Allah swt.

Tentu saja kalau kita meminta, ada tata caranya, ada unggah ungguhnya, ada adabnya, bukan ? Kapan kita berdo'a, dimana kita berdo'a, bagaimana kita berdo'a, pakaian apa sebaiknya ketika kita berdo'a, apa yang diminta, yaaaa seperti lazimnya orang mau meminta sajalah.

Kalau mau meminta, pasti kita juga membersihkan badan terlebih dahulu, kalau perlu ya pake wewangian, berpakaian yang sopan, ditempat yang baik, pada saat yang baik, duduk dengan penuh adab, fokus dan dengan sungguh sungguh meminta, iya kan ?

Bahasanya ?
Ya bahasa apa saja atuh, yang kita pahami dengan baik dan benar, kita mengerti sampai ke relung hati, betul ?

Naaah, di postingan ini, ada do'a yang begitu menyentuh si mamah dan si akang, mau tahu ?

Yang pertama, do'a ketika meninggalkan Tanah Suci, do'a ini tercantum dalam buku Panduan Haji Khusus dan Umrah halaman 33 yang diterbitkan BALDA sendiri, begini bunyinya :

Ya Allah.
Telah Kau takdirkan aku datang ketempat ini dan telah Engkau mudahkan urusan perjalananku. Hari ini akan aku tinggalkan tempat suci ini, kembali ke tanah airku.
Jangan jadikan kunjungan ini sebagai kunjungan yang terakhir.
Tapi takdirkanlah aku untuk berulang kali datang kemari.
Namun apabila Engkau takdirkan juga ini sebagai kunjungan yang terakhir, maka gantikanlah ia dengan SyurgaMu.

Duuuuuh, indah banget ya......do'a ini merupakan do'a Thawaf Wada, ialah Thawaf ketika akan meninggalkan kota Makkah.
Si mamah dan si akang juga membacanya ketika kunjungan terakhir di Masjid Nabawi, atau ketika akan meninggalkan Jeddah, tentu saja dimodifikasi dengan kebutuhan sendiri, misalnya...takdirkanlah aku untuk kembali datang ketempat ini bersama keluargaku dan orang orang yang aku cintai...pokoknya, do'a ini indah banget buat si mamah sih.....mudah mudahan Allah mengabulkannya, amin. ( Hallo teteh, Meta, Arka, Arga....siapa tahu suatu saat kita abring abringan sama si papap di Tanah Suci, berdoa terus ya....)

Do'a kedua yang menurut si mamah indah dan dibacakan di Arafah terus menerus selama waktu berwukuf, adalah sebenarnya do'a khatam Al-Qur'an dari buku Juz 'Amma ( Pena Qur'an ).

Agak panjang sih, tapi pengen banget berbagi nih, begini :


Ya Allah, karuniakanlah rahmat kepadaku dengan Al-Qur'an, dan jadikanlah Al-Qur'an sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku.
Ya Allah, ingatkanlah aku terhadap apa yang telah aku lupakan dari Al-Qur'an.
Ajarilah aku apa apa yang belum aku ketahui dari Al-Qur'an.
Anugerahilah aku kemampuan untuk senantiasa membacanya sepanjang malam dan siang. Jadikanlah Al-Qur'an hujjah bagiku ( yang dapat menyelamatkanku) wahai Tuhan seru sekalian alam.

Ya Allah, benahilah ( pengetahuan dan pengamalan ) agamaku, yang akan menjadi penjaga urusanku.
Benahilah duniaku, tempat aku mencari penghidupan.
Benahilah ( kehidupan ) akhiratku, tempat aku kembali.
Jadikanlah hidupku sebagai tempat untuk melaksanakan segala kebajikan dan jadikanlah matiku sebagai pemutus segala keburukan.

Ya Allah, jadikanlah sebaik baik umurku ( agar menjadi amal yang terbaik ) di akhir usiaku. Hariku yang terbaik adalah hari disaat aku bertemu denganMu ( kelak ).

Ya Allah, aku memohon hidup yang nyaman, mati yang tenang, dan tempat kembali ( akhirat ) yang tidak memalukan dan menghinakan.

Ya Allah, aku meminta sebaik baik permintaan, permohonan, keberhasilan, ilmu, amal, pahala, kehidupan, kematian, dan tetapkanlah aku dalam semua kebaikan itu.

Beratkanlah timbangan ( amal baikku ), kukuhkanlah imanku, tinggikanlah derajatku, terimalah salatku, ampunilah kesalahan kesalahanku, dan aku memohon surga yang paling tinggi kepadaMu.

Ya Allah, pastikanlah aku memperoleh rahmatMu, meraih ampunanMu, terbebas dari segala dosa, mendapat manfaat dari segala kebaikan, meraup keuntungan berupa surga, dan terlepas dari siksa neraka.

Ya Allah, baguskanlah akhir semua amal kami serta jauhkanlah kami dari hinanya dunia dan siksa akhirat.

Ya Allah, berilah kami rasa takut kepadaMu yang akan menghalangi kami dari berbuat maksiat. Anugerahilah kami ketaatan kepadaMu, yang akan mengantarkan kami ( memasuki ) surgaMu.

Curahkanlah keyakinan sehingga meringankan musibah hidup yang menimpa kami.
Limpahilah kami kepuasan dengan pendengaran, penglihatan, dan kesehatan selama Engkau menghidupkan kami, serta jadikanlah semua itu sebagai warisan bagi kami.

Hadirkanlah seorang penuntut bagi siapa saja yang menzalimi kami.
Tolonglah kami dalam menghadapi orang orang yang memusuhi kami, janganlah Engkau jadikan musibah dalam agama kami.

Janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama kami, dan tidak pula tujuan ilmu kami. Janganlah Engkau tempatkan kami dibawah kekuasaan orang orang yang tak menyayangi kami.

Ya Allah,
Janganlah Engkau sisakan secuil dosa pun ( bagiku ) melainkan Engkau ampuni semuanya, Janganlah Engkau tinggalkan sebersit keraguan pun ( bagiku ) melainkan Engkau hilangkan semuanya.
Janganlah Engkau tinggalkan sepeser utang pun ( bagiku ) melainkan Engkau lunasi semuanya. Janganlah Engkau abaikan segala kebutuhan dunia dan akhiratku, melainkan Engkau penuhi semuanya.
Wahai Dzat Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

Ya Tuhan kami, anugerahilah kami kebaikan didunia dan di akhirat, serta jagalah kami dari siksa api neraka.
Semoga Allah mencurahkan shalawat atas nabi kita Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya yang terpilih, serta salam yang berlimpah ruah.

Duuuuuh.....coba baca lagi dengan khusyuk, fokus, pahami, rasakan dalam relung hati, resapkan dan resapkan....begitu indah dan super duper komplit banget itu doa bukan ?

Si mamah dan si akang berulang ulang selama wukuf membaca do'a tersebut atas nama pribadi, anak, keluarga dan orang orang yang kami cintai, nggak bosen bosennya, meminta , meminta dan meminta sampai matahari tenggelam diufuk barat langit Arafah pada 9 Dzulhijah yang lalu..

Semoga Allah mengabulkan, semuuuuuua apa yang kami mintakan, amin.

Ayo atuh berhaji.....biar merasakan nikmatnya meminta, berdo'a sepanjang wukuf di Arafah. Do'a si mamah buat para pembaca semua, semoga do'a do'anya segera dikabulkanNya, amin.

3 comments:

anisa said...

pengalaman yg tak terlupakan ya mah...dan jg saya bisa belajar dr sini

Mutia&Rayga said...

Bagus bgt mah doanya.sy contek ya

Fie said...

Do'anya bagus banget Mom ... I.Allah nanti saya juga mo baca ini ... do'ain nyampe di tanah suci ya Mom ... Amiin