Saturday, January 12, 2008

SAFARI WUKUF

Kayaknya hampir semua pembaca postingan ini tahu arti kata safari, lebih kurang artinya perjalanan, iya kan ?
Trus semua juga kayaknya paham artinya Wukuf, ialah berada diarea Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah antara tergelincirnya matahari sampai terbenamnya matahari.
Tapi.....ada yang paham nggak artinya gabungan 2 kata itu ?
SAFARI WUKUF ?.....
Ayo...yang udah tahu ngacung ????

Si mamah yakin banget, sedikit sekali yang paham arti kata majemuk tersebut, Safari Wukuf.

Sejak si mamah paham arti kata Safari Wukuf, 10 tahun yang lalu, si mamah menaruh penghormatan yang tinggi banget , salut pisan deh, bagi siapapun yang bergelut atau terlibat pada kegiatan tersebut.

Bayangin....begitu banyak orang yang pengen berhaji, begitu banyak orang yang susah payah menabung hanya untuk menjalankan Rukun Islam yang ke lima, ialah berhaji.
Begitu banyak orang yang menempuh ribuan kilometer, dari ujung pelosok desa, dari puncak puncak gunung, dari lembah lembah seluruh pelosok dunia, dari sebrang lautan, dari puncak gunung es, meninggalkan semua kecintaannya, anak istri, mantu, cucu, tetangga, lingkungan, pekerjaan, rumah, kendaraan, hobby, sawah, kolam, sapi, kerbau, bebek, ayam, kambing, ikan...dll dll...pokoknya semua kecintaannya ditinggalkan, hanya untuk memenuhi panggilanNya...Labaik Allahumma Labaik....duuuuuhhh.

Tapi, ternyata, setelah proses yang panjang, setelah menabung bertahun tahun, setelah menunggu kesempatan begitu lama, setelah mengarungi pulau dan samudra...justru pas saat menjelang wukuf, saatnya berhaji.....koq ya Allah mentakdirkan sakit, dirawat lagi...tak berdaya lagi...bahkan ada yang koma, ada yang pake ventilator, ada yang pake pacu jantung dll dlsb...
Allahu Akbar....hanya Allah yang menentukan segalanya.

Naaaah, disitulah peran orang orang yang tergabung sebagai petugas pelaksana dalam program Safari Wukuf.
Tugasnya jelas banget, memwukufkan semua calon Jamaah Haji, bagaimanapun kondisinya....
Coba, bayangkan...
Betapa berat tapi mulianya tugas tersebut...menyempurnakan ibadah Haji seseorang yang sakit tak berdaya.....

Petugas Safari Wukuf jelas bukan hanya orang Arab saja.
Bagi Jamaah Haji Indonesia, peran Petugas yang memang berkewajiban menelusuri semua Jamaah yang sakit, baik yang dirawat di Rumah Sakit kepunyaan Indonesia atau yang dirawat diberbagai Rumah Sakit Arab Saudi, menjadi amat sangat penting.

Beberapa hari menjelang wukuf, mereka dengan teliti mendata dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya, mana mana Jamaah Haji Indonesia yang akan di " Safari Wukuf" kan oleh pihak pemerintah Indonesia, dan mana mana yang akan di " Safari Wukuf"kan oleh pihak Departemen Kesehatan Arab Saudi....
Hallo pak Andi, Bu Eka, dkk, juga Misbach.....
Salut banget deh sama dedikasi kalian semua....
Semoga Allah senantiasa menjaga anda anda dalam kesejahteraan dan kebahagiaan.

Naaaah.....pada hari wukuf, bayangin, itu Jamaah Haji yang sakit, diangkutin ke Arafah dengan berbagai alat transportasi yang dilengkapi dengan berbagai peralatansesuai kebutuhan pasien........

Ada Ambulance yang bisa bawa tabung oksigen dan infus saja, ada Ambulance lebih keren yang lebih komplit peralatannya, ada Bis besar semacam Rumah Sakit berjalan, didalamnya ada beberapa tempat tidur, ada kursi pasien, ada perawat, ada dokter, ada peralatan medis yang super komplit, sekali angkut bisa 20 pasien lebih......
Bahkan ada Helikopter yang komplit berisi peralatan semacam peralatan di UGD bahkan peralatan di ICU....
Luar biasa...
Nggak heran sepanjang waktu dari dzuhur sampai Maghrib, begitu banyak Helikopter yang meraung raung, berputar diatas Padang Arafah........dahsyat bukan ?

Pokoknya, asal Jamaah Haji itu sempet menclok walau sebentar di area Padang Arafah...ya sudah...segera dibawa kembali ke Rumah Sakit dan diganti oleh pasien lain.......

Yang hebat, para pasien itu kan sebelumnya juga sudah dibersihkan, dimandikan, digantikan dengan pakaian Ihram, dibimbing berniat Haji, bahkan yang coma itu dibisikkan ditelinganya niat berhaji.....
Sungguh luar biasa...
Pekerjaan yang super duper mengagumkan banget....

Bayangin, Jamaah Haji Indonesia saja, pasca Armina itu yang coma di 3 Rumah Sakit ada 50 orang !!!!
Wuuuuiiih, belum yang sakit lainnya....
Betapa berat pekerjaan mereka yang bertugas dibidang Safari Wukuf ini bukan ?

Terkadang, kalau kita nggak tahu hal hal yang terjadi diluar sana, kalau kita nggak ngerti, banyak yang suka mengeluh kalau dikasih ketidaknyamanan sedikiiiiit aja.....

Jalanan macet, dijalan berjam jam, sistem jalan yang buka tutup, makan antri, ke kamar mandi antri.....tidur mpet mpetan di tenda, berjalan kaki agak jauh.....
Duuuuuuh, koq ya mengeluh ya...

Coba lihat mereka yang di Safari Wukufkan, padahal mereka sudah berjuang dan berkorban lamaaaa untuk berhaji....
Coba lihat mereka yang bertugas sebagai pekerja pembantu Safari Wukuf.......

Kalau si mamah sih, alhamdulillah banget dari dulu suka mengalami ngantar ngantar orang sakit...hehehehe...
Jtahu betul....disana orang nyaman tidur, makan, mandi, shalat...di Rumah Sakit, hampir tiap 3 menit datang Ambulance meraung raung, bawa yang pingsan lah, serangan jantung lah, tertabrak lah, jatuh dan patah kaki lah, serangan usus buntu lah, ada yang berdarah darah lah.....
Bahkan ada yang sudah tak bernafas ketika diturunkan dari Ambulance, innalillahi wa inna ilaihi rajiun. ( hallo Nasri...inget nggak kita berdua berjam jam menyaksikan hilir mudik pasien yang ke UGD ?....juga trims pak Abdurahim yang baiiiik nungguin si mamah , berjam jam, beliin makanan minuman dan mengantar ke Aziziyah, padahal saat itu si mamah nggak bawa hape dan nggak pegang duit satu reyalpun, abis buru buru banget nganter yang kritis....)........

Alhamdulillah ya Allah, si mamah dan temen temen sih enyak enyak enyak banget, happy happy lagi........
Mudah mudahan aja Allah mengijinkan si mamah suatu saat bisa berhaji lagi, komplit bawa anak mantu, berhajinya dimudahkan, disehatbugarkan, diberi kesenangan kegembiraan dan kenikmatan, dan siapa tahu barengan lagi sama temen temen yang kemarin, amin.

Doa si mamah buat semua yang bertugas di program Safari Wukuf.
Semoga Allah memuliakan anda anda semua, amin.

4 comments:

primaningrum said...

Subhanallah ya mah, para petugas safari wukuf itu. semoga dilimpahi berkah berlimpah Allah SWT.

Muhammad Agus Toha said...

subhanalloh...
tak terasa meleleh air mata ini...
ternyata masih ada orang memperhatikan safari wukuf, tugas yang diamanahkan kepada kami tahun ini...
saya kebetulan diberi amanah sebagai panglima safari wukuf tahun ini...
doktertoha@gmail.com

Mamah Ani said...

Pak dokter Toha dkk,yang baik
Semoga Allah memuliakan bapak dan kawan kawan, dunia akhirat, amin
hormat dan penghargaan saya setinggi tingginya kepada semua jajaran petugas Safari Wukuf

umiardi said...

subhanallah....
tiada yang dapat memberi kemudahan dan kesuksesan melainkan Alloh SWT...
tugas berat telah terlewati...
semoga menjadi amal sholeh yang tak terhitung besarnya buat dokter toha SpPD dan team...amin..
good job...