Saturday, January 12, 2008

BERTEMU RELASI DI TANAH SUCI

Bayangkan....
Nyaris 3 juta orang berhaji......
Bayangkan ......
Penuh sesaknya Masjidil Haram atau Masjid Nabawi..
Bagaimana mungkin bisa bertemu relasi dikepadatan jadual dan penuh sesaknya manusia ?

Apa sih yang nggak mungkin bagi Allah kalau Dia berkehendak ?

Yang pertama, bu Mutiah namanya, atau bu Tiah alias bu Darto .
Pak Darto adalah pengemudi setia kami sejak hampir 20 tahun.
Tahun ini, anaknya , alhamdulillah bisa membiayai ibunya berhaji...
Tolong tengok istri saya ya Bu, kasihan, dia pergi sendiri begitu kata pak Darto......dan si mamah merasa berutang, janji, walau pake Insya Allah, mau nyari bu Darto.......

Beberapa kali kontak sama pak ustadznya yang kebetulan tahu no hape nya....eh, bu Dartonya nggak ke Masjid, sakit katanya......
Janjian bada Ashar di gate 45, nihil......
Janji lagi bada subuh, nihil juga...
Janji bada Isya, nggak ketemu juga......

Sampai suatu ketika, Kamis, pas kita mau pindahan ke Aziziyah, lagi di Masjid, lihat yang Thawaf dari lantai paling atas....tumben, iseng lihat hape....ada message...ibu dimana ?
Saya bawa bu Darto di lantai 2 lampu hijau......
Subhanallah, akhirnya ketemuan juga tuh sama bu Darto yang memang masih pucat, sakit udah beberapa hari.
Ya sekalian deh dibawa ke tempat menginap, dibekali obat obatan, susu, jus, makanan dll, siapa tahu bisa membantu kesembuhannya.

Yang kedua, ponakan si akang, Bonny dan Edwin.
Janjian ketemuan di Makkah syusyah juga....
Di Mina, maktabnya, maktab 84 sebetulnya berderet sama maktab si mamah, maktab 80, syusyah juga ketemuan........
Di Madinah, bada Ashar....si akang ke warnet, si mamah jalan kearah Taiba.....Bonny....Bonny.......yang dipanggil dari jarak cuma 2 meteran bengoooooong...., koq bisa ya ketemuan dijalan ???
Ternyata tempat menginapnya bersisian banget, dipisahin jalan lalu lalang orang selebar 12 meteran kali.

Trus janjian mau ketemuan sama si akang, omnya Bonny, syusyaaaaah banget...
Janjian ketemuan bada subuh di gate 15...udah 30 menit nunggu nggak nongol nongol.
Taunya, katanya, mereka berdua menunggu dalam jarak sekitar 10 meteran, nggak ketemu juga ( belakangan, Bonny cerita, melihat si akang wara wiri, tapi karena pake kopiah dan pake penutup hidung dan mulut, jadi ragu untuk menegur......
Memang belum ditakdirkan ketemu ya... )....
Pas ketemuan ketika mau Ashar barengan.....
Tuuuh, kan iya bener, kata Bonny, itu yang tadi pagi kita mau nyapa nggak jadi, hehehehe...omnya sendiri lewat dijarak 1 meteran koq ragu ya.......
Sampai kita harus ke Jeddah, wassalam, Edwinnya sih nggak sempet ketemuan.

Yang ketiga....ya pak Erzi, temen di BPPT, mau ketemuan di Makkah juga sulit....
Ternyata, malam terakhir kita di Madinah, pak Erzi juga menginap disitu...
Alhamdulillah ketemu juga ya...

Yang keempat....naaah ini paling seru.....
Ketika makan siang di Movenpick, ada 2 ibu ibu dari Travel lain yang duduk barengan kita semeja.
Ibu yang satunya rameeeee cerita cerita......

Besoknya, saat makan pagi kita terakhir kalinya disitu, lagi lagi dua ibu yang sama duduk barengan , semeja berempat.

Dia cerita tinggal di Bogor, si mamah tumben nggak bilang punya kakak di Bogor, anteng aja menyelesaikan sarapan, hehehehe...........

Dan ketika bu Iin, ustadzah kita mau motret si mamah dan berteriak..bu dokterrrr.....
Hhaaaah, ibu sebelah si mamah langsung berhenti makan, berdiri, memeluk, mengguncang guncang si mamah, menciumi.. : " Adiknya ceu Ati ya....adiknya ceu Ati ya....subhanallah, Allahu Akbar"...ibu itu teriak teriak...
Beberapa orang seputar kita berhenti makan dan melihat pemandangan heboh tersebut.....
Ternyata beliau berdua, uni Elly dan mbak Sonia, yang satu istrinya dokter kandungan, satunya lagi istrinya dokter anaesthesi, adalah teman teman baik kakaknya si mamah di Bogor, mereka dari Ikatan Istri Dokter Bogor.....

Halah, ternyata waktu pengajian siraman si teteh, mereka juga hadir...
Katanya...sejak kemarin ragu ragu melihat si akang....
Koq kayaknya familier banget......hehehehe...
Ternyata pernah kerumah si mamah rupanya....

Yang terakhir....
Ada sms ke hape si mamah dari bu bidan Zherry....
Bu...ibu dimana ? saya di Dyar udah 3 hari...mungkin kita bisa ketemuan....heuheuheuheu...
Bu Zherry, bu Zherry....ntar ketemu di BSD aja deh ya....
Aku kan udah di Jeddah, bentar lagi mau pulang...
Padahal, Dyar itu tiap saat kelewatan lho...
Letaknya juga cuma 50 meteran dari tempat si mamah di Madinah.........

Yaaaaah...banyak banget kenalan si mamah yang nggak sempet ketemu di Tanah Suci ya....
Bu Djoko, bu Husein, Pak Soleh beserta ibu., dll, dll......
Kalau Allah nggak ngijinin ketemu, ya nggak akan ketemu bukan ?

Yang penting, semuanya sehat dan pulang kembali selamat ke lingkungan keluarganya masing masing, alhamdulillah.

2 comments:

Yolla Elwyn said...

hee..mamah jadi kayak kopdaran dimekah ya..he..

an diana said...

hwehehehehe..iye kayak ajang kopdaran....
pro Yolla: kita kopdaran di tanah suci ajah yuk? Insya Allah :)