Wednesday, January 09, 2008

TEMAN TEMAN SEPERJALANAN BERHAJI

Waaaah, kalau baca postingan ini, pasti para blogger pada pengen berhaji deh.......

Soalnya, temen temen si mamah berhaji yang akan diceritain ini pada asyik asyik banget pisan .
Pokoknya, si mamah bersyukur banget deh ikut group BALDA ini.
Penasaran ???
Perlu no tlp nya ???
Niiiih...021 72791209, ..
Hahahaha, pak Boyke dan pak Dadan promosi gratis nih...
Nggak apa apa deh...
Emang groupnya te o pe menyenangkan banget pisan koq.


Temen temennya asyik asyik, nggak ada yang bikin bete atau berenergi negatif.
Saling menolong, saling memberi energi,manis manis banget tingkah laku dan tutur bahasanya, banyak hal yang bisa memberi pelajaran yang bagus bagus kepada si mamah dari masing masing pribadi, dan jadinya berhaji terasa menyenangkan, menggembirakan, pokoknya nikmaaaat banget deh, alhamdulillah.




Ada Grace yang dokter gigi, salut banget deh, berhaji berdua suami, meninggalkan bayi tercinta Ailana, di Surabaya dalam usia masih dapet ASI, 5 bulan.
Duuuh Grace, jadi inget waktu Grace tersedu sedu disampingku tengah malam buta di tenda Mina, memeluk foto ananda tercinta...kangen ya....
Trus sang suami, Rizal yang paling berbobot, teguh kukuh berlapis baja, gagah tegap menerjang dinginnya malam Mina, sambil terseok seok menahan sakitnya kaki yang keseleo, alhamdulillah nyampe apartemen juga ya Zal...

Yang juga teringat dari Grace ialah, waktu di Mina, siang hari, Grace tidur nyenyak, dibangunin si Mamah.....hehehehe, kalau di Arafah Mina, si Mamah itu agak super duper bawel bangunin yang tidur siang...
Bukannya apa apa, kan penguapan terus terjadi dari permukaan kulit seluruh tubuh, kalau kelamaan tidur suka jadi dehydrasi, kelihatannya sih tidur padahal shock kekurangan cairan...naaaah, makanya si mamah suka ngiter bangunin yang nyenyak lama ketiduran...ayo, bangun dulu...minum dulu...semptot semprotin air dulu biar kelembabannya nyaman....ntar tidur lagi....hehehehehe, sorry ya Grace, kena dibangunin juga sama si Mamah kan ?

Trus ada Bu Etty Muda,..iiih nggak akan tuwek tuwek niiyy, nuda teruuuss.. ( wouuw...rambutnya keren banget, coklat kemerahan gaya, keren) .
Aduuuuh ibu yang satu ini ngangenin deh suaranya....kalau bicara selalu senyum, matanya ikut bicara, bicaranya nggak cepat tapi banyaaaaak yang diceritainnya, hehehehehe, spontan lagi...
Sekali waktu, ketika kita mubat mabit, bu Etty bertanya..pak Hammam, knapa sih koq dikasih nama toilet...hehehehe...kata pak Hammam dengan kalmnya, kan hammam itu ada arti lainnya juga bu...ialah burung merpati ( merpatinya Arab kata si akang...heuheuheu )......oooooo, gitu tokh.......

Trus ada Pak Is yang mengagumkan, kalau Thawaf dan Sai menggandeng 2 perempuan kecintaannya, ibunda dilengan satu, dan bu Etty menggelayut dilengan satunya lagi, menyajikan pemandangan yang indah luar biasa...
Dduuuh, kapan barengan Thawaf lagi ya pak Is ?

Ada lagi Bu Monda....naaaah, ibu manis yang satu ini kelihatannya berhati baik dan lembuuuut, Kayaknya rambu rambunya bagus banget, makanya cepet capek ya bu...hehehehehe...
Memang orang baik itu suka cepet cape, habis energinya tersedot......
Mudah mudahan Bu Monda tetap berhati baik tapi energinya nggak boleh habis dong bu....biar banyak manfaatnya ya....
Suaminya, pak Siddharta, selalu setia mendampingi Bu Monda berthawaf dan Sai, kadang jadi terpisah dari rombongan ya pak......

Ada lagi Rina yang manis, baik, suka cium tangan yang lebih senior ( waaah, jadi inget dipijetin telapak kaki si mamah sama Rina di tenda Mina euy...danke vielmals ya neng lawyer yang geulis dan baik hati...), dan selalu lembut bicara pada anak anaknya .
Eh, suaminya juga halus lho kalau bicara, Rizaldi ya namanya....( suka kedengeran kalau nilpon )...hallo abang...haaah...mau beli hape ?......ade mana ?? baik baik ya bang....

Trus ada Irma yang putih, cantik , halus dan lembut....wuah...masih inget ngegubrak di resto Movenpick saat mau makan malam ?
Bikin kaget banyak orang deh kamyu, padahal kan baru disuntik vitamin siangnya........saat itu terlihat lemah, sayu, puceeet banget, tapi tetap cantik koq...dan dikira sama jamaah dari Timur Tengah lagi hamil....apa iya ??? Jangan jangan sepulang haji hamil lagi lho....

Trus ada pula si kakak beradik Trisna dan Rita yang suka panikan....hahahahaha...
Tengah malam buta di Mina, kasur si mamah diadul adul Rita yang separuh mimpi....kartu saya mana ? kartu saya mana ?...
Saya nanti nggak boleh ke arafah kalau nggak ada kartu...
Lho, mimpi jadi kenyataan tokh ? kartu maktabnya hilang...
Dan subhanallah, koq si mamah yang dibangunin yang notabene sebelum tidur dilihatin si akang akang yang menemukan kartu tersebut, jadinya ya si mamah ngasih tau Rita, tadi ada si akang yang suka bagiin piring ngelihatin kartu
Orangnya dimana?group apa?tenda mana ? meneketehe kata si mamah...
Tengah malam buta separuh tidur ditanyain tentang orang yang nggak kita kenal, ya meneketehe aja deh jawabnya.....

Sebenernya kasihan banget sama Rita yang panik saat itu, tapi mau bantunya gimana ??...... Ajaibnya, itu jam 1 pagi...ketika Rita keluar tenda, lha koq ya si akang yang hobbynya bagiin piring itu baru keluar kamar kecil...jadi ??
Ya kartunya kembali ke si pemilik, subhanallah.....
Koq ya dari 1600 penghuni maktab 80 yang tidur dibeberapa tenda , malam itu si akang yang pegang kartu malah pengen ke kamar kecil sendirian, jadilah Rita cepat menemukan kartunya yang hilang.
Alhamdulillah, dinihari itu kepanikan Rita segera berakhir dan bisa tidur nyenyak..........
Adiknya Rita..Trisna ? lha sami mawon suka panikan juga ya.......
Tapi kalau belanja, nggak panik kan ? Kerudung, kerudung, kerudung, dijual dimana lagi, gate 25 ? gate 23 ? deket si doel ? deket Taiba ? Pasti Trisna cari sampai ketemu...juga nguber nguber baby mammoul. sampai Jeddah..........hehehehehe.
Dan gembolannya itu berdua Rita...busyet banget dah...demi sanak saudara tercinta, segala ditenteng juga tahan kan ?? Rita sampai lupa sama mimisannya ya.....

Ada lagi kakak beradik Merry dan Kartika...
Waaaah, ini selalu kompak, kemana mana pasti bertiga papanya, bajunya juga suka kembaran. Batuknya di Mina juga barengan ya....hehehehe, diajak mubat mabit ogah, padahal aku kasihaaaan banget sama kalian yang alergi banget sama debu, dingin dan asap yang ketiganya terkumpul di tenda Mina...
Alhamdulillah batuknya bisa sembuh juga ya, walaupun agak lamaan tuh batuknya.......
Yang berkesan banget alamaaaak...itu laundrynya seabreg abreg di Madinah, juga belanja kerudungnya hampir seratus ya.....ck ck ck ck ck.....se RT dibagi semua ya....

Yang lain, ada pak Budi dan pak Hammam....
Waaah..ini selalu sehat gagah perkasa mandiri dan ceria....
Kalau thawaf jadi bodyguard lainnya dan selalu siap menolong....hehehehe.
Pak Budi di Madinah sibuk nyariin sajadah oleh olehnya mamih Ia ya.....
Hebat euy...selalu ringan tangan membantu lainnya...

Paling sepuh, kayaknya pak Sadi dari Magetan ya, 80 tahun ? ...
Hebat pula si bapak ini, sehat senantiasa, tertib teratur dan selalu dikerubuti lainnya, ndengerin ilmu ilmu hidup dan filsafat hidupnya...
Kalau nggak salah, sebelum tidur melakukan 8 macam gerakan dengan hitungan 8 kali, iya kan ?supaya sehat...harus ikhlas apapun, katanya.

Ada pula ustadz muda, Nasri namanya, ilmunya banyak , dongengnya selama perjalanan banyak, cara menyampaikannya menarik, jelas banget, mudah mudahan dia kelak pulang ketanah air membagikan ilmunya untuk kemajuan bangsa ini....
Ustadz ini ngangenin, terutama setiap kalimat nyaris diakhiri kata ye..atau "begitu" yang t diucapkannya jelas banget kayak pengucapan orang Bali.....
Ibu jangan mengingat kata kata saya cuma ye nya atau begitu nya dong, katanya....ya moal atuh jang ustadz....ilmu dari kamu itu banyak dimemorikan koq....

Temen mubat mabit yang lain, Pak Liliek dan ibu.
Bu Indrinya kalem, lembut, pak Lilieknya suka nyeletuk yang lucu lucu, tapi sebelum yang lain ketawa, beliaunya sudah tertawa enak banget sampai bergoyang goyang badannya, iya nggak pak ?
Kapan ya denger guyonan bapak lagi ?
Guyonan pak Liliek yang aku dengar terakhir kalinya sebelum rombongan pertama ke Jeddah adalah di lift Movenpick......hehehehe.
Kala itu kita semua lagi anteng banding bandingin barang bawaan Jamaah haji yang overweight segambreng gambreng.
Dan ketika pak Ustadz masuk, pak Liliek malah nyeletuk...naaaah, kalau yang ini bukan barangnya yang kelebihan, tapi berat badannya yang menjadi lebih...hehehehe.
Pak Ustadz memang menjadi lebih berbobot ya pak.....

Yang paling kocak dari yang kocak , ya nggak salah lagi, pasti ketua Paguyuban Kafilah Balda 2007, pak Wid...
Itu bosnya alias yang mpunya Baso Lapangan Tembak Senayan...
Senantiasa melempar joke, humor humor segar yang mencairkan suasana ( pokoknya kalau beliau diam, artinya sakit dan....minta disuntik...hehehehe, iya kan pak ? pemegang rekor disuntik deh bapak yang satu ini... ).
Beliau senantiasa bikin orang terkikik kikik ( padahal istrinya, jeng Sri , pendiam banget lho ), hobbynya terakhir, senantiasa berteriak...khaaaaamsa reyal...khaaaaaamsa reyal.......hahahahahaha...

Emang si anak muda pedagang arab khamsa reyal itu ngangeniiiiin banget, tiap selesai shalat, dia berdiri paling tinggi dan berteriak paling nyaring menjajakan dagangannya, tasbih segombyok segombyok dengan harga 5 reyal saja.

Daaan....uuugh, nyaris lupa negh...
Teman seperjalanan berhaji si mamah yang paliiiing, paling manis, paling baiiiiiiik , tiada lain tiada bukan tentu saja si akang.
Nggak bisa diungkapkan deh rasa terimakasih si mamah kepadanya.
Cuma karena keteguhan hatinya si akang saja yang keukeuh peuteukeuh pengeeeeen banget ditemenin berhaji sama si mamah dan ternyata, memang benar, berhaji berpasangan itu sungguh dahsyat, sungguh nikmat.
Tak terperikan tak terbilang , tak bisa diungkapkan rasa syukur si mamah dan si akang.
Allah itu begitu baiiiiiiiik banget, padahal kan kami berdua itu nggak baik baik amat.

Alhamdulillahirabbilalamin ya Rab....hapunten si mamah dan si akang terkadang lalai akan pesan pesanMu , memelihara hubungan denganMu dan memelihara hubungan dengan mahluk mahlukMu serta menjaga merawat semuuuuuuua yang telah Engkau ciptakan khususnya yang sudah dititipkan kepada kami.
Insya Allah kami berdua pengeeeeen lebih baik dan lebih baik lagi.

Teman teman lainnya yang belum diceritain....jangan sedih ya.....
Abis banyak banget sih teman teman seperjalananku yang semuanya menyenangkan, mengasyikkan.......

Yuk ah...salam...

3 comments:

meity said...

yang menyenangkan buat meity, mamah bisa cerita-cerita lagi, sharing sama meity. mamah memang ngangenin.

Etty Muda said...

Aduh si mamah cantik banget fotonya pake kebaya. Emang grup kita paling top ya mah, jadi capek2nya haji nggak terasa. Etty masih mesti beliin mamah plum lho, nanti ya insya Allah, kemarin coba beli di Sogo rada asem .. lagi. Duh si mamah bikin kangen karena kesabarannya menjawab pertanyaan penyakitan2. Blum lagi kemesraannya ama si pak dokter (he..he sorry ya pak Surjatin). N

rizally nur aditya said...

ibu dokter, saya masih sakit nih.. batuk bawaan arab gak ilang2... huhuhu...