Wednesday, January 16, 2008

OLEH OLEH BERHAJI

Sudah menjadi rumusan, dalil, atau hipotesa berhaji didalam budaya kita, sepulang berhaji "kudu " alias harus bawa oleh oleh, bukan begitu ?

Padahal kan berhaji itu mau ibadah, mau menjalankan Rukun Islam yang kelima, mau memenuhi panggilan Allah, mau mengerahkan segala waktu dan potensi hanya untuk beribadah. Niatnya sih begitu, tapi pada kenyataannya, berburu oleh oleh menjadi agenda yang juga terjadualkan, iya kan ?

Memang, saat ini banyak banget yang sebelum berhaji sudah membeli oleh oleh, kalau di Jakarta sih katanya di Tanah Abang.
Mau apapun disana ada. Mau Karpet ? Sajadah? Tasbih? Kurma ? Kacang? Gelang? Kerudung? Air Zamzam ?
Pokoknya, tinggal ke Tanah Abang, beli, bungkusin dirumah, di Tanah Suci nggak usah repot repot, nanti kalau pulang tinggal dibagikan kepada siapa saja yang mau kita beri oleh oleh.

Kayaknya, cara begini sudah baaaaanyak yang menjalankannya, tapi salah satu relasi menjadi menyesal, tahu begini, beli di Arab aja, ternyata jauh lebih murah, katanya, asli berbau Tanah Suci lagi.

Kalau si Mamah dan si akang, yaaaa karena berdua, barang bawaan boleh bawa 70 kg, jadi diniatkannya beli di Tanah Suci saja, biar afdhol, biar segala yang diberikan kepada teman, saudara, relasi, ada bau bau Arabnya, hehehehe....

Apa yang dibeli ?
Ini kayak bikin Program besar, karena saudara dan relasi buanyak banget, maka dicatatlah siapa saja yang akan diberi oleh oleh, apa saja yang diberikan.

Diputuskan, kebanyakan dapetnya ya sajadah saja deh, biar pada inget si mamah dan si akang ketika mereka shalat......heuheuheu.

Maka, hari pertama di Makkah, setelah cukup istirahat selepas Ibadah Umrah, alhamdulillah pak Boyke, pemimpin Travel kita mengantar ke tempat Sajadah dan karpet langganan Group Travel BALDA, yang jaraknya cuma jalan kaki 3 menitan dari tempat kami menginap, Royal Makkah.
Kebetulan, banyak yang cocok baik ukuran, corak, warna, daaaan, harganya, hehehehe....maka hari itu juga selesailah sudah urusan oleh oleh ( eh, besoknya balik lagi ding, membeli kekurangannya ).
Dan, pak Mukhsin, si mpunya toko, mengirimkannya dengan cargo kerumah si mamah ( alhamdulillah banget, datangnya "belanjaan" sehari setelah si mamah tiba, jadi segera bisa dibagikan sampai habis dan semua bersuka cita ).

Hari hari selanjutnya, yaaaa tinggal bernikmat nikmat saja berlama lama di Masjidil Haram, ya shalat, ya Thawaf, ya berdoa, ya melihat yang Thawaf dari lantai paling atas...
Pokoknya, oleh oleh nggak membebani banget.
Bahkan ketika ngumpulin kopor bawaan saat mau pulang, barang kita berdua cuma 65 kilogram.
Ya alhamdulillah banget nggak usah membebani atau merepotkan para pengurusnya, iya kan ?

Di Madinah, banyak waktu buat sekedar cuci mata.
Naaaaaah disini baru keinget pesanan anak mantu dan orang orang terdekat....
Ada yang pengen jam tangan komplit pake arah kiblat dan waktu shalat, ada yang pengen peniti, ada yang pengen kerudung putih, ada yang pengen kurma muda ( doain dooooong, si teteh astrid segera hamil ), ada yang pengen kurma salut coklat dll dlsb dan ternyata, kurmanya asyik asyik banget, ada yang berlapis coklat, bersalut coklat putih, ada yang dalamnya almond, ada yang ditaburi sesame, ada kurma azwa, kurma ambar yang guede, dan bermacam lainnya......

Sementara buat kita sendiri cuma beli parfum kecil khas wewangian murni dan wall paper saja ( jadi sekarang dirumah si mamah ada dinding yang ditutupi gambar Kabah pleus orang orang lagi bersujud...asyik, serasa di Masjidil Haram, anak anak juga sangat menikmati kalau shalat dideket deket situ, daaaaan...jadi pada pengen kesana tuh, doain aja banyak rejeki si mamah ya buat boyongan anak mantu kesana ).

Didekat Apartemen Aziziyah, juga buaaanyak pusat belanja.
Ada Mall gede, disitu juga banyak barang yang bisa diincer buat oleh oleh.
Cuma.......didaerah situ kan daerah pusat belanjaannya orang orang Iran....
Duuuuh, sejak toko masih tutup, mereka udah untel untelan antriiiiiiiii kayak Turki disaat schlussverkauf di Jerman sana.
Begitu toko buka, mereka menyerbu...panic buying tea, segala dibeli, mungkin di negaranya nggak ada barang barang akibat embargo. Itu mah beneran segala dibeli, baju, karpet, TV ukuran raksasa dipanggul, alat elektronik lainnya digiwing, kasur sprei diringkid, bedcover digembol....wuuuuiiiih, kebayang bis atau truk yang mengangkut mereka pulang heurin, pasedek sedek, penuh sesak.

Di Madinah, saat mau memasuki Masjid, terlihat diluar area Masjid, para pedagang sudah memberi tanda masing masing, ada yang pake kain se uwirlah, ada yang pake sprei lah...
Persis kayak mahasiswa menandai kursi kalau mau kuliah , pesen tempat duluan......
Daaaan, ketika bubaran shalat, dari pagi buta sudah ciweuh, sudah rame, sudah gandeng ribut sama teriakan pedagang....
Khaaaamsa reyal, khaaaaaamsa reyal.....

Mau apapun ada tersedia, tasbeh, kerudung, peci haji, baju gamis, baju abaya, mainan ( hahaha, ada anak naik onta , ontanya jalan pake lagu Arab, lucu pisan ), gantungan kunci, gelang, kalung, cincin, sajadah, sepatu rumahan atau alas kaki buat ke Masjid, taplak meja, dll, dlsb........
Mereka dikerubuti jamaah yang bubaran shalat.

Pokoknya penuh sesak deh.........
Bukan hanya di emperan masjid, toko toko seputar masjidpun segera diserbu pembeli....
Haji, haji, masuk masuk...lihat lihat....murah murah....
Pedagang arab menawarkan dengan bahasa Indonesia yang taunya cuma segitu gitunya....hehehehe...
Si akang juga pernah dipanggil : " ibu, ibu, masuk , masuk"...hahahahahaha...
Emang artinya ibu tuh apaan sih menurut mereka ?

Pokoknya, Madinah menyenangkan buat melengkapi oleh oleh yang nggak sempet dibeli di Makkah...
Barang prental prentil kayak gantungan kunci, tasbih dll buanyaaaak yang lucu lucu, harganyapun murah meriah.......

Pokoknya, pulang haji kemarin kayaknya semua kebagian deh....
OB kantor, satpam, tukang potong rumput, penyapu jalan, dikasih gantungan kunci 1 reyalan sueneeeeeeng banget lho.....
Alhamdulillah pisan.

Last but not least....duuuh, itu kudu komplit ya ada zamzam, kurma, kacang....
Ternyata pas pulang haji, yang kerumah semuuuuua mintanya zamzam, kurma, kacang......
Untung si mamah bawa dan si teteh udah nyiapin gelas gelas kecil dan tekonya pleueueus berbagai wadah buat kurma dan kacang.....
Jadiiii, semua kebagian happy happy nya bau bau Arab.
Alhamdulillah.

Bagi para jamaah haji, lempar jumrah reyal terakhir......heuheuheu, itu istilah pak Boyke meuni lucu pisan....
Pokoknya membuang duit reyal terakhir, adalah di al Balad, area perbelanjaan yang begitu terkenal dengan parfum, kosmetik dll di kota Jeddah.

Mau apa ?
Sagala aya, segala ada, hehehehe.
Hallo bu Yanti, beli sepatu berapa pasang ? itu kan udah overweight 40 kilo???? masih kurang ?.....

Dan ketika yang lain Jumrah Reyal terakhir di al Balad, si mamah malah nggak ada mood belanja karena merasa udah beres, udah komplit, malahan terserang penyakit tidurrrrr...hehehehe.

Nguantuks berats deh, sampai sampai manggil taksi, abis nggak kuat nungguin temen temen belanja, padahal bis nya mau balik ke hotel kan jam 10 malam, belum jam 9 si mamah udah mau ngejungkel dijalanan, nguantukkks buanget......

Yo wiz, akhirnya pulang diantar si akang dan tidurrrrrrr.
Asyik, segala kepenatan berkurang, oleh oleh sudah komplit, hati senang karena besoknya mau pulang, makanya tidurnya lelaaaap banget.
Alhamdulillah ya Rabb, sudah memberi kenikmatan dan kemudahan yang begitu banyak, sebagai tamu Allah sudah dijamu dengan begiiiiiitu baiknya, begitu menyenangkannya padahal apalah si mamah ini, masih suka toloheor, suka nggak patuh patuh amat sama perintahNya, belum sempurna menjalankan semua perintahNya.
Insya Allah pengen lebih baik dan lebih baik lagi, amin

Pokoknya, berhaji, disamping beribadah, juga kegiatan lainnya sih kayak sehari hari di Tanah Air saja.......menyenangkan, enak dan nikmat.

Makanya, yuk atuh berhaji selagi muda dan fisiknya kuat, dijamin, sueneeeeng banget deh . Hallo Neng Geulis Tyara Renata.....
Kalau lagi libur, nggak main sinetron, ayo atuh berhaji, mau ajak si mamah ??? hehehehe.....didoain deh segera berhaji.....

No comments: