Tuesday, January 22, 2008

KONFLIK PASUTRI

Namanya juga dua karakter berbeda dipersatukan menjadi pasangan suami istri......pastilah nggak akan cocok 100 %...nonsens banget kalau ada yang bilang cocok 100 %.....iya nggak ?

Mungkin rada rada muna yang menjawab begitu mah atau....pengecut kali ya...rada rada penakut, gitu lho....hehehehe, takut jadi KDRT kali ya......kuaciaaaan deh.

Tapi, walaupun berbeda, nggak cocok seratus persen, kan pasti masih amat sangat bisa berjalan beriringan, berdampingan, saling memberi energi, sama sama menjalani kehidupan apapun dengan penuh kenikmatan dan kebahagiaan.....betul ??

Naaaaah...konon, katanya, kalau berhaji berpasangan, berdua suami istri, suka adaaaaaa aja konflik, ribut, berantem,.....hehehehe, nggak ada yang cakar cakaran ya, atau ada ?......

Adu mulut ?
Katanya sih ada, banyak malahan.
Kata info dari temanku sih, misalnya, suaminya pengen shalat dipelataran masjid, males menembus lautan manusia, istrinya pengen masuk masjid, ribut.....
Suaminya pengen Thawaf dilingkaran luar, istrinya pengen deket Kabah, ribut......
Istrinya pengen mencium Hajjar Aswad, suaminya nggak mau, ribut....
Istrinya pengen ke Pasar Seng, suaminya pengen tiduran, ribut.........
Istrinya pengen belanja, kehabisan duit, suaminya pelit nggak ngasih duit, ribut......

Yah, hal hal sepele begitulah yang suka bikin ribut besar.
Di Tanah Suci sekalipun, lagi berhaji, ribut sih teteeeeep aja ribut.....

Berhubung si mamah mau berhaji berdua si akang, dan konon...dari cerita teman, sejawat, relasi, kalau pergi berdua, dipersatukan jadual yang sama selama sekian lama, suka parasea, berantem, ribut, konflik dlsb, seperti diceritakan tadi......maka jauh jauh hari, si mamah sudah mengkomunikasikan hal tersebut kepada si akang.

Kata si mamah, berhaji, kan ngumpulin biayanya juga lama dan syusyah, berhaji kan butuh pengorbanan yang besar, ninggalin semua kecintaan, berhaji kan membutuhkan energi dan waktu yang luar biasa....siapa tahu seumur hidup cuma sekali berhaji, iya kan ?
Maka akan sangat rugi banget kalau begitu besar persiapan dan pengorbanan yang sudah dilakukan, tercoreng hanya oleh hal hal sepele.

Berulang kali kita bicara, ngobrol, gimana ya caranya supaya nggak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan yang akan mengurangi kenikmatan beribadah. Hal hal apa saja yang biasanya suka bikin kortsluiting....hehehehe......kan soal sepele juga suka bisa bikin ribut, apalagi kata pak ustadz Agus, soal nyari peniti aja bisa jadi berantem pasutri....duuuuh.

Berulang, berulang, berulang kita bicarakan, pengennya gimana, keberatan keberatan masing masing pihak apa, contohnya soal waktu aja...yang satu pengen cepet cepet ke Masjid yang satu pengen nanti aja, santai....kan kalau terjadi hal begitu bisa mengurangi kenikmatan beribadah bukan ?.....

Begitulah, manasik haji kan bukan cuma diberikan para pembimbing ibadah haji, kita sendiri juga bisa introspeksi, berkomunikasi intens, berupaya mengkomunikasikan, meminimalkan perbedaan yang mungkin muncul menjadi konflik............dan...ketika kita berhaji, alhamdulillah, kita berdua bisa happy, seneng, nikmat menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji, alhamdulillahirabbilalamin.

Ayo atuh berhaji....jangan lupa manasik dulu ya.....
Persiapkan segala sesuatunya dengan baik, ikhtiar disempurnakan, doa ditingkatkan.
Insya Allah akan menjalani segalanya dengan penuh kenikmatan.....

Didoain deh sama si mamah ya....

2 comments:

Rizki Eka Putra said...

mudah2an saya bisa ngikuti mama! doain ya ma!

Anonymous said...

alhamdulillah mamah lancar hajinya dan kembali pulang dengan selamat. Alhamdulillah saya kemarin juga sempat ke sana dan cerita mamah seakan menyegarkan ingatan kembali .. Hatur nuhun ya .. Saya ada sedikit foto di sana, mamah bisa klik di sini
http://www.photoblog.com/nugrahini/category/24896/