Wednesday, January 16, 2008

JAJANAN DI TANAH SUCI

Gagasan postingan ini , muncul setelah tadi chattingan sama neng geulis Tyara Renata....
Itu tuh pesinetron muda yang cantik, manis, lembut dan baik hati tea ( adeueueuh...jangan kembang kempis ya idungnya ).

Konon, katanya, Tyara diajak mamanya ke Tanah Suci.
Tapi seperti umumnya yang belum ke Tanah Suci, apalagi anak anak muda, suka ragu...disana
ngapain...disana ada apa aja....ntar gimana kalau begini begitu ?
Gimana kalau mbosenin? bete dll dlsb.....

Ketika dibilangin, Teteh Astrid, Meta, Arka Arga malah semangat pengen ke Tanah Suci....waaaah...masa Tante ?....
Begitu dibilangin, disana itu begini begitu pleus, nyuruh baca aja postingan postingan si mamah cerita tentang berhaji, mulai dari Assalamu'alaikum dlsb, pokoknya semua postingan dibulan Januari, ( dikiranya Tyara si mamah blum pulang, jadi nggak mampir ke www.ceritamamah.blogspot.com ini )...hehehehe...katanya, ooooh yaa.....jadi pengeeenn...
Alhamdulillah...barengan atuh yuk ??? Siapa tahu Allah mengijinkannya demikian, amin.

Satu segi yang menarik di Tanah Suci buat anak muda pencinta wisata kuliner...
Ya jajanannya...maksoednya.

Buat anak anak muda yang seneng abring abringan makan disana disini, dari Citos ke PIM, ke Senayan City, ke PS, ke Smanggi, ke Bandung ke Rumah nenek, Sierra, cafe Bali, sambara, Bumbu Desa, Kedai Nyonya Rumah, dll dlsb....dll dlsb....jangan takut lah....
Sambil beribadah, diantara waktu luang bisa juga koq memilih makanan apaaa aja.....

Anak anak si mamah juga terkaget kaget...masa ? iya gitu mah ?
Ketika diceritain, mau makan apa ? kebab ? Pizza Hut ? KFC ? Al Baik ? Starbucks ? Baskin Robbins ? atau baso ? nasi rames ? Donat ? Pisang molen? bala bala ? pisang goreng ? combro ? Roti ? atau Nasi Mandi ? itu tuh makanan khas Arab, nasi gurih pisan, bisa rasa ayam, bisa rasa kambing, biasanya disimpan ditampah atau tempat besar dan dimakan ramean.

Itu jajanan, dari mulai yang dijajakan dipinggir jalan, dari yang harganya 1 reyal, 2 reyal, sampai yang harganya kira kira sama deh dengan yang di PIM, buanyaaak tersedia dimana mana.....
Jadi...ngapain ragu ragu kalau ada yang ngajak ke Tanah Suci ?...
Selama kita sehat bugar, ya hayu aja atuh ya Tyara dll ......

Memang benar, ke Tanah Suci afdolnya ya utamanya kan beribadah, tapi...boleh juga dong jalan jalan, jajan, lihat lihat buat oleh oleh..
Pokoknya menyenangkan deh...

Satu hal lain, kebanyakan mengiranya selama di Tanah Suci kan harus pake baju Ihram...
Kan nggak atuh...
Baju Ihram itu hanya dipakai kalau kita mau ber Umrah, mengelilingi Kabah 7 putaran dan berSai 7 balikan..
Atau ketika kita mau menjalankan ritual haji..ialah wukuf ke padang arafah dan menyelesaikan rukun haji.........
Setelah itu ya pake baju biasa sehari hari.

Pokoknya, Tanah Suci itu lebih dari kota kota lainnya dalam hal kenikmatan menjalankan ritual beribadah....
Kalau soal belanjaan dan jajanan, ya sami mawon deh...asyik asyik.

Si mamah itu kan sukanya salad, sayuran, buah buahan.....
Disana itu tersedia setiap saat dimana mana koq.....menyenangkan.....
Sekali kali jajan kebab, kentang goreng pleus ayam bakar, jajan ice cream, milkshake....dll dlsb......

Suatu ketika, si mamah koq pengeeen banget nasi mandi, tapi belinya dimana ya......
Si akang lagi kurang fit, jadi nggak bisa jalan ngiter ngiter, mending istirahat.....

Tapi, rejekinya si mamah, waktu di Madinah, malam sebelum group non Arbain pulang, pengurus menyediakan 4 baki besar nasi mandi .......ada yang kambing, komplit dengan kepala kambingnya, ada yang ayam....duuuuh, lezatnya, nyamnyam banget deh....

Dan, ketika si mamah berusaha mencari yang jualan nasi mandi dihari hari berikutnya....nggak ketemu...
Tetapi, dimalam terakhir dikota Jeddah, itu hotelnya menyiapkan makanan yang super duper komplit.......ada nasi mandinya juga, disamping ada kiwi, salad, strawberry, melon, semangka, dlsb....
Allah itu benar benar menjamu tamunya dengan luar biasa ya.....
Alhamdulillahirabbilalamin....

Jadi....buat Tyara, dll....
Ayo..jangan banyak yang ditimbang timbang...
Ada uangnya, fisiknya sehat bugar, tahu tata caranya ( nggak ribet ribet koq )....ya berangkat aja ya....didoain sama si mamah deh.....

Btw...si mamah udah nyoba bikin sendiri nasi mandi...
Pake aja bumbu gulai tanpa cabe, trus tambahin kapulaga, cengkih, kayumanis, ditumis..masukin daging kambing....kasih santan.....
Ya udah, tambahin aron nasi atau nasinya juga bisa..kukus....
Horreee, nyamnyamnyam.
Cobain bikin, gampang banget ternyata dan rasanya juga asyik deh....

Yuk ah...Salam

3 comments:

Dhona said...

Emang ya mah, kalo ada uang trus sehat, berangkat aja. Nggak usah kuatir nanti di sana gimana. Dijalanin aja, Insya Allah jalannya dimudahkan. Banyak juga ya jajanan di sana. Nggak usah takut kelaparan ya mah?

debbie said...

aih....ternyata di sana gak melulu seperti yang di tv or di koran yah. Wisata kulinernya mgenggiurkan lho...ngences euy

an diana said...

Mah..mah...kan diantara resto2 cepat saji yang mamah ceritain itu ada yagn kepunyaan Yahudi? kok ya pemerintah Saudi mau2nya sih mengijinkan Yahudi jahanam itu buka gerai di sana??istighfar berkali2 deh aku....