Saturday, November 24, 2007

MOTIVASI

Menurut artinya, motivasi adalah dorongan yang membuat seseorang melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu.

Pokoknya gitu deh....segala sesuatu kan ada alasannya kenapa kita pake sepatu,kenapa kita makan, kenapa kita belajar, kenapa kita ngantor kenapa kita riset untuk gelar doktor ?

Semuanya pasti ada dorongannya, ada alasannya, ada motivasinya .

Orang kepasar, pasti ada motivasinya, mau beli beras keq, gula didapur habis keq.
Orang sekolah,pasti ada motivasinya, mau nimba ilmu keq, pengen ketemu si doi keq, pengen lihat guru ganteng keq, mau jajan dikantin keq.
Orang kerja juga ada motivasinya, cari duit keq, males dengerin pidato bini dirumah keq, mau kongkow kongkow sama rekan keq....
Orang korupsi juga ada motivasinya.....terpengaruh temen keq, butuh duit keq, aji mumpung keq, anjuran selingkuhan keq ( iiiiiggh..udah selingkuh, korupsi lagi....)

Pokoknya.......segala sesuatu yang bikin manusia menggerakkan anggota badan dan jiwanya, pasti ada motivasinya bukan ?...

Garuk hidung juga ada motivasinya......gatel tauuuu....
Cari wc juga ada motivasinya.......hehehehe, mau apa coba...kebelet kali ya...
Shalat, puasa, zakat, berhaji, juga tentu ada motivasinya, ada dorongannya, ada alasannya.

Ketika kita kecil, kita ikut ikutan puasa, karena kalau tamat puasa dikasih hadiah. Ketika kita bersahur, kita cepat bangun karena kalau cepat bangun akan ada bonus duit.

Ketika kita belajar mau ulangan, kita termotivasi karena kalau rapornya banyak angka 9 nanti dikasih uang.

Ketika kita dewasa, kita puasa , mungkin karena kita malu, wong anak kecil juga bisa puasa koq...piraku sayah nggak puasa ???
Atau mungkin kita puasa karena sudah sangat paham, itu kan kewajiban kita puasa.

Motivasi lain kita puasa ketika kita sudah dewasa , bukan karena iming iming duit atau hadiah lainnya ataupun karena malu oleh anak kecil yang puasa.
Tetapi kita puasa semata mata agar kita termasuk kedalam golongan orang yang bertakwa kepada Allah.

Motivasi banyak ragamnya, banyak nilainya, banyak kelasnya dari waktu ke waktu, sesuai perkembangan kedewasaan dan kesadaran, motivasi untuk melakukan hal yang sama akan berubah terus , makin bernilai, makin berbobot, begitu seharusnya bukan ?

Ketika kita dewasa, apapun yang kita lakukan, sudah seharusnya motivasi kita adalah hanya ibadah kepada Allah semata.....bukan begitu ??

Mudah mudahan , teman teman yang berhaji kali ini ( juga si mamah dan si akang ), sepulang berhaji nanti, dalam setiap gerakan , mempunyai motivasi yang menunjukan kelas yang lebih baik, dalam hal apapun juga.. ....
Ialah hanya semata mata ibadah kepadamu ya Allah .

Doakan kami naik kelas ya....

Salam

7 comments:

Bunda Raffee said...

Mamah mau berangkat haji ya. Mudah2an bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar & mendapat ridho Allah SWT serta mendapat haji Mabrur. Amiiiiiin... Btw titip doa moga2 saya dan keluarga juga bisa cepat2 menyusul ke tanah suci :)

Dew said...

Amien, amien... moga Mamah-Papah naik kelas dengan rapor bagus... :)

yanti said...

waah...saya jd termotivasi jg nih tuk brkt haji :-)trus motivasi saya ngeblog apa ya...?

an diana said...

didoakan deh mah! jangan lupa titipan doa saya: utang2 sayah lunas...hehehehe...

Mama Rashel said...

semoga jadi haji mabrur ya mah ...dan diberi kesehatan dalam menuanaikan ibadah di tanah suci...amin...

btw susah banget isi SB dr kemaren eror mulu...maksudnya babe di kantor bukan babenya acel mah...:D

Dhona said...

Amien. Semoga mamah dan papah bisa naik kelas dengan nilai yang sangat bagus. Semoga jadi haji yang mabrur.

bundazka said...

amiennnn....smg lulus dgn nilai terbaik yaa mah....;)