Tuesday, August 28, 2007

TIMBANGAN

Ada yang rajin kepasar nggak?

Coba deh lihat lihat timbangan pedagang...
Waaaah..macam macam bentuknya dan tentu saja macam macam pula kualitasnya.

Sekilo jambu di si mamang ini belum tentu sama banyak dengan sekilo jambu di si Mbak sana....
lho koq ?...
Yaaa begitulah, kenyataannya memang demikian.

Sekilo yang harusnya satuan kilo itu pas untukberat air sebanyak seliter....
Hehehehe, sok jadi fisikawan ah....
Ternyata dipasar sih bisa berbeda beda.

Bilangnya sih sekilo, tapi pas ditimbang di yang lain, mungkin cuma 8 ons alias 800 gram....
Euleuh euleuh.......beranian ya..

Kenapa berani?
Lha iyalah, sudah jelas banget hukumnya dalam agama juga....
Barang siapa mengurangi timbangan sekecil apapun....neraka jahanam bayarannya..
Hiiiiyyyyyy

Jaman si mamah kecil, pasarnya pasar jalan Cihapit Bandung, kadang kadang ke pasar Kosambi atau Pasar Baru, kalau lebaran, suka ke pasar Babatan juga.....
Naaaah, di pasar pasar itu sudah menjadi pemandangan umum, suka datang petugas dari Jawatan Tera, yang tugasnya menstandardisasikan timbangan......
Timbangan harus distandardkan, sekilo ya sekilo......
Hebat kan ?

Memang jaman si mamah kecil sih lebih teratur dan tertib koq...
Ada Jawatan Tera, ada razia Penneng alias pajak kendaraan...
Bukan razia mobil, tapi razia becak dan sepeda......

Bayangin, dulu, punya sepeda aja kudu bayar pajak, dan diperiksa lagi...
Caranya?
Yaitu tadi, suka ujug ujug ada razia di jalan jalan...
Dan, rata rata patuh koq bayar pajak sepeda atau becak.....
Sekarang ????

Bicara tentang timbangan, dipasar kalau melihat pedagang menimbang, perasaan suka nano nano...
Pertama, ya jelas suka penasaran, si mas, mbak, mang, ibu, bibi, ngkoh, nci teh nggak takut gitu kalau jualan tapi timbangannya kurang???
Kedua, suka penasaran, masih adakah petugas yang amanahnya adalah menjaga agar timbangan itu pas ukurannya ? Ketiga...naaaah, ini....suka mengingatkan akan amal amalan, suka menjadi pendorong bikin kebaikan.

Nggak tau knapa ya...
Kalau lihat timbangan, si mamah suka pengen banget segera berbuat yang baik baik....
Mungkin, ada banyak pertanyaan sih...
Timbangan tentang amalan dan dosa saya gimana ya....seimbang ?
Gimana kalau ujug ujug umur berakhir sementara timbangan impas ?

Makanya, sekecil apapun peluang atau kesempatan untuk berbuat kebaikan, harus segera diambil......
Kan kalau pas kita berbuat baik, pas usia berujung...itu timbangan kan akan bergerak sedikit kearah surga...
Jadi nggak pas pas amat gitu lho.....
Paling nggak, ada sedikiiiiiit aja yang bikin timbangan bergeser kearah surga....

Jadi inget, minggu lalu denger cerita tentang seorang teman yang ngidam asinan, sementara dia nggak boleh bergerak kemana mana.
Suami nggak bawa bawa aja itu oleh oleh asinan, sibuk katanya.
Kandungan membesar sampai nyaris 7 bulan.
Pas si mamah denger...duuuuh, kasihan amat ya...
Teu pira, cuma pengen asinan....

Kebetulan ada timun, bengkuang, nenas, cabe, terasi, ebi, toge, kol, cuka......
Diolah dikit..tambahin garam dan gula putih......mmmmmm..lekker.jadi deh asinan segar memikat selera...

Pas ketemu si temen yang hamil, dikasih tau, si mamah bawa asinan....
Itu jeritan bahagianya campur kaget, senengnya dan binar binar pendar cahaya di mata dan wajahnya, nggak bisa dilukiskan deh.

Sambil berurau airmata, dia memeluk...
Buuuuu, trimakasih ya buuuu...
Buuuu, trimakasih ya buuuu........

Yang dapet asinan sueneeeeng banget.
Yang bikinin dan ngasihnya ? luar biasa senengnya, bisa memberi kesenengan orang lain....

Lihat orang bahagia kan kita juga bahagia bukan?

Ayo ah, kita berlomba lomba memanfaatkan setiap peluang untuk menabung amal, setiap saat, sekecil apapun.......
Kecil kata kita, kata yang membutuhkan sih buesssaaaaar, banget.

Selamat berbuat yang baik baik ya....selalu, dimana saja, kapan saja, kepada siapa saja....
Salam

9 comments:

Diana Indah said...

Nice lesson 'Mah...thanks ya

Yanti Wyant said...

Rujak asian.....hoyong oge atuh hihihi :)

Belajar dari tulisan Mamah Ani....Thanks :)

Teteh Bunda said...

mamah... saya oge ngidam, heheheh...

Nuhun nya mah, postingannya selalu bikin kita semangat buat berbuat lebih baik, semoga timbangan amal mamah jadi tambah berat krnya, Amin...

AryaNst said...

Perbedaan berat di satu tempat dan di tempat lain mungkin karena perbedaan besarnya gaya gravitasi -halah-

Ina said...

sakit hati emang ya mah mun barang belian kita jadi berkurang..tapi da kumaha, bener kata mamah, susah ditertibkeuna..:)

primaningrum said...

beneran mah, kadang kalo belanja ke pasar suka ngebatin begitu.. ini timbangan pas enggak ya? hehehe.. ternyata yg ngebatin enggak sendirian...

iya mah, kadang dari yg sesuatu kecil itu makna pelajarannya "dalem" banget

Bundanya Tiara said...

mah ntar kalo saya ngidam asinan disini, mamah kesini ya mahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh heheheheh.

dian ibung said...

tah eta mah...tiap niat baik, selaluuuu aja ada gogoda na... Mamah kamana wae, dipilarian Arkanya saya, :-)

Widya Puteri said...

mamah iya bener banget.. kadang saya yang jualan kue diajarin banget sama mama untuk ijab qabul jual beli pake bahasa banjar 9kalimantan) "jual seadanya"..

artinya saya menjual seada yang saya jual, tidak kurang tidak lebih..