Monday, July 02, 2007

SUSU

Melihat ibu ibu panic buying, membeli susu berkeranjang keranjang, berdus dus, bergerobak gerobak, pokoknya memborong susu sebanyak banyaknya sesuai kemampuan cadangan duitnya....weleh, weleh, weleh, weleh.....bagaimana ini ya....

Si mamah jadi penasaran, bagaimana sih asal muasalnya manusia itu koq jadi minum susu sapi ?
Kan dari sononya, semua mamalia meminum susu dari jenisnya sendiri ?

Kambing minum susu kambing, gajah minum susu dari ibu gajah, kuda minum susu kuda, jerapah minum susu ibu jerapah juga...
Naaaah, manusia ?
Bahkan selagi Air Susu Ibu masih berproduksi, masih mancurrr, sudah diganti ke susu sakadang sapi...


Euleuh euleuh......
Kan begitu banyak ibu ibu yang nggak menyususi anaknya bukan ?
Diganti menjadi susu botol yang notabene adalah susu sapi.

Udah gedean, malah makin liar.
Susu kambing, susu kuda liarpun diminum ( hehehe, katanya kuda liar, tapi dipelihara ya buat diperah susunya )

Sekarang, memang sudah banyak ibu ibu yang pinter dan bener, menyusui eksklusif,
Artinya, selama 6 bulan, bahkan ada yang sampai 9 bulan, hanya memberi air susu ibu kepada bayinya.
Tidak diberi asupan makanan lain....
Mereka baru menyapihnya ketika si anak berusia 2 tahun.
Bravo, two thumbs up lah buat mereka....

Manusia, memang seperti mamalia, (makanya banyak yang manggil mama, ema, emak pada ibunya, kan berasal dari kata mammae, yang artinya susu ).

Pada awalnya harus minum air susu ibu sebagai satu satunya sumber makanan.
Kemudian belajar mencerna makanan lainnya secara bertahap, sampai suatu ketika, bisa menerima asupan makanan yang komplit bergizi yang berasal dari sumber alam yang begitu beragam dan begitu berlimpah.......

Naaaaah, kalau sudah bisa makan apa saja, susunya berhenti dooooong ah...
Kan sudah cukup asupan gizinya dari beragam jenis sumber alam yang sudah disediakan Sang Khalik.

Kalau kebanyakan kita sih, koq ya malah ada keyakinan harus minum susuuuuuuuu terus sampai tua banget juga...
Dari mana ya asal muasal cerita manusia harus minum susu sapi dari bayi sampai tuwir begitu?
Ada yang tahu nggak ?

Beberapa diantara kita, bahkan menjadi yakin dan percaya, kalau pagi belum minum susu, maka tenaga akan berkurang, akan kurang gairah, bahkan ada yang puyeng dan lemes gara gara nggak menerima asupan susu dipagi hari.....
Wuaaaaah, siapa yang ngajarin begitu ya.....
Sudah mendarah daging dan menjadi kepercayaan yang kuat banget......
Jadinya malah psikosomatis
Kalau nggak minum susu, akan gemeteran, keringetan, lemes dan....pingsan....
Hehehehe, ada nggak blogger yang begitu ya........

Padahal, pagi hari udah makan sepiring nasi goreng spesial pake telur, nasi goreng ayam lagi, ditambah roti pake selai.......
Keukeuh aja da belum minum susu, jadi lemes katanya.......,
Halah...masa sih ????

Kalau kita perhatikan, berbagai produsen susu bayi selalu berpromosi bahwa Air Susu Ibu adalah yang terbaik bagi bayi, tapi susu produknya adalah nomor satu...
Iya nggak ?

Hampir semua iklan susu pasti menyodorkan berbagai cerita atau khasiat kejempolan produknya...
Pokoknya tiap merk susu dipromosikan nomor satu......
Kayak kecap kan ? Nggak ada kecap nomor dua, semuanya nomor satu.

Makanya, karena keyakinan yang sudah mendarah daging, kenaikan harga susu menjadi kepanikan.
Didramatisir lagi, diberitakan bahwa anak anak jadi minum air tajin karena susu nggak kebeli..
Walaw....padahal si anak makan nasi pake ikan dan telur juga........

Kalau kita simak lebih jauh, apakah kenaikan harga susu itu menguntungkan peternak susu lokal?
Wallahu alam, karena konon 70 % susu bahan untuk produksi dalam negeri masih diimport......

Hwaaaaa....jadi , kenaikan susu diluar negrilah yang menyebabkan ibu ibu harus merogoh kocek lebih dalam......
Artinya, kita makin miskin karena membuat bangsa lain makin kaya, bukan begitu ?...

Ternyata kita masih "dijajah"bangsa asing dalam bentuk lain kan ?
Bukan hanya dijajah dalam bentuk produksi otomotif, elektronik atau produk canggih lainnya, tapi juga dijajah oleh negara penghasil berbagai produk pertanian dan peternakan, termasuk penghasil susu sapi.......
Haduuuuh.....

Naaaah, jadi timbul pertanyaan juga kan.
Apakah manusia seumur hidupnya harus minum susu ?...

Kalau kata promotor pabrik susu sih iya lah....
Tapi, kenapa harus susu sapi ya ?....hehehehe...

Kalau memperhatikan mamalia sih, mereka minum susu ibunya hanya dalam jangka waktu tertentu, juga hanya minum susu dari jenis yang sama.
Kambing dari kambing, sapi dari sapi....
Ketika tiba usia disapih, mereka dengan gagah makan jenis makanan yang sudah tersedia dialam bebas....

Si mamah jadi berkhayal, jangan jangan, kelompok mamalia itu ngetawain kita kita lho.....
Huahuahuahua...udah bongsor, bahkan tuwir masih minum susu, susu sapi lagi....
Wwuakakakakaka.....
Padahal begitu banyak terhampar yang menyehatkan....
Mungkin begitu mereka bergunjing tentang kita ya....

Jangan jangan, kalau kita jejali terus anak anak kita dengan susu sapi, maka akan jadi mahluk yang makanannya aneh seperti belalang dan kupu kupu....
Lho koq aneh ?...
Kan mereka siang makan nasi kalau malam minum susu....
Hehehehe,,,,salam !

18 comments:

ira said...

Mah,bener gak sih, kalo di sini: anak2 ampe umur teenagers diusahain jangan minum aer putih. Harus SUSU, SUSU, SUSU. And pastinya susu sapi, abis kalo Susu N*Na Liar mahal..wakakak..

ndew said...

Wah.. teh ira gosip dari mana...(pede aja ini teh ira yg di baltimore, usa bukan ya?!) soalnya anakku gak disuruh begitu tuch (sesama tetangga di baltimore).

Masih penasaran sama susu murni sapi. Lebih mahal apa lebih murah harganya ya dibanding susu kaleng.

Soalnya, anak2 di amrik sini dianjurkan minum susu sapi memang (kalau sudah lebih dari 1 tahun sebagai tambahan ASI) namun tidak pernah dianjurkan yang versi kalengan/tepung.

Bunda - Ayah Aurell said...

Mah, bagusan mana sih...susu formula bubuk ato susu UHT ? Aurell skrg udah umur 4 th, BB 29 kg tinggi 115 cm, sebaiknya minum susunya brp botol/gelas per hari ? (punten ah...jadi konsultasi kesehatan yeuh...). Nuhun ya mah...

Mamanya Axl & Lexancio said...

mah, anak2ku niy, kalau kebanyakan minum susu jdnya gak mau makan makanya skrg susunya sdh dikurangi dan Alhamdullilah, makannya sudah berangsur normal.
abis niy mah, kalau anak gak dikasih susu kayanya beda deh ama anak2 yg lain..
hrsnya kalau memang manusia tdk usah minum susu sampe tua, hrsnya pemerintah kasih tahu yg benar donk..

ira said...

to ndew and mamah
ini bdasarkan kisah sejati, waktu kedokter and dia bilang, usahakan minum susu *sambil mendelik ke anak2 yang kurus2* Bukan yanglaen, pa lagi aer putih.

kejadian ke2, waktu ngambil bayinya Astrid, temen.gara2 nanya soal boleh/gaknya air putih..Pulang2 kita dikasih berbotol2 n kaleng2 susu. Disangka gak mampu kaleee buat ngasih susu. Suster kepala sampe bela2in dateng, ngejelasin, jangan air putih. No nutrition..*katanya sambil ngelirik melas*

beneran tah, ndewww..ini fakta bukan gossip

hihi!

Nia Boy Hadi said...

Hooo... dulu waktu si Al masih baby, aku sampe bela-belain beli susu import yang harganya selangit Mah, ini berlangsung sampe si Al umur 1,5 taon, dah itu aku ganti produk lokal coz ga tahan ama harganya itu, emang yang paling baek n' paling aman n' paling murah itu cuma ASI. Tapi dilema juga buat wanita kuli kaya aku Mah.... gimana coba solusinya? Harusnya pemerintah bikin peraturan cuti melahirkan itu sampe 6 bulan biar bisa ASI Eksklusif.

indie said...

Mah, si akang disini setuju berat dengan pendapat Mamah tuhhh. Katanya susu sapi buat anak sapi, mentang2 strick vegetarian... minumnya susu kedelai. Kalau saya sih masih belalang dan kupu-kupu, alias masih minum susu...meski dalam bentuk kopi susu.

primaningrum said...

Alhamdulillah gak mpe ikutan ngeborong soale dah sempet beli pas blanja bulanan...si kembar sebulan bisa ngabisin 12-13 kaleng susu @900 gr. mabok-kan xixixi... apalagi alifah suka gak doyan maem jadinya ya pelariannya susu d! jadi yang bener yang mana nih bagusan susu segar ato susu kaleng. bingung kan!

Anisa said...

Alhamdulillah anakku menyusu padaku hingga 2 tahun lebih 9 bulan (berhenti saat maknya hamil lagi) habis disapih gak bisa. Skrg anakku konsumsi susu murni (sapi).hehehee..

tyara renata said...

tanteeee,,lg ngomongin susu yaah??
klo aku sekeluarga tuu,dari bocah sampe skg kita smua tiap pagi emg rutinitasnya harus,kudu, wajib minum susu !!!!

hehehe,,sebenernya sii bukan kewajiban.. tp jadi kbiasaan ajaa..

widie said...

Wah iya mah, akbar ngga bisa lepas dari susu, susu adalah hidupnya. karna setelah nyapih ngga nenen lagi ya..saya kasih susu. Dulu susu formula sekarang fresh milk lebih bagus dan segar. Sehari bisa 5 botol. kalo ngga dikasih dia bisa menangis kaya orang ketagihan gt...susah nglepasnya deh...ketergantungan ma susu gini gimana yaa...???

Ibundanya Jasmine said...

mamah, thanks ya for your comment...pfuiiih iya yah anak belajar dari lingkungan...

Alhamdulillah jasmine baru disapih di usia hampir 3 tahun...slow weaning alhamdulillah

Emang sih setelah disapih konsumsi susunya menjadi 2xlipat dari biasanya...tapi alhamdulillah krn susu nya susu biasa tanpa embel2 jadi gak terlalu menguras kantong orangtuanya...

artja said...

susu memang menyehatkan. makanya, biar udah gede, saya tetap mengkonsumsi susu. tapi kalau saya minum susu sambil marah-marah (karena harganya naik), apa masih menyehatkan?

Anonymous said...

padahal ya.. katanya kalo kebanyakan minum susu ceunah bisa jadi batu ginjal..

wanita menopause juga diiming2 susu anti osteoporosis padahal estrogennya terkadang udah nggak bisa nyerap kalsium secara optimal..

Jadi memang bener nggak usah terlalu terobsesi minum susu ... toh sumber kalsium nggak hanya dari susu aja..

nug

yanti wyant said...

Alm ibuku dulu suka keukueh beli susu kuda liar katanya biar kembungnya ilang. padahal ngak tau tuh apabedanya susu kuda ama susu sapi, tapi demi ibu jadi beli juga....:), gosip di US katanya someday soon harga susu bakal lebih mahal dari harga gasoline...and katanya anak2 ngak boleh banyak minum susu yg holemilk...soalnya bisa bikin endut....hehehehhe persaingan antara ahli kesehatan ama tukang susu heehhehhe

fifi said...

Saya dipaksa minum susu teh sampe SMA itu kudu bin harus sarapan itu minum susu ..... sekarang ?? no way ..... gak pernah bahkan waktu hamilpun minumnya susu kedelai saja hehhehehehe .....

inboundid 'ers said...
This comment has been removed by the author.
todaymustbefine said...

ada yg mengatakan susu selain dari asi ibu itu tidak bagus benarkah?

banyak isu diluar yang mengatakan demikian.

jika berkenan mohon kunjungi juga Info Ibu dan Bayi terima kasih :)