Monday, July 30, 2007

BRAVO SEPAK BOLA

Lagi, lagi dan lagi
Kita baaaaanyak sekali mendapat berbagai pelajaran hidup dari suatu permainan , pertandingan, adu laga, ialah Sepak Bola.

Minggu minggu terakhir ini, memang Sepak Bola telah menyita perhatian jutaan orang, baik di lapangan maupun dirumah, selebriti atau bukan, pejabat atau rakyat jelata, berpunya atau tidak dan bagaikan kekuatan sihir, telah sejenak mempersatukan kita, bersatu padu, gegap gempita, bersorak sorai riang gembira, kata orang Bandung mah ayeuh ayeuhan sepanjang pertandingan.

Kemarin, di adu laga pertandingan final Sepak Bola, kita lagi lagi mendapat pelajaran yang begitu bermakna.
Betapa kebersamaan, persatuan, penihilan perbedaan, bisa menghasilkan suatu prestasi puncak, juara Sepak Bola.

Team Irak bisa meniadakan perbedaan, apakah Syiah, Sunni, Kurdi atau lainnya, mereka bersatu padu , disiplin dalam menjalankan strategi, memanfaatkan kelebihan dan kekuatan teman dan menyingkirkan egoisme, kukuh bulat tekad bersatu padu hanya untuk tujuan menyarangkan gol ke gawang lawan.

Team Irak, memberi kita banyak pelajaran, bahwa tekanan hidup, derita, kegalauan, kesedihan, penderitaan, kehancuran, kemarahan, kepiluan, bila diolah dengan jiwa yang baik dan benar, akan melahirkan motivasi yang begitu dahsyat dan memunculkan suatu prestasi yang luar biasa.

Bayangkan, mereka sejak awal sudah sulit untuk berkumpul memulai pelatihan.
Sepanjang perjalanan ke pertandingan final pun, derita kepedihan seolah tak pernah lepas dari pusaran individu individu pemain.

Ada yang baru saja kehilangan sahabat sejatinya, terkena bom bunuh diri.
Ada yang baru saja ditinggalkan ibu angkatnya, juga terkena serangan bom.
Ada yang dalam minggu terakhir menjelang final kehilangan sanak saudaranya, tetapi konsentrasi, konsentrasi, kerja keras, disiplin, kebersamaan dan motivasi yang tinggi, terbukti memberikan imbalan yang teramat indah, Juara.

Kita, yang hidup dalam suasana yang kondusif, yang relatif jauh lebih aman, lebih makmur, lebih memungkinkan untuk melakukan apaaaa saja yang kita inginkan tanpa gangguan yang berarti, seharusnya bercermin, belajar baaaanyak dari pertandingan, pesta akbar sepak bola yang baru saja berakhir, khususnya dari Team Irak.

Bersatu padu dalam keragaman, saling menunjang dalam perbedaan, berangkulan dalam mencapai cita, menyatukan semangat dan tenaga positif, Insya Allah kita akan berhasil mencapai titik tujuan yang diidamkan bersama.

Sekali lagi, Sepak Bola sudah mengajarkan, kebersamaan, persatuan, penihilan egoisme, memanfaatkan kelebihan teman....
Mengapa kita selalu dan selaluuuuuuuu saja terpancing untuk memunculkan sisi negatif orang, sisi negatif kelompok lain yang "berbeda" .
Selaluuuu saja berupaya menonjolkan keakuan ?
Mengapa kita tidak mulai belajar saja dari beberapa pertandingan Sepak Bola kemarin kemarin......

Hayu...derrrrr ah....
Hilangkan perbedaan, padukan kebersamaan, nihilkan keakuan, himpunkan berbagai kelebihan, olah berbagai tekanan menjadi motivasi yang kuat untuk mencapai cita.
HIDUP SEPAK BOLA !
Bravo Team Irak.....

4 comments:

Ina said...

he he he, ternyata mamah demen juga sama sepak bola, idem atuh mah...!

lierieh said...

Hidup Mamah..... ya nih Mah, ongkoh satu team tapi sukanya menonjolkan kabisa sendiri, atuh kalo gitu mah jangan main bola main congklak sajahhhh

Ossy said...

Waduhhhh hubed ini si Mama, bener juga yah... kita bisa blajar byk dr sepak bola....

Oh ya trimakasih ya... kunjungannya ke blog kami....

Atletiko's said...

iyah.. hebat ya mah tim iraq.. di tengah segala keterbatasan, tapi bisa berbuat yg terbaik, bisa memberikan sedikit rasa bahagia buat bangsanya :)