Thursday, August 02, 2007

BAHASA BAYI

Ada yang lihat Oprah nggak ?

Waaah…bagus ya….
Sayang dulu si mamah waktu punya bayi belum paham bahasa bayi.

Mudah mudahan nanti bahasa cucu si mamah, bisa di mengerti dan dipahami, biar bayinya bisa tumbuh lebih baik dan berkualitas, amin

Ternyata, setelah dilakukan riset selama 9 tahun, kalau nggak salah, diketahui bahwa secara universal, semua bayi itu punya bahasa sendiri, yang sama.

Pokoknya, bayi dari ras manapun, bahasanya sama....
Hehehehehe.....
Jadi bayi bayi itu bisa saling berkomunikasi bukan?

Yang terpenting, ada 5 kata dasar yang sebaiknya dimengerti oleh ibu ibu dimanapun.
Kalau penasaran, mampir aja ke http://www.dunstanbabylanguage.com

Secara umum, ada 5 kata penting yang wajib dimengerti, dan segera dilakukan aksi sesuai dengan kebutuhan bayi tersebut, niiiih contohnya....

1. neh, nneh, atau nnnnneh……itu artinya lapar, maka segeralah berikan air susu ibu

2. heh, heh, heh….itu artinya nggak nyaman, mungkin pipis, mungkin kepanasan, gatal, sakit, kedinginan, dll, dll

3. ouwh, ouwh,….itu artinya bayi ngantuk, pengen tidur, maka harus dininabobokan, lucunya, beberapa bayi malah segera tidur setelah dikasih dot mpeng

4. eh. eh…itu artinya pengen bersendawa, mengeluarkan gas di pencernaan, maka segeralah bayinya dipelukan kedada kita,kepalanya dibahu kita, ditepuk tepuk punggungnya

5. eir…atau eair…biasanya dengan ekspresi menekan perut, atau kedua tungkainya ditegangkan……..tahulah artinya kalau menekan perut sambil wajah tegang…..hehehehe….nggak akan salah lagi deh.., bantu aja dengan usap usap perutnya, nanti juga “melahirkan”…heuheuheu

Bagi yang masih punya bayi….coba dipraktekan ya…
Konon, kalau kita mengerti bahasa bayi, kita melakukan segera apa yang disampaikan melalui suaranya, bayi akan menjadi lebih tenang, lebih bisa tidur lelap, lebih tidak gelisah, lebih berkurang tangisannya, lebih tumbuh kembang dengan baik, dan si ibu bayi pun bisa lebih tenang, nyaman dan punya waktu istirahat yang lebih baik, sehingga kualitas perawatan bayi lebih baik.

Tapi kalau si bayi sudah menyampaikan keinginannya, dan bahasanya tidak kita mengerti, bahkan kita melakukan hal yang bukan keinginannya, maka bersiaplah mendengar tangisan yang lebih kenceng.
Bahkan bayi ngadat, histeris menangis menjerit jerit.

Kan kita juga kalau udah bicara tapi dikacangin, ngambek juga bukan ?

Dan, kalau dalam beberapa bulan, kita tetep nggak paham atau mengerti bahasa bayi, maka bahasa bayi itu akan hilang....
Heuheuheuheu...bayi juga manusia, ogah ngomong terus kalau yang diajak bicara kagak mau ngarti ngarti, bukan begitu ?

Maka, kalau para ibu mengerti bahasa bayi dan melakukan hal hal yang diinginkan si bayi dan telah disampaikan melalui bahasanya ...
Deueueueuueueueuh…makin bagus aja nanti kualitas manusia ya……..

Sok atuh praktekin ya……

8 comments:

Niken said...

harus diinget terus niy ilmunya...biar ntar bisa praktek..kl sekarang bikin bayi ajah belum berhasil mah...hehe...

siti nurbaya said...

Mamah..., makasih infonya. Emang akujuga blom ngerti banyak bahasa bayiku. Salam kenal buat mamah...

pacarterbang said...

hatur nuhun pisan..jadi lebih semangat pengen bikin bayi :)

widie said...

Kalo belum punya bayi emang bakal bingung entar gimana tapi kl udah punya bayi pasti bakal ngerti sendiri, pelan-pelan bisa ngerti isyarat dan bahasa, tangisan2 bayi ya...kapan dia lapar dan kapan dia ngantuk...rasanya bahagia banget..

shasya said...

Mamah Ani, postingnya pas banget buat saya yang mau melahirkan bulan depan. Terima kasih yaa

Teteh Bunda said...

mamah ani bagus postinganna, saya mah jangankan bayi, anak saya yg umur 3 thn aja msh blm ngerti tuch bahasanya, apa saya nya aja ya yg ga mau belajar bahasanya ?heuheuheu...

Anonymous said...

Baby said: aku ini belum bisa apa2 dan lama2 aku ini cerdas dan kuat, aku ini adalah anak kecil yg masih minum susu.

todaymustbefine said...

makasih infonya memang agak sulit mengerti bahasa bayi.

jika berkenan mohon kunjungi juga Info Ibu dan Bayi terima kasih :)