Thursday, June 21, 2007

ANDAIKAN...

Konon...menurut sebuah riset, entah dimana, ini kata si akang, kalau ditampilkan dalam bentuk energi listrik, orang yang punya gagasan atau ide, akan mengeluarkan listrik sebesar 10 watt.
Kalau yang melaksanakan gagasan atau ide, akan menghasilkan listrik sebesar 200 watt.
Dan yang mengeluarkan kritik atas segala sesuatu, hanya menghasilkan 1 watt saja, begitu katanya.

Makanya, dalam hidup, diam ( artinya nggak banyak ngomong) adalah emas.
Yang terbaik adalah berkarya, bekerja, menampilkan sesuatu...
Bekerja, bekerja, bekerja, bergerak, bergerak, bergerak.....

Apapun itu, yang manfaat untuk sebanyak banyak mahluk Allah, Insya Allah kita selamat dunia akhirat , amin.

Naaaaah, karena nggak tau mau ngapain nih, kita berandai andai aja atuh ya.....
Kan lumayan, bisa memberi 10 watt....hehehehehe.

Kebetulan, berturut turut si mamah baca tentang penghasilan selebriti.
Kabarnya, 4 tahun berturut turut, neng Oprah Winfrey menduduki peringkat pertama dalam segi penghasilan.
Ingat, penghasilan ya saudara saudara, bukan asset atau kekayaan yang dimiliki.

Untuk tahun 2006 saja, katanya, si neng ini penghasilannya 2,3 Triliun rupiah.....
Halah....jadi seharinya kali dia berpenghasilan 7 Miliar rupiah ??.
Dompetnya segede apa ya....hahahahahaha.
Inget tukang buah yang keliling kompleks, modalnya aja 50 ribu rupiah....heuheuheuheu.
Dompetnya udah kucel, lecek lagi.......

Atau tukang sol sepatu, yang penghasilannya sehari paling 10-20 ribu rupiah....beueueueueueu...

Secara bersamaan, si mamah juga baca, raja raja pencetak uang di bidang hedge fund ( halah...naon deui ieu teh nya....) selain George Soros ( dia di posisi ke 4 pendapatan terkaya di bidang hedge fund), penghasilannya ada yang 1,7 miliar dollar setahun....
Euleuh euleuh....buat apa ya....

Coba beliin kurupuk aci, seberapa banyak tuh......
Si mamang kurupuk sa Indonesia juga kali teken kontrak 7 turunan buat bikin kurupuk aci nya ya.....hahahahahaha.

Tahu orang lain berpenghasilan yang super duper ruarrrr biasa...naaaah, jadinya si mamah berandai andai....

Kalaulah si mamah yang ujug ujug dapet uang segitu, buat apa ya.......
Boleh kan melamun?
Di negara ini berandai andai kan bebas, tidak dilarang bukan ?...hehehehe

Pertama, yang kepikiran adalah pengen bikin sekolah dilahan yang luaaaaaaas sekali.
Sekolah yang asri, resik, komplit dengan fasilitas apapun yang mendidik.
Laboratorium bahasa, lab komputer, ada lapangan bola, lapangan futsal, lapangan bulutangkis, tenis meja, tenis, kolam renang, ruang senam.
Ada perpustakaan yang komplit dengan e-library.
Ada dapur besar buat kantin.
Ada ruang kursus, mau masak, mau jahit, mau otomotif, mau elektronik, mau berkebun, beternak,melukis, mengolah gerabah, membatik....
Aapaaaaa aja deh ada.

Guru guru dan karyawannya digaji bagus, dan harus selalu senyum penuh kasih sayang. Pokoknya anak anak harus happyyyyyy bersekolah, dan biayanya gratis atuh, da buat anak anak yang nggak mampu....
Kan sekolahnya juga dikampung kampung........

Trus, infrastruktur dikampung itu dibagusin...
Jalanan mulus, lampu menyala, tilpon ada, jembatan bagus.

Kedua...tentu saja, pengen bikin rumah sakitnya juga sekalian ( halah...dasar keluarga medis kali ya..).
rumah Sakit yang resik, bersih, nyaman, komplit......
Siapa aja boleh berobat, gratissss......
Jadi inget, baru baru ini disalah satu kota di Australia, walikotanya sampai mengumumkan : dicari, dokter yang mau teken kontrak 5 tahun mengabdi dikota tersebut, gajinya lumayan, ratusan juta rupiah perbulan, plus bonus dibayar dimuka beberapa miliar rupiah ...haduh....asyik kan ???
Dokternya nggak usah wara wiri nyari nafkah untuk keluarganya, anteng aja disitu...

Ketiga, naaaah ini, pengen bikin kegiatan yang mengaktifkan sektor tenaga kerja. Gimana keq caranya, menggiatkan sektor pertanian, sekaligus bikin pabrik pengolahannya, biar hasil tani melimpah, bisa diolah, bisa dipasarkan ...
Kan dari jagung aja bisa bikin pabrik popcorn keq, jagung kalengan keq, kue jagung keq, kripik jagung keq....
Dari ubi jalar, dari talas, dari kentang, sayuran, buah buahan ( masa import melulu???).
Dari susu dibikin yoghurt, quark, keju,butter, susu botolan, permen, coklat........

Wwaaaaah...kebayang ya....
Kampung jadi rame karena lalu lintasnya juga lancar....
Keuntungan pabrik ya buat biayain sekolah dan rumah sakit tadi........
Modal dari si mamah sih di ikhlaskan saja.......heuheuheu....
Asyik nggak tuh......

Kan sehari aja si mamah bisa dapet 10-50 miliar cenah, padahal kan si mamah cuma butuh buat makan lotek, rujak dan jus buah buahan....
Sehari bisa bikin satu sekolah tuh........
Halah....enak ya berandai andai tuh.....
Asyiiiik bin nikmaaaat.

Keempat, pengen bikin kampung itu nyaman buat anak anak...
Dimana mana banyak arena bermain.
Ada rumah pohon keq, flying fox keq, tempat bergelantungan atau perosotan atau ayunan atau bermain pasir keq...
Pokoknya, anak anak harus bergerak, bermain, bergembira.
Bergerak, biar sehat dan kelak akan jadi dewasa yang segarbugar , santun dan menyenangkan punya sentuhan kemanusiaan yang tinggi.

Duuuuuh, senengnya ya......

Kelima, bikin taman hewan sekaligus kebun botaninya juga atuh....
Biar anak anak belajar menyayangi, bersikap baik kepada sesama mahluk Allah....
Anak anak bisa mengejar ngejar kelinci, marmut, ayam, kambing.
Bisa memeluk meluk, mengusap usap, memberi makan...

Duuuuh, kebayang dunia akan aman tentram damai kalau anak anak sejak dini belajar touching dan loving ya.......

Andaikan nya........apalagi ya ???

Ayo tambahin dong ide idenya.......
Biar asyik, biar lampunya nggak cuma 10 watt dari si mamah doank.....
.
Heuheuheu, jadi inget si teteh Astrid.
Kalau mamah berandai andai...dia suka bilang...sok, sok, pasti kejadian geura...tuh malaikatnya denger langsung lagi narik ATM.....
Hahahahahaha....kata si mamah, malaikat jangan ambil ATM doooong, langsung aja transfer ke rekening si mamah.
Kan malaikat udah tahu kan nomor rekening si mamah....
Wwuakakakakakakkakaaa.....

8 comments:

Ryu`s Mom said...

Bener ya andaikan....seperti disini, anak balita untuk obat-obatan masih ditanggung pemerintah, paling hanya bayar administrasi RS nya aja. Andaikan juga klo semua pada kerja dan nggak ada yang nganggur..andaikan..andaikan..hmm kapan ya?

Anonymous said...

mamah...aku mah pengen bikin sekolah Pre-K haratis yang bermutu, warm...n friendly...:-). andaikan, andaikan... uangnya kaya si ceu oprah...:-)
Btw mah, ka baso akung, rujak jalan macan, batagor riri, prima rasa dsb ga mah....ih ngiler:-). Neng Tiara

Anonymous said...

Andaikan di depan rumahku ada tukang jualan bakso lewat, tukang sate, tukang rujak, batagor, siomay, nasi goreng lewat betapa bahagianya aku...
hehehhee..ikutan berandai-andai.

Anisa-mama Safa

rani said...

wah kalo gitu saya dukung mah. kemana ya bisa ngirim sms dukungan :P

ira said...

andai..ahh..ahh..ah..ku jadi neneng oprah.Jd,pgnn merealisasikan cita2 dr kecil. pengen punya rumah panti asuhan.Ngasuh dari kecil ampe berkualitas.
-pengen py rumah jompo yang menghantar masa tua dengan kebahagiaan..

*terus buat shopping ma jalan2...??
ngelamun lagi ah, jadi paris hilton ma donald trump*

xixixix..

lierieh said...

Bener Mah, skul yang asri, komplit, dengan guru2 yg bergaji memadai, saya daftar jadi gurunya Mah, tapi sekolahnya gratisss gimana mah guru dapet gajinya....

popsicle said...

gimana kalo bikin gerakan nasional mengkhayal? ada 220 juta ide/khayalan * 10 watt, bayangin berapa byk listrik yg dihasilkan. jadi gak perlu ada pemadaman bergilir kan :-)

Anonymous said...

Mamah neng Oprah sekarang termasuk wanita yang paling kaya di dunia, tapi dia juga banyak beramal loh. Semoga impian mamah tentang sekolah yang mamah impikan dapat menjadi kenyataan. Saya mau ikut menyumbang semampu saya..Semoga Tuhan memberikan jalan dan petunjukNya kepada mamah. Buat saya mamah adalah sumber inspirasi, seperti non Oprah gitu loh. Wass, Sujiwo.