Thursday, June 14, 2007

BANDUNG EUY

2 minggu ini wara wiri Bandung-BSD
Asyiiiik.....cuma dua setengah jam dari rumah, nyampe tujuan...

Kebetulan si mamah lagi banyak urusan, tapi ya dinikmati aja....
Sebetulnya, apa sih yang menarik dari kota Bandung sehingga konon perputaran uangnya setahun 56 T ?

Coba lihat, kalau weekend, apalagi long weekend...
Haduuuuh....
Itu jalan masuk ke kota Bandung padat merayap.
Hotel-wisma-guest house penuuuuuuuuh......
Jalan jalan macet, dimana mana mobil plat B merajalela.

Ngapain aja sih warga Jakarta ke Bandung?....
Kayaknya cuma belanja, belanja, belanja....
Dan.....makan, makan, makan.....

Buat si mamah yang masa kecil dan tumbuh dewasa di Bandung, memasuki kota Bandung sekarang.....eungap, sesak.
Koq jadi pabaliut begini ya.

Begitu keluar tol Pasteur, bagaikan laron. ratusan penghuni jalanan menyergap.
Ada yang jual peta kota Bandung ( padahal kalau adu jago jalanan di Bandung, si tukang peta kalah jauh sama si mamah sih ), ada yang jualan berbagai mainan, makanan, pengemis, yang menari nari pake topeng....
Halah.....
Harus banyak sabar banget masuk kota Bandung sekarang ini.

Begitu masuk kota Bandung, suka teringat lagu si mamah kecil tentang kota Bandung ( Bandung...Bandung...Bandung nelah kota kembang, diriung gunung, heurin ku tangtung......)...

Pokoknya kalau ingat lagu itu, si mamah pasti ngomong gini : kayaknya, pencipta lagunya, kalau sekarang melihat Bandung akan langsung mati mendadak...
Hehehehe....
Bayangin, tahun 60 an aja dia udah bilang Bandung yang indah sudah penuh sesak, apalagi sekarang....
Haduh......

Apa yang menarik dari kota Bandung?......
Waaaah, banyak banget ya....

Tapi yang utama dan terutama adalah....makanannya doooong.....
Si mamah, kalau pagi masuk kota Bandung, suka langsung ke tukang mie kocok didepan Kartikasari yang pinggir rel kereta api arah viaduct...
Duuuuh, pagi pagi, mie kocok lezat, pedes, panas.......
Luarrrr biasa...

Siangnya, selama di Bandung kemarin, ngacak makanan/
Tapi yang lagi pengen banget tuh kan cafe Bali di jalan Riau.....
Loteknya booo.....asyiiik, juga aneka rujaknya.
Pokoknya bener bener ngangenin deh......
Atau, ampera jalan Supratman......

Kemarin, nemu lagi 2 tempat , baso Enggal jalan Burangrang dan mie Banda depan kantor pos jalan Banda.

Kenapa si mamah nemuin yang enak enak ?
Hehehehehe...karena nanya adik si mamah yang kerja di Dinas Pariwisata dan Budaya kota Bandung....

Makanya dikasih seabreg brosur terbaru.
Mau jajanan, mau tempat nginep, mau tontonan, mau FO, mau gedung bersejarah, mau tempat rekreasi, komplit banget deh.

Tapi, sekali lagi, yang utama buat si mamah sih.....jajanan, hehehehe....
Abis murah meriah banget sih, dan lezat lezat lagi.

Banyak hal yang menarik terjadi dikota Bandung, beberapa diantaranya, niiih...mamah ceritain :

1. Setting di toko kue Sweetheart jalan Bbawean : baru aja parkir, nongol si mang parkir. " Damang juragan ? ", begitu sapa si akang........"Aeh......pangesto dunungan, lawas tilawas, kamana wae....?"........
Duuuuh, dialog begini nggak mungkin ada di Jakarta dan sekitarnya.
Memang kalau ketemu si mang parkir itu, yang asalnya katanya dari deket Situ Bagendit Garut, si akang suka menyapa "juragan' ( bos ), dan dia menyapa balik dengan kata "dunungan" ( majikan ).......
Dialog yang lucu dan menyenangkan

2. Setting di perempatan Cihampelas, keluar flyover dari arah Gedung Sate.
Lampu perempatan menyala merah......datang bencong bawa kecrekan tutup botol....." geuning teu uih ka Sukabumi?"....oooh, Ibu....teu acan....engke panginten......kamana wae ? si Farida kamana ?........duuuuh, dialog adikku, bi Dini, dengan bencong yang mangkal di perempatan selama lampu menyala merah, mengasyikkan....si waria bukannya pindah ke mobil lain, malah asyik aja ngobrol dengan bi Dini yang lagi nyetir........

3. Setting di perempatan ke Cipaganti...datang pengemis buta, belum juga nyampe....De, geus loba duit mentaan keneh ? ( sudah banyak uang koq masih minta ? )....." Aeh...Bapa....pan keur budak sakola, bade lulus SD ( kan untuk anak sekolah, lulus SD...).....blablablabla...katanya malah pernah berdialog begini : "bapa teh salembur sareng Nike Ardila nya ?".....lah si Ade mah, lolong tapi ka nu geulis nyaho......huahuahuahuaaa ( bapak sekampung sama Nike Ardila?....halah, kamu tuh buta tapi sama yang cantik tahu aja...)...selama lampu masih merah, kakakku uajikung(ua haji jangkung), asyik berdialog dengen pengemis buta........

Duuuuh, alhamdulillahirabbilalamin ya Rab, si mamah tuh dikelilingi sama orang orang yang nggak berdiri di menara gading yang tak tersentuh siapapun......
Biarpun si akang sedang mengemban amanah yang tidak terbayangkan oleh si mamang parkir, asyik aja dia berdialog tanpa batas.
Biarpun uajikung konon katanya dikenal sama seluruh pegawai di Gedung Sate, mulai tukang jualan, OB, bahkan jajaran petinggi Pemda, dia asyik aja bertegur sapa dengan pengemis buta di perempatan jalan.
Biarpun bi Dini itu dokter yang doktor dan memegang 11 jabatan ( haha..wonderwoman pisan ), bahkan bentar lagi profesor, bisa uplek ngobrol sama waria, pengemis dan gelandangan pinggir jalan..........

Alhamdulillah ya Rab...
Banyak sekali yang bisa si mamah lihat, untuk tetap rendah hati, santun, pengasih penyayang kepada semua mahlukMu....

Semoga Allah senantiasa menjaga kalbu orang orang disekitar si mamah, untuk tetap bisa terjaga indah, amin.

12 comments:

NdaH said...

waduh ceritanya seru ya mah
jadi pengen ke Bandung oey

debbie said...

huhehehehe...saya salah satu mahluk jakarta yang long wiken kemaren menuh2in bandung. Kesel sendiri juga akhirnya dgn macetnya bandung yang gak kira2 :((
tp hawa bandung emang beda, I feel home gitu, selalu kangen mo kesana. Suami ku aja kalo kesana mendadak terkena penyakit malas, maunya leyeh2 :D

pacarterbang said...

mampir ka saung abdi atuh upami ka bandung teh tante

Tiwi said...

Hebat deh Wonder Woman ala Bandung...ibarat bulir padi makin berisi makin nunduk ....

salma said...

Th 87 aku pernah ke Bandung, skg udah lupa kek apa ya?
Mama nih nganter Arka atau wisata kuliner? hihihi.
Wah mah uda jarang keknya yg begitu ya... org yg msh mau berinteraksi sama wong cilik, msh mau bertegur sapa.. banyak aku liat org sini tuh udah buang muka kalo liat yg ga selevel tuh... kumaha atuh hahaha

Ina said...

Amiiin ya mah
tapi bener mah, da saya mah gak nemu tingkah akayak giotu di jakrta, pokonamah di Jakarta teu curiga mah rada-rada..siapa dimangsa
Tapi mun pas ka Bogor, aduh, suasana meni benten...betah lah!

TomInta family said...

Bandung biar dilingkung gunung heurin ku tangtung, ayeuna teh dilingkung outlet heurin ku jelema nya Mah ;) hehehe
tapi buat Inta mah tetep ngangenin, da ada ortu,mertua dan sanak saudara disana,
da ada jajanan yang ajegile enaknya hehehehe,
Btw, mamah resep lotek? tos nyobian lotek Paranti di jalan Cilentah? pengkereun bumi mam+pap Inta, atanapi lotek di jalan Macan?
nu di jalan Macan pan sapertos cafe Bali oge icalanna mah, aya sarupaning kolek, rujak jeung sajabana.
tangtos Mamah uninga nya Mah..
pami ka dinya...emut2 Inta nya Mah ,)

indie said...

Mamah Ani, jadi kangen Bandung nih. Kumaha atuhhhh? Bi Dini itu benar2 mempraktekan ilmu padi semakin berisi, semakin merunduk. Salut deh.

lierieh said...

aduh leres pisan Mah, bdg teh heurin ku tangtung skrg mah, FO, Mall nambihan macet, kalo musim libur meni sesah bd nyebrang oge

Ryu`s Mom said...

Rendah hati bergaul dengan semua kalangan, udah jarang ya Mah sekarang...duh tante Dini top banget ya, jarang deh yang kayak gini. Sangat-sangat patut untuk dicontoh..btw sama kan sama Mamah Ani juga sifatnya?...*smile*

Lia said...

Sirik deh sama keluarga si Mamah...meni resep, humble pisan nya. Salut da sama Ibu Bapaknya yang bisa mengantarkannya menjadi orang-orang yang Hebat. Alhamdulillah

bundanya i-an said...

cerita ttg bandung dikala liburan yang full macet emang bener pisan.. sebagai orang yang tinggal di bandung di daerah gunung (bandung utara).. haiah kalo long wik-en kagak bisa turun gunung euy.. heurin pisan teu bisa usik teu bisa hitut...ha..ha..ha..