Tuesday, November 07, 2006

LEBIH BAIK MANA, BATALYON 805 ATAU BATALYON 992

Yang ini sih tentang PNS, Pegawai Negeri Sipil.

Akhir akhir ini, obrolan dikantor , kantor pemerintah nih, rada rada rame.
Mungkin karena adanya tuntutan perbaikan sistem dalam kepegawaian PNS, termasuk didalamnya perbaikan kualitas seorang PNS.

Biasanya topik ramenya selalu tentang jam kerja, dan diberlakukannya sistem reward dan punishment.

Sudah menjadi rahasia umum, kebanyakan PNS dicap memble.
Dan pimpinan yang paling atas dari seluruh PNS juga kayaknya udah mangkel banget dan gencar melakukan banyak cara untuk memperbaiki kualitas kerja PNS.

Kita juga tahu, banyak yang menyindir PNS sebagai batalyon 805.....
Datang jam 8, prestasi atau output nol dan pulang jam 5 sore.......

Selama dikantor bukannya gawe, malah asyik ngobrol, ngrumpi, bergosip, menebar fitnah, baca koran, isi TTS, bahkan ngutak ngatik angka togel, ngobrol soal mistik, teteleponan atau main internetan, dll dll...

Pokoknya, kehadirannya malah menjadi beban negara yang harus bayar listrik untuk AC dan penerangan.
Juga harus bayar tagihan tilpon, harus bayar kertas yang dicorat coret dll dll.......

Gimana segh ??? kerja kagak malah negara harus bayar atas segala fasilitas yang dipakai PNS......
Blum lagi nambah kemacetan dan nambah pemakaian BBM.......
Weleh, weleh........

Adakah PNS type batalyon 805 ???
Jawabannya jelas ada.
Banyak ? mungkin juga....
Bahkan nggak jauhjauh, tengok saja teman atau relasi sekitar.....
Banyak koq yang menjadi anggota batalyon 805

Dan sayangnya...type begini yang sering diliput dan disebarkan media.
Makanya citra PNS menjadi memble....,
Kayak peribahasa aja, karena nila setitik, rusak susu sebelanga
Eh...ini mah nilanya nggak setitik...sebaskom kali....hehehehe

Yang lain lagi, namanya batalyon 992 atau 991..
Whateverlah.......

Wuiiiih keren euy yang ini mah.....
Datang jam 9, trus ngadukduuuuuuk kerja, lupa makan, lupa minum.
Makanya outputnya atau prestasinya dinilai 9 ( nggak boleh 10 ah...pamali...)....

Kelompok ini banyak juga.......
Kalau kerjaannya habis, selesai, jam berapapun, mereka langsung pulang atau nyambi ditempat kerjaan lain........

Jam 14 sudah matiin listrik, matiin AC dan....balik kanaaaaan, grak !....pulang......
Teroreroreroreng, kata Dee Dee mah begitu......

Yang ini,jauh lebih bagus dari batalyon 805 ditinjau dari segi kualitas kerja, output yang ditampilkannya...
Pokoknya kerjaaaaaa terus.
Kalau nggak ada kerjaan lagi, daripada ngrumpi, main internet kantor, teteleponan, memperbesar tagihan listrik kantor, mending........mari pulang, marilah pulang, marilah pulang, bersama sama....

Sebenernya ada lagi batalyon 797 atau 799.....
Wwuuuuiiiih...yang ini mah jarang banget deh.....datang jam 7, prestasi kerja9, kerja terus sampai jam 19 atau jam 21, atau bahkan sampai tengah malam buta......

Nggak peduli mau dibayar lembur atau nggak, nggak peduli mau direward atau nggak...
Pokoknya kerjaaaa, kerjaaaa, kerjaaaa....

Bahkan Sabtu Minggu juga gawe aja tuh....
Ini mungkin kelompok workaholic yang kebetulan nyasar jadi PNS ya......
Pokoknya standing applaus dong buat yang satu ini.....

Walaupun jarang......ada lho yang begini di PNS....
Beneran ada dan aku tahu banget.
Bahkan ada yang berangkat kerja dari rumah selepas subuh dan sampai rumah lagi jam 22....
Hebat lah....
( Lebih dari 21 tahun kerja melayani para peneliti, aku tahu pasti banyak yang model begini di lingkunganku.....tahan seharian tuh dibalik komputer atau didalam laboratorium, bahkan ada yang ibunya meninggalpun susah dihubungi, abis ngumpet didalam laboratorium terus siiiiih)

Gimana sih caranya supaya batalyon 805 tumpas ?
Tumpur ?
Diberangus?
Dilenyapkan ?
Dibasmi?
Atau apa lah istilah lainnya ?

Kayaknya udah mulai tuh program pemberangusan batalyon 805
Dimulai dengan analisa jabatan.
Jam berapa sih dia datang ?
Trus ngapain aja sih ?
Berapa lama sih dia melakukan suatu hal ?
Dari situ akan ketahuan kan....
Sebetulnya prestasinya nggak seberapa.......

Kalau prestasinya kecil,sebetulnya dia kan nggak dibutuhkan.
Ya dipulangkan saja atuh, dirumahkan istilahnya sih, dari pada merugikan.

Aku juga baru tahu, kalau seorang PNS itu kalau prestasinya kecil, bisa dirumahkan sampai tiba saatnya dia bisa dipensiun dini.

Dirumahkan, artinya tetep PNS , dengan gaji yang , kalau nggak salah, cuma dapet 25 %, nunggu waktu sampai boleh pensiun, yaitu ketika usianya 50 tahun dan masa pengabdiannya sudah 20 tahun lebih.
Buat negara, lebih murah dong ketimbang batalyon ini tetep ngantor.
Kalau tetep ngantor, malah merugikan bukan ?
Pake listrik, pake tilpon, pake kertas, mengganggu yang kerja, mengajak jalan jalan temen yang sebetulnya banyak kerjaan , dll dll.....
Dilihat dari segi apapun, batalyon 805 mending dirumahkan, bukan ??

Bagaimana dengan batalyon 992 atau 991 ?

Halah....yang ini mah kayaknya kudu dikasih aja atuh beban kerja lain.
Udah bagus koq kerjaannya.....
Atau...dibuatkan aja aturan lain yang mengikat, heheheheheh.....

Boleh pulang jam segitu dan kerja ditempat lain ( daripada bete nungguin jam pulang )....tapi...blablablablabla.......
Siapa tahu malah ada pemasukan lain buat kantor....iya nggak ???...
Kudu ada peraturan baru negh., .....yang menguntungka semua pihak, terutama menguntungkan negara...

Ada pendapat lain ???
Diapain tuh batalyon 805 ?
Diapain pula batalyon 991 atau 992 ?

Anda menjadi anggota batalyon mana ???
Jangan jangan ada anggota batalyon siluman....heuheuheu....

Terdaftar jadi anggota...tapi nggak pernah masuk kerja, kecuali saat gajian.....wuakakakakakakka....
Ini paling parah.....
Jangan hanya dipulangkan atau diistirahatkan yang begini mah....
Harus mengembalikan duit negara atuh.......

Masa kita rame rame fokus ke koruptor yang diatas....
Tuuuuh...dibawah juga banyak tikus got model begini....
Itu koruptor sejati menurutku sih......
Bertahun tahun menjadi PNS, nggak pernah nongol kerja, tapi gaji diambil terus.....
Gimana segh ???????

Bukan salah dia aja juga siiiih...
Itu atasannya tahu nggak segh ?
Koq didiemin aja ya......

Grrrrrrkkkkkkhhhh.......

12 comments:

ira said...

he2..lima taon jadi pns, baru tau ada klasifikasi per batalyon gitu..he2.truz, masuk kelompok mana..he2..tergantung sikon banget..kalo lagi siboek..bisa masuk kelompok yang pulang malem, tapi kalo ada perlu jemput anak (pa lagi kalo teteh2nya mudik..kadang 805 aja dah..atau 863..huakakak..

Mamah Ani said...

hehehe...neng ira...masuk katagori normal atuh nya...umumnya memang begitu, bergantung sikon...kalau nggak ada bibi...ya jadi batalyon siluman tea...heuheuheu
kalau banyak beban kerja......lembuuuuuur terus, tanpa dikasih tambahan gaji lagi.....kuaciaaaan deh ya....

Larasati said...

wah yang sip jadi batalyon siluman, ngasih tugas ke satpam bwat nanda tanganin daftar hadir cukup ngasi 50 ribu sebulan, trus kerja ditempat lain...untungnya gede bo'...

Bunda said...

Mamah Ani...ada2 aja wakakak..ha...ha..dulu waktu di Ind 1o th jadi PNS pernah nyobain ke 3 Batalyon he..he...makasih akh tulisannya menghibur dan bahan intropeksi diri...Ayooo PNS aku mah sudah mundur nih.

tyka82 said...

*angkat tangan setinggi kepala, dilebarkan sejajar bahu*

alhamdulillah saya bukan PNS.

ExeCute said...

Kayaknya ada yang tersungging neeh
*celingakcelinguk*
Yang PNS ngacung.... :D

Mamah Ani said...

hehehehe...tararengkyu buat yang udah baca, apalagi yang ngasih comment.....please, baca juga dong postinganku tentang PNS-Pegawai Negeri Sipil
alhamdulillah banget...aku 25 tahun jadi PNS, diseputarku juga banyak PNS jempolan, makanya aku suka gemeeeeesssss lihat batalyon 805.....apalagi batalyon siluman....ada lho...

Ahyani Raksanagara said...

Halo komandan..
Lapor saya batalyon gerilyawan dan gerilyawati.
PNS sejati yeach...!!
Jam 6 sudah dikantor, sambil bernyanyi membuka jendela ruang kerja. Tutup jendela paling cepat jam 18, sepanjang hari wara-wiri nyelusup kemana-mana.terkadang harus melembur...demi apa???
Gak ada yang nyuruh dan gak ada yang nakut-nakutin, emang begitu kudunya.Alhamdulillah masih ada PNS jempol di kantorku, mereka termasuk gank ku....Moto kami :"bekerja, belajar, gembira.....!!"

pacarterbang said...

katanya :

9-5 membuatmu bertahan hidup, tetapi biasa-biasa saja.

5-9 membuatmu sukses, dan luar biasa :)

tentu saja buat yang memanfaatkan waktu jam 5 sore hingga jam 9 pagi untuk meningkatkan kualitas hidup.

tapi logika PNS saya ngga ngerti, belum pernah..dan kayaknya ga ada peluang jadi PNS :)

Ophi said...

ahahah mamah ani bisa aja..untung saya belum PNS hihihi..

bener mah eta yang siluman, misalnya yang lagi di LN hehehe (eh tong kasepet nya nu di LN, ini mah menambah khasanah postingan mamah ani sajah)

Tapi ada juga yang jempol, di LN tapi dia ga mau ngambil gajinya, karena tau sudah lama di LN dan tidak nongol jadi bertanggung jawab tidak mengambil gajinya, tapi ehh gajinya ternyata diperebutkeun dan diambil ku batur..

pernah oge nya aya nu cuti di luar tanggungan, pas pulang diblg ini gaji masih ada, selama 4 taun gimana? akhirnya ama beliau disumbangin weh ke yang ga punya semuanya...tah eta baru jempol nyaaa

okeh lah mari atuh kita tingkatkan kinerja PNS...alaahhh saya ge honorer ti 1999 teu diangkat2 yeuhhh hihihihi

amethys said...

waaa....mamah, saya juga bekas PNS, abis mah...kan ada istilah p4? pimpinan pergi pegawai pulang...
Tapi emang banyak seh yg hobbynya tidur di kantor, ato absen trus kabur dan absen lagi pas jam pulang..tapi temanku yg peneliti dia rajinn banget...kayanya jarang beranjak dari lab nya...
Sekarang bidang saya ganti jadi tukang roti....he he he...harus kerja dan break time nya juga harus tepat....:p

y@t said...

lapor,dan...
sayah masuk batalyon 805 bukan karena malas tapi maklum msh cpns jd ga tau mo ngerjain apa tp mudah2an dalam waktu dekat ini bs pindah batalyon,mumpung msh smangat 45 nih hehehe
eniwei tengkyu nih mah dah "nyindir"...