Monday, November 13, 2006

DUA KUTUB BERBEDA

masih ingat postinganku tentang : MENULISLAH TERUS.....?
aku kan bilang......aku seneng blogwalking,karena baca baca buah pikiran atau isi hati para bloggers yang notabene masih araranom, muda usia, seumuran si teteh lah, ternyata cihuy cihuy.....asoy geboy dan bermutu lah ( ini mah bermutu asli berkualitas, bukan bermutu bermuka tua...hehehe )
cara bertuturnya berlainan dan menarik, bahasanya enak diikuti, alur ceritanya mengalir manis, isi tulisannya woooouw...keren abisss
aku sih seneng, bangga dan menaruh harapan besar, kelak, kalian akan memimpin bangsa ini dengan hati yang terjaga indah, pikiran bernas yang terjaga apik, wawasan terbentang luas, dan tindak tanduk yang amat terpuji....ya kan, ya tokh, bener kan, bener tokh ? ( bacanya cepet kayak si susi OB...heheheh )

tapi......disudut sana....disisi yang lain....aduuuuuh., gimana ya...koq araraneh gitu....gimana atuh cara menolongnya agar mereka nggak gitu gitu amat, nanti kan malah membebani para bloggers yang baik baik ketika harus berkiprah dilapangan bebas, suatu saat kelak....
si bibi entin baru balik dari mudik....kampungnya dicianjur selatan sana...pokoknya naik angkot dari cianjur ke selatan selama 4 jam, trus dari pinggir jalan naik ojeg bayar 30 ribuan ( pasti jauh pisan kan ? ).....katanya, anaknya kelas 2 smp mogok sekolah....ogah sekolah kalau nggak dibeliin...motor.....eudeuh......, padahal tahun lalu juga rungsing mau hape......udah dibeliin malah sekarang minta motor.......buat apa coba ? keur naon geura ?? gaya gayaan ? gengsi gengsian ? mau ngejiret cewek cianjur ? mau trek trekan ??...mending kalau dipake ngojeg mah, ada duit penghasilan buat nyicil motor.......ini mah kebanyakan kan cuma buat gaya doang.....jadinya banyak bebek dimana mana ( iiiih...jadi inget si komeng....makin gila aaaaaja dia....hahahahaha...inget iklan bebek ???)
juga ada pa sanip, tukang kebon....anaknya yang cewek, hebat, bisa nembus universitas gajah duduk ya.....tapi yang cowok ? pengangguran, pemabok, tukang nyimeng dan mutauw, kalau ada dangdutan dikampungnya selalu jadi biang onar.....baru baru ini juga ngamuk ngebantingin semua perabot rumah, gara gara pengen....motor......aduuuuuuuh..piye iki ???
kenalan kantorku juga, anaknya kelas 2 sma mogok sekolah, malah genjrang genjreng mainin gitar dengan nada ngaco bikin telinga jadi bersih ( hihih....kotorannya jadi racleng, keluar sendiri gara gara ada bebunyian merusak frekwensi gelombang suara....hahahahha )
koq ya jadi pada matre begini ya.......udah mah ortunya pada susah...kerja banting tulang buat nyari makan dan sekolahin anak anak......eeeeh, si anak malah pada pengen motor, hape, dll dll cuma buat nampang doang........sekolah malah pada mogok.....

miris mikirinnya juga....bagaimana nanti barudak nu karasep, gareulis, garanteng, balageur, palinter, menghadapi kelompok yang kelak, suatu saat mereka juga akan tumbuh kembang juga kan ....jadi apa pula mereka kelak kalau nggak ditolong dari sekarang....
gimana atuh nolongnya ya.........
coba....ada yang punya ide ???
lagi lagi inget dik doang ya.....dia merangkul banyak anak anak yang "terpinggirkan", anak anak yang nggak punya kesempatan buat berkembang dengan seharusnya dan sebaik baiknya
hidup dik doang lah.......
kita juga bisa jadi seseorang yang berkontribusi positif, agar kedua kelompok yang berbeda kutub saat ini ( dilihat dari segi kualitas dan peluang ), suatu saat kelak tidak saling menyedot energi, karena mulai dari sekarang, yang pinter bantu yang bodo, yang kaya bantu yang miskin, yang beradab bantu yang atah adol......
sok atuh...derrrr ah....

2 comments:

pacarterbang said...

blogger dari desa IDT yang kekeringan, hehe..itulah saya tante.

iya, saya juga kadang kuatir. sekolah setinggi langit..apa nanti bisa bermanfaat buat orang-orang miskin di kampung. buat keluarga saya sendiri yang tidak kalah miskinnya...

ndew said...

habis kata tipi ya mah, yang keren itu yang punya motor sama hape sama punya orang tua yang sanggup ngebeliin sih.
coba kalo kata tipi yang keren itu yang tamat sekolah, dan bisa dapet kerja yang baik, dan bisa beli motor sama hape sendiri mungkin jadinya lain.