Saturday, November 11, 2006

DO, WHAT YOU CAN !!!!!!!!!!

Do, What you can !!!!!!!!!

Dengan tegas Oprah menyerukan satu kalimat diatas sesaat sebelum acaranya ditutup tadi pagi menjelang siang di metrotv.

Acaranya Oprah Winfrey ini merupakan salah satu tayangan favoritku, disamping pulang kampung, rejeki nomplok, bedah rumah, bedah sekolah, jalinan kasih, tali kasih, lunas...
.( ....hehehehe...tontonannya nggak "lepel" kata si uming sih...heuheuheu.....)

Yang lainnya ya model ceriwis dan yang kudu nonton mah pasti extravaganza ( aku suka banget sama si aming dan sogi...bisaan euy menjalankan peran apapun, penghayatannya akan peran juga ok banget )

Abis, mau nonton acara apa di tv coba.....
Kakakku kemarin baru complain, sulit nyariin tontonan bagus dari tv buat cucunya....
Pas ada cucunya, ya udah, pindah channel lihat tom jerry aja deh......
Eeeeeh, si jerrynya ditakolin palu ama si tom sampai gepeng kepalanya.......
Udah gitu si tom dijambakin pula sama si jerry.....ajouwwww...ajouwww.....ajouuwwww......
Kumaha ieu teh atuh nya....

Kembali ke teriakan nengOoprah di akhir acaranya tadi....
Hanya satu kalimat, tapi gaungnya masih adaaaaa aja sampai sekarang, udah berjam jam....

Apa atuh yang bisa aku lakukan ya.......
Mulai dari mana.....
Pengen kontribusi positif buat peningkatan kualitas hidup masyarakat.....

Ceritanya, tadi ditampilkan perdagangan anak untuk bisnis seks....
Aduuuuuuh, ampyuuuuuun Gustiiiii, masa ada anak 7 tahun udah dijual untuk esek esek ??
Dimana hati nuranimu ?

Penjualnya, lagi lagi nggak usah heran deh..
Biasanya, ortunya yang kepepet ekonom
Calonya biasanya bibinya, uanya, tetangganya, tetehnya, pokoknya mereka yang si korban kenal.
Kebanyakan, perempuan tuh calonya juga.........
Aduuuuuh...kumaha ieu teh ??
Kalau nggak bisa merawat anak, kenapa hamil atuh nya....
Udah mah miskin, anaknya ngaburudul lagih....
Nggak mau KB apa

Jadi inget, awal 80 an, ketika itu masih gencar, ramai dan sukses program Keluarga Berencana.

Sekarang ????
Kemana ya program itu ???
Kebanyakan masalah kitu ?
Jadi program KB terabaikan.......

Lieureun meureun pamarentahna oge..
Belum selesai demam berdarah, datang muntaber, datang lagi SARS, datang lagi polio, datang lagi flu burung, .....
Hayoooooh wae kita dirempug dari berbagai penjuru oleh berbagai masalah.....

Itu baru dari sektor kesehatan...
Belum sektor pendidikan, kesejahteraan, ekonomi, hukum, keamanan, dll dll dll.......
Aduuuuh kasihan banget pak SBY ya......
Jangan sampe deh kepalanya ngabeledag pecah..
Bbyarrrrr...saking banyaknya masalah yang mampir di kepalanya....

Amit amit Gustiiiiiii.....namanya juga manusia, ada batas kemampuan menahan kesabaran dan menampung beban ..........

Kayaknya....ini mah pendapat pribadi, nggak ada di textbooknya........
Masalah dikita itu udah kayak benang kusut.
Banyak cucian dimana mana, banyak yang harus diberesin, sementara energi pekerja udah nyaris habis.
Udah sulit milih yang mana dulu yang harus dibenerin.

Belum lagi , kebanyakan yang berkaor kaor atawa berkoar koar yang bisanya cuma ngomong dan teriak doang ( ini kebanyakan energi atau apa ya???).
Sehingga yang mau gawe juga jadi geugeumeueun...( apa ya bahasa indonesianya......ragu, canggung, waswas, takut campur aduk jadi satu, itu namanya geugeumeueun....)..

Akibatnya, nggak mulai mulai kerja, sisa energi yang mau dipake gawe, malah habis ngeladenin yang berkoar koar terus...
Gitu kali ya....
Jadinya....ya....energinya makin habis, dan masalah makin bejibun, orang yang mau gawe makin minim.
Malezzz ah....
Direrotin melulu siiiih, mending gawe buat mikirin badan sendiri aja deh, nggak usah lagi gawe untuk kepentingan orang lainnya...........
Siga lingkaran setan jadinya.

Siapa jadi yang mau kerja atau mikirin orang lain kalau begitu sih ????
Yang berkoar dan brerotin ??
Mana mau...
Bisanya kan biasanya cuma ngurangin energi orang doang , bukan ngasih energi atau membangun energi bersama.....

Makanya, begitu mendengar tadi...
Do, what you can !!!.......
Dijabarkannya kali begini...kerjakanlah apa yang bisa kita kerjakan untuk menyumbangkan sesuatu yang berarti positif bagi yang lainnya.

Bisa jadi what you can nya itu adalah "diam"...alias "balem"...
Karena kalau ngomong teruss....cyappe deeeeh....begitu kali bagi yang mendengarnya......

Udah kebanyakan orang yang pinter bicara siiiiih....makanya nggak ada yang gawe gawe jadinya.....

Coba deh bayangin...kalau dirumah ada yang gambreng satuuuuu aja.....males kan ??
Atau kalaupun digawein juga hasilnya, kualitasnya adalah asal asalan bukan ??

Gimana kalau yang gambrengnya banyak ?
Atau lebih banyak dari yang gawe ??
Please...bitte.....diem kali ya......
Jangan dikit dikit, rame, dikit dikit, rame......
Bener bener cyyappeee deeeeh, dengernya juga

Jadi pada males mau do something nya juga....

Aaaaaah, aku mah mau balem aja ah, mau nggak ngasih comment dulu deh sama tindakan atau keputusan yang diambil siapapun.........
Abis, kadang kadang kita teh sok kepinteran, ikutan ngomentarin berbagai kebijakan.
Kayak kita itu udah menganalisa, mempelajari, punya pengalaman yang jauuuuuuh lebih banyak dan lebih bagus dari yang kita komentari.....

Kita itu suka guminter, mengira yang ngambil kebijakan atau ngambil tindakan itu nggak mikir atau nggak mempelajarinya dulu....
Ssrrroooooot aja langsung dicecar.

Kita suka arogan, menganggap yang dikomentarin itu si bolot bin belegug.....halah.........
Atuh jadi geugeumeueun deui wae.....
.
Kan udah ada yang bertugas menjewer atau memberi tuntunan.
Kenapa kita harus ikutan sok guminter ya........
Heuheuheu...jadi inget obrolan dikantor atau kantin atau dimana aja...
Biasa lah....obrolan cacing cau mah suka lebih seru daripada pakarnya....

Kayaknya , yang berargumen dan berbantahan itu jagooooooooo banget......
Lihat aja bahasa tubuhnya juga ikut "bercerita" untuk meyakinkan argumennya.
Mulai dari gerak tangan, gerak kepala sampai kaki, gerak mata, gerak bibir ( kunyam kenyom...heheheh )

Aku mah mau listen dan learn aja dulu deh ( udah baca postinganku tentang LLC blum ?)....
Mungkin itu saja juga akan membantu mengurai benang kusut....
Biarin aja yang mau mengurai benang kusutnya dikasih tempo anteng, tenang........
Dia juga kan mau ikutin ajakan...DO WHAT YOU CAN..... dengan caranya dan dengan kemampuannya.
Percaya aja deh ah...

Siapa tahu, berbagai masalah akan mulai kelihatan solusinya, kalau kita juga rame rame mulai belajar balem, menutup mulut, tapi membuka hati dan pikiran, trus bekerja dalam diam henteu recet alias raong...

Tuh si Ricky Martin, diem diem udah bikin ratusan rumah buat korban tsunami.
Juga ada penyanyi kondang lainnya udah bikin puluhan rumah buat si miskin.
Atau di Jurangmanu juga nggak jauh jauh dari jakarta , ada Dik Doank yang diem diem bikin sekolah alam, gratis buat anak kampung sekitarnya.......
Masih buaaaaanyak koq yang sudah berkontribusi positif dalam diamnya.....

Hayu atuh ikut ajakan neng Oprah Winfrey.......

Do, What you can.!!!!!...........( hehehehe....tapi ulah galecok wae atuh nya....)

4 comments:

Ahyani Raksanagara said...

rumus AA Gym boleh juga tuh 3 M;mulai dr diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai saat ini juga. Kalau bisanya mindahin kerikil,ya pindahin aja satu satu.Jangan bilang "He..itu ada batu gede dibiarin aja...siapa sih yang tanggung jawab ? stupid banggget...!" Gak model lah...derr ah,memulai perubahan dari yang kecil.apa aja...kekerasan terhadap anak, terhadap perempuan, naon wae...sok lah.....!!
Kata guru anak saya orang ada tingkatannya : bisa bicara, bisa berpikir, bisa bertindak yang lebih tinggi lagi bisa berbuat yang inovatif..siip lah...!!!

mimimama said...

do what i can? uhmmm... i can daydream, and i can procrastinate too, yay! :D

Vina said...

Salam kenal Mamah Ani.. Liat comment & message Mamah dimana2, penasaran akhirnya mampir jg nih.. Kpn2 mampir ketmptku yaah. Jd inget ibuku nih, seumur sm Mamamh kynya.. :D

the enigma said...

nuhun tos mampir deui di blog sayah, insya Allah ngalukisna jalan terus. mangga atuh mah