Tuesday, October 31, 2006

SOK TAU

Halaaaaah....baru aja lebaran....malu banget sama Gusti Allah....
Ggara gara aku sok tau....

Mau tau ceritanya.....
Gini niiiih..

H+5....masih males masak, bibi blum balik.....
Jalan ke pasar aja ah, cari yang siap saji...

Di pasar modern bsd ada spanduk bertulisan sate solo, tongseng. tengleng....huuiiih...apaan tuh tengleng...yang aku tau cuma teleng....heheheheh..
Itu lho juling....

Mas masnya kelihatannya asli solo, ramah, penuh senyum, nawarin sate...
Ya udah pesen aja 40 tusuk..
ibu silakan belanja dulu ...
Ok deh....

Setelah belanja...ternyata sate blum dibakar juga....
Ibu monggo duduk dulu ya...
Mmasih ramah tamah juga tuh si mas mas.....
Ogah duduk ah, haseup....banyak asap...

Balik lagi....eh....blum siap juga, padahal nggak ada pelanggan lain tuh....
Monggo bu...sebentar lagi....

Ya udah tungguin aja....
Si mas masih bakarin sate, bungkus, ngasih kecap dan naburin merica ( ???? itu kali khasnya sate solo ya )......

Pas selesai...ini bu, monggo..
Lha piye iki mas, kumaha ieu teh.....koq cuma 20 tusuk, kan pesennya 40 ?
( teringat para pemuda dan ponakan lelaki yang pasti rakus makan sate kambing ....20 mah kurang pisan atuuuuuh....).......
iya bu...cuma 20 tusuk...itu masih belum ditusukin yang lainnya, pegawainya blum pada datang, ini juga repot dll dll seribu satu alasan ( lain ti tadi atuh ngomongna nya)........

Lha itu bakar punya siapa..
Ada pelanggan lain bu....
Masih tetap ramah tamah dianya teh.
Nggak ngrasa salah tuh...boro boro minta maaf........

Whaduh...
Dalam hati udah ngedumel panjang pendek....
Dasarrrr...pantesan indonesia nggak maju maju...
Public service payah.

Mulai level bawah nggak bisa pegang komitmen, janji palsu, ngurus sate aja nggak becus....bla bla bla..bla bla bla....
Hooooy...ini baru lebaran, udah nggak sabaran dan ngedumel lagi ya......
Atuda ujian kesabarannya aneh aneh...
Terjadi dimana saja , kapan saja dan oleh siapa saja....mulai hal remeh temeh banget......

Untung suamiku lagi sabar ( hehehehe...biasanya dia yang lebih galak ....kali puasanya berhasil ya....wuakakakakaka )...
Udah lah...rejekinya kita segitu kali, kita cari makanan lain saja......
Aku sih masih nasteung.....masih panas beuteung.....

Aneh ya..nggak bisa pegang janji, nggak becus melayani, nggak ngerasa salah lagi, cengengesan terus lagi, ngomongnya masih halus lagi....bener bener nggak punya nalar ( baca nggak postinganku yang " kehilangan nalar " ? )

Pas makan satenya dirumah....
Busyeeet
Ku tertipu lagi..hwoooooo.....tukang sate buaya darat.....hahahaha...
Itu sate...kalau aki aki yang makan ,bakal copot tuh giginya....
Asli alooooot bin liat banget........bener bener nggak bisa digigit apalagi dikunyah......
Amit amit deh beli kesitu lagi, mending sate bhaliboel didekat st ursula sana, sapinya katanya dibawah 5 bulan, jadi dagingnya empuk banget.......
Iiiiih manusia itu kanibal bukan ya...masa orok sapi aja udah dilahap ???

Pesan moralnya.....jangan sok tau...hehehehe....
Aku yang ngedumel panjang pendek akhirnya insyaf...
Makanya dikasih sate sedikit itu Allah mah udah tau, itu teh dagingnya jelek, alot, liat, rugi beli banyak banyak......udah..nyoba dikit aja dulu.....
Begitu kali kata Allah teh...

Manusia suka merasa punya rencana hebat
Ketika yang terjadi nggak sesuai rencana, suka marah, kecewa, kesel, ngedumel, sedih, merasa gagal , paling apessss dll dll....

Padahal ...Allah lah Yang Maha Sempurna, Yang Tahu mana yang teeeeerrrrrrbaik buat kita bukan ???

Astaghfirullahaladziiiiiiim...baru aja lebaran......ampuuuun Gustiiii....
Bahkan dari "membeli sate" juga kita bisa mendapat pelajaran bukan ???

1 comment:

si bedegong said...

mengenai ekonofisika, mangga ditingali di dieu : http://en.wikipedia.org/wiki/Econophysics

kinten-kinten, abdi diajar anu sapertos kitu tante