Sunday, December 14, 2008

HARI IBU

Hari Ibu ? Ngapain ya ?.....
Di Indonesia, pada Hari Ibu biasanya sih berjalan seperti hari hari biasa aja tuh....
Masak, nyuci, beres beres, nyetrika, belanja, ngurus anak dan suami, ngantor, pleueueueus beribu kerjaan remeh temeh tetek bengek lainnya...

Hari Ibu di Indonesia kan beda banget dengan Mother's Day.
Kalau 22 Desember kan riwayatnya juga bermula dari semangat kaoem perempoean Indonesia yang berkongres untuk menentukan sikap, ikut berjuang bersama kaum laki laki dalam merebut kemerdekaan dan mengambil peran dalam berbangsa dan bernegara.

Jadi, 22 desember adalah justru hari semangat, bukan hari leha leha dengan pemanjaan khusus. 22 Desember adalah hari yang menggugah para Ibu untuk kembali menata langkah dan sikap, memantapkan energi, menyatukan kekuatan dan kemampuan.

22 Desember adalah hari yang mengingatkan kaum perempuan untuk tetap tangguh mandiri, bertanggung jawab, berjuang sepenuh jiwa raga, penuh kasih sayang mengemban tugas sebagai Ibu yang mempersiapkan anak anak memegang kendali dimasa depan.

Entah kenapa, setiap ingat peran Ibu, yang teringat olehku diantaranya adalah perjuangan Siti Hajar .
Berlari bolak balik tujuh kali, dipanggang terik matahari, antara bukit Saffa dan bukit Marwah, hanya sekedar mencari air untuk anaknya tercinta, Nabi Ismail .

Siti Hajar, lambang perjuangan seorang Ibu yang berikhtiar sekuat tenaga dengan penuh harap dan doa, pleueueues rasa tanggung jawab dan kecintaan yang luar biasa atas peran sebagai ibu.

Ibu, adalah pembentuk utama jiwa raga seorang manusia.
Akan jadi bagaimana seorang embrio manusia kelak, ibulah yang terutama menentukan, sejak didalam kandungan.

Ibu, adalah lautan kasih sayang yang tiada batas.
Selalu penuh cinta.
Dalam setiap sel tubuhnya deras mengalir rasa cinta yang sungguh luar biasa.

Ibu, adalah sosok tangguh yang mempesona.
Penuh daya juang, menyiapkan sosok masa depan yang akan mewarnai dan mengendalikan dunia.

Ibu, adalah samudra keikhlasan yang tiada tara.
Ikhlas menjalankan peran ibu sebagai tanggung jawab peran membimbing anak menjadi manusia dewasa yang penuh manfaat.

Ibu, adalah oase pengorbanan yang mengagumkan.
Panutan dalam berkorban, senantiasa mengesampingkan kepentingannya demi kelangsungan hidup anak tersayang.

Ibu adalah sumber cinta yang menakjubkan.
Dalam setiap tatapan dan sentuhannya mengalir doa dan harapan.
Dalam setiap detak jantungnya dan helaan nafasnya, terpancar energi yang senantiasa ditransfer kepada buah hatinya,kapanpun dan dimanapun.

Ibu, adalah peran yang istimewa dan tak akan pernah tergantikan.

Ibu, is 24 hours job, no pay and day off. Seldom appreciated and impossible to resign. But Ibu still full of love doing it with warm heart.

Selamat menata hati dan menata langkah.
Memantapkan sikap, menjalankan peran sebagai seorang ibu dengan penuh kegembiraan dan kesukacitaan.


Selamat Hari Ibu

6 comments:

ijal said...

Selamat Hari Ibu juga buat mamah2 sekalian terutama mamah Ani khususnya.. :-)

Eucalyptus said...

Ibu memang pahlawan bagi anak2nya, kasih ibu yg seluas lautan & jasanya membesarkan anak2 tidak bisa terbalaskan dengan harta sebesar gunungpun.. Makanya saya heran kalau ada ibu yg menyia-nyiakan anaknya sendiri

Tamrin-Next CEO said...

Saya baru tahu kalo ada hari ibu. seriusan deh. dari sejak kecil sampe segede sekarang, saya baru tahu. saya jadi heran, kemana sajah sayah ya?

Selamat hari ibu, Mah. Be a wonder woman ... ^_^

Nunik Achmad said...

klo hari ibu gini, saya malah jadi malu Bu...di tengah semangat orang2 menghayati peran Ibu: karena saya yakin saya belum cukup baik untuk menjadi seorang ibu dari seorang anak saya.......

meity said...

selamat hari ibu ya mah. surprise pagi2 baca komen dari mamah, udah lama pisan engga kesini. sono.

widie said...

kalo ngomongin Ibu wahh segalanya deh acungin jempol buat kaum Ibu cm Ibu yg bisa melakukan semuanya ya kerjaan rumah ya kerjaan diluar sekaligus pokoknya Ibu the best forever hehehe
doa utk seluruh ibu yaaa