Wednesday, August 27, 2008

PUASA

Bulan puasa, ramadhan, shaum, akan tiba dalam beberapa hari lagi.
Dan memori tentang puasa, selaluuuuuu saja menggairahkan, menyenangkan, mengasyikkan, menyejukkan, menentramkan jiwa.

Coba deh diingat ingat, minggu depan juga kita akan mengalaminya kembali.

Setiap bulan puasa tiba ......masjid penuhhhhh......
Shalat jum'at dibulan ramadhan sampai luber ke emperan dan halaman masjid.
Saat shalat tarawih, masjid juga penuh sesak.

Yang puasa buanyaaaaak banget.
Lihat aja selepas subuh, banyak yang jalan jalan gentayangan dijalan...

Tapi......
Kenapa ya bangsa ini koq gitu gituuuuuu aja.
Nggak maju maju, nggak aman aman, nggak makmur sejahtera dengan adil merata.....
Khusus ahlaknya, berantakan banget ..........ampyuuuuun!

Tawuran di kemayoran selepas subuh saat ramadhan, bahkan menjadi tradisi.
Kantor kantor, gedung gedung, berbagai fasilitas publik, hancur dirusak massa.

Kapan ya bangsa ini aman makmur sentosa ?
Tata tentrem kerta raharja ?

Puasa, semestinya kan menjadi tempat persinggahan bagi yang lalai atau alpa.
Puasa, juga bulan perenungan, bulan introspeksi, bulan memperbaiki diri.
Puasa, bukan saja bulan latihan memperbaiki pola makan , tetapi lebih kearah latihan memperbaiki batin, memperbaiki kalbu,qalb.

Bagi yang mengerti, sebulan ramadhan adalah bulan pencucian sekaligus bulan pelatihan lahir batin.
Agar selepas Idul Fitri ,kita menjadi mahluk yang jauh lebih baik.
Bukan saja baik dalam mengatur asupan makanan,mengatur kegiatan lahir atau ragawi, tetapi juga baik kalbunya, baik pengendalian dirinya, baik hubungan sosialnya, baik kepekaan sosialnya, pokoknya jauh lebih baik segi hubungan dengan Allah nya dan hubungan dengan sesama mahluk Allah.

Setelah Idul Fitri?

Bagi yang paham sih bulan training ramadhan akan menjadi patokan, begitulah hidup yang seharusnya, teratur dalam tata cara asupan gizi, baik dalam pemilihan gizi, memakmurkan masjid, giat ibadah, peka terhadap mahluk lain, sabar, tahan uji, tahan mental, giat bekerja dan berikhtiar pokoknya bekerja keras dan berahlak mulia.

Kalau semua sudah paham puasa.....
Dari tahun ketahun tentu akan terlihat dengan jelas, perubahan karakter manusia, perubahan karakter bangsa, sehingga tidak mungkin akan ada kebrutalan atau keberingasan massa, dan Insya Allah negara kuat, adil makmur tata tentrem kerta raharja, rakyat cerdas sejahtera, bangsa bermartabat akan kita raih bersama.

Impian akan terwujudnya harapan seluruh bangsa, tidak mungkin tercapai hanya dengan mengandalkan kerja keras kepiawaian para pemimpin.
Kita semua juga menentukan, mau jadi apa negara ini, mau menjadi macam apa bangsa kita ini.

Pemimpin mati matian memperbaiki negara, rakyat sesukanya berlaku semaunya sendiri. Bahkan rame rame terprovokasi dan merusak apa yang sudah dibangun.

Rame rame menghujat pemimpin yang sudah bekerja keras dengan penuh dedikasi.
Jangan harap impian akan terwujud.

Puasa, adalah saat yang tepat untuk singgah, untuk melatih diri, untuk memperbaiki diri, untuk berubah kedepan menjadi lebih baik.

Insya Allah bulan ramadhan kali ini, kita bisa mengikuti training masal, memperbaiki diri agar lebih baik lagi, lebih baik lagi dan lebih baik lagi.

Puasa, adalah saat memperbaiki pencitraan pribadi, pencitraan bangsa.
Agar dari waktu ke waktu terbentuk citra yang baik, tergambar dari perilaku pribadi dan perilaku bangsa.

Semoga kita semua menjadi insan yang berpribadi indah mempesona dan menjadi bangsa besar yang bermartabat, amin.

Selamat mempersiapkan perjalanan hidup dibulan ramadhan, bulan yang penuh ampunan, penuh berkah, bulan yang sangat dirindukan oleh kita semua, kaum muslimin muslimat yang mendambakan kehidupan yang selamat sejahtera, mulia dunia akhirat.


Salam.

7 comments:

ijal said...

mamah...


sabar ya...


hehehe...


namanya juga manusia mah.. kalo ga gitu bukan manusia namanya..

Tamrin-Next CEO said...

Betul Mah... Kata dosen Manajemen Keekonomian dan Proyek Migas, Negara yang baik itu terdiri dari(sekurang-kurangnya):

- Pemimpin yang beriman
- Pengusaha yang beramal
- Akademisi yang berilmu
- Masyarakat yang sabar
- dll.

widie said...

Amiiinnn..semoga dengan adanya bulan ramadhan org muslim lebih baik lagi ya maahh...bukan hanya satu bulan aja sehh tapi seterusnya

Selamat menjalankan ibadah puasa yaa semoga puasa kita diterima Allah SWT dan lebih baik drtahun sebelumnya, mohon maap ya maahh kl dlm ngeblog sering nyinggung di hati

Tamrin-Next CEO said...

Pas hr Kamis, dpt kiriman nasi box. Kbtulan lg pada shaum, jadi buka bareng deh. Sama voucher nginep d App Ciumbuleuit semalem.
Betul, kmren di sms kalo ibu hamil lg. Harus Tambah Semangat!

^_^.

Eucalyptus said...

Mah, selamat menunaikan ibadah puasa ya.... Semoga kita semua bisa menjadi pemenang di bulan yg penuh maghfirah ini. Mohon maaf lahir bathin

ika rahutami said...

selamat puasa ya Ma...

likalikulaki said...

maah..
apabar?
udah lama g terjun ke dunia blog lagi neh..
sblm nya, met puasa yah maah...mohon maaf kalo ada kesalahan2 saia yang tak di sengaja...

semua itu terjadi karena orang2 hanya memaknai puasa dengan menahan lapar dan dahaga ajah mah,,sebenarnya masih banyak yang perlu mereka ketahui dari puasa...
kalo ingin membenahi anak muda skarang, banyak yang harus dibenahi agar mereka kembali kejalan yang baik, salah satunya acara program di telivisi agar lebih disaring lagi, banyak yg tidak bermanfaat...