Monday, January 21, 2008

PERBEKALAN BERHAJI

Naaaah, yang ini juga nggak kalah pentingnya sebagai salah satu faktor yang bisa memperlancar jalannya ibadah haji.
Tentu saja kalau nanya ke pak ustadz, apa yang perlu dipersiapkan sebagai perbekalan berhaji ? Jawabnya pasti dimulai dengan, yang penting adalah iman, takwa, ikhlas, pasrah, belajar bersyukur atas segala nikmat Allah, dll, dlsb.........hehehehe, bukan begitu pak Ustadz ?

Tapi kalau nanya ke si mamah, jawabannya pasti berbeda atuh...kan ada bagiannya pak ustadz, ada bagiannya kita kita yang umum umum saja.

Sebenernya, waktu berhaji yl, dari Travel BALDA sendiri udah dikasih banyak, seperti kain ihram, berego, mukena, koper besar, koper kecil, tas travel, tas transparan buat bawa perlengkapan shalat, tas batu, tas pinggang, ikat pinggang haji, masker, jas seragam.
Trus dikasih daftar barang keperluan pribadi yang harus dibawa, seperti CD ( kayaknya 4-5 pasang cukup), celana panjang ( 3 buah juga cukup ), kaus yang ada kantungnya ( si mamah bawa 4 ), kaus kaki 5-6 pasang, mukena ( dikasih 1, bawa 2 lagi ), berego ( dikasih 1, bawa 2 lagi), pakaian ihram perempuan ( putih putih 3 stel juga cukup ) , pakaian harian 4-6 buah, handuk ( 1 yang sedang, 1 yang kecil ), baju untuk tidur ( 2 stel cukup )sandal 2 pasang, sepatu yang lemas bawa cadangan 1( bapak bapak kan bawa sepatu sandal ), tas kresek agak banyakan 10-20 buah, gunting buat tahalul, keperluan pribadi untuk mandi, Sajadah, Al Qur'an, obat obat pribadi, sarung tangan yang terbuka telapak tangannya untuk shalat 2 pasang, sweater 2 pasang.....

Naaah cuman segitu kan ?
Kalau menurut si mamah sih perlu juga bawa tas kecil untuk keperluan peralatan mandi, gunting kuku, pisau lipat, kacamata cadangan kalau yang sudah pake kacamata, kacamata hitam, syal dan sarung tangan tebal kalau masih musim dingin, kain sarung ( heuheuheu...ganti baju ditenda juga didalam sarung koq ), lampu senter kecil, charger HP, kamera atau handycam plus chargernya, juga battere nya, perlengkapan jahit sederhana ( jarum, benang, kancing), jepit, peniti, karet gelang, alat tulis, handyplast, gantungan baju, jepitan jemuran, tali jemuran 5 meteran atau lebih dikit ( di Apartemen Aziziyah kayaknya perlu perlengkapan untuk cuci dan jemur ), setrikaan kecil, sprayer (botol kecil ), gantungan kacamata, spiral pemanas air, cangkir teh, buku buku doa, sabun cuci, juga makanan seperti popmie beberapa pak ( 6 juga cukup ), teh, kopi sachet , susu sachet, juga makanan tahan lama seperti dendeng bakar, abon, kering kentang, rendang, sambal ( ini perlu buat di Arafah-Mina dan juga buat dimana aja sebagai penambah selera makan), dlsb....

Duuuh, di Mina kita sempat dibagi makanan bawaan pengurus travel, ialah rendang, kering kentang dlsb...asyiiiik banget makan rame rame.

Kalau temen yang ikut group lain yang nggak disiapin makanannya, ada yang bawa panci kecil buat bikin nasi segala macam, repot juga ya.....
Beli aja disana atuh kalau perlu peralatan masak sih...

Sebenernya, perbekalan yang dibawa nggak banyak banyak amat sih, secukupnya aja, nggak kekurangan, nggak kelebihan, buktinya, waktu berangkat, kopernya kayaknya nggak ada yang overweight, dibawah 30 kiloan koq.
Ada temen yang bawa pemanas badan elektrik, ya monggo, kan itu kebutuhan pribadinya, ada yang bawa kursi lipat, buat duduk dimana aja, ada yang bawa kursi roda segala macam.

Kalau si mamah sih rada rada mikir juga....itu dilantai paling atas, kan suka dipake juga buat yang Thawaf dan Sai pake kursi roda, tempatnya kan luas......
Apa boleh nggak ya kalau Thawaf pake autoped atau pake sepatu anak anak yang ada rodanya tea ?
Hehehehe...kan asyik, nggak usah terlalu lama...
Cepet seperti pake sepatu roda....heuheuheuheu.......

Aya aya wae nya.....tapi siapa tahu boleh kan ??

Btw...untuk segala keperluan berhaji, udah banyak toko sagala aya, yang menyediakan semua perlengkapan berhaji...komplit banget deh........si mamah memilih yang di Mall Lippo Karawaci, komplit , sekali datang, semua sudah siap buat berangkat, asyik kan ?

Ayo atuh berhaji......

No comments: