Friday, January 18, 2008

DEBU ARMINA

Armina, Arafah-Mina, apa yang diingat orang dari Armina selain wukuf, jumrah, tenda, jutaan orang, untel untelan, ngantri, macet dll ?.....
Salah satunya yang paling diingat ialah tentu saja, debu pasir......

Duuuuh, kalau inget Armina yang berpasir, berdebu, rasanya pengeeeeen banget bawa kaca pembesar, supaya kelihatan jelas, debu model apakah gerangan yang bertaburan di Armina ?

Kalau kita singkapkan karpet alas tenda...jelas, pasir banget ....

Kenapa si mamah amat sangat penasaran dengan partikel debu Armina ?
Abis dampaknya itu lho......BATUK.........
Pokoknya, batuknya itu dahsyat banget, sampai perlu tenaga ekstra, sampai terkencing kencing, sampai oek oek pengen mengeluarkan pekatnya dahak, sampai muntah, bahkan sampai batuk atau pilek berdarah darah, trus....itu shalat di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi selepas Armina.....
Beueueueueu....suara Imam nyaris tersaingi suara konser batuk, batuk berdahak kental tea...uuuuggghh....

Manusia, subhanallah, sudah dibekali sistem pertahanan tubuh oleh Yang Maha Memiliki....
Dulu, ketika kita terlahir, baru mbrojol, amat sangat polosnya, amat sangat bersihnya tubuh kita ini dari berbagai polusi.
Kalau kita terkena atau terhirup atau termakan zat yang asing, belum dikenal, maka tubuh akan bereaksi, demam lah, muntahlah, mencret lah, batuklah......
Lambat laun, dengan bertambahnya usia, tubuh mengenal, zat ini membahayakan, zat ini tidak, zat ini sudah terseleksi, sudah terdata dan nggak apa apa, baik baik saja...maka sistem pertahanan tubuh sudah piawai bila kita terkena allergen atau zat tertentu....
Kkalau membahayakan...belum dikenal...ya tubuh bereaksi...
Kalau belum dikenal, walaupun nggak membahayakan, suka adaaaa aja reaksi.......

Begitulah Allah telah menyempurnakan sistem pertahanan tubuh manusia dengan program pengenalan apapun zat zat yang berinteraksi dengan tubuh kita...mau makanan, minuman, apa yang dihirup, apa yang ditempel kebadan dll dlsb......

Maka, sejak lahir jaman baheula, kalau ada zat atau apapun yang terhirup udara pernafasan, dan tubuh kita belum mengenalnya atau menganggap itu membahayakan, maka tubuh bereaksi spontan dengan mengeluarkan zat tsb, ialah dengan cara mengeluarkannya dari tubuh, yang tampak oleh kita ialah reaksi adanya batuk batuk.

Maka dari itu, berbahagialah mereka yang masih bisa batuk, artinya radar,pendataan, sistem seleksi dan sistem pengamanan tubuh berjalan baik.

Naaaaaah, ketika kita di Armina....
Duuuuh, itu pasti deh partikel debunya merupakan ikatan unsur alam yang sama sekali belum dikenal tubuh kita.....
Makanya, begitu terhirup....sudah deh....batuk pun menjadi jadi......
Bener bener dahsyat itu batuk Armina..

Maka, kalau ada istilah : Yang nggak batuk cuma unta....ya bener juga kan ?
Unta kan sepanjang hidupnya sudah mengenal debu Armina....
Debu sudah menjadi "friend"nya...nggak dianggap benda asing bagi tubuhnya....

Sedangkan kita ?
Wuuuuiiiih...tubuh bereaksi amat sangat kerasnya, abis nggak kenal sih sama partikel debu Armina........
Jadi...kalau batuk kena debu Armina......alhamdulillahirabbilalamin....
Reaksi sistem pertahanan tubuh kita masih amat bagus, masih bisa batuk....

Coba kalau nggak batuk, itu debu malah nempel disaluran nafas bagian bawah, atau masuk ke jaringan paru paru.....duuuuuuh.......
Alhamdulillah ya Rabb....kita bisa batuk ketika kena debu Armina, iya nggak ? ( Hallo bu Etty Muda...nggak batuk kan ? artinya bukan ada gen unta ditubuh ibu lho....hehehehe...tapi kan ibu sudah pernah ke Armina iya nggak ? jadi debunya sudah "friend "...begicu lhoooo)

Tips buat yang mau ke Armina, banyak banyak minum madu...
Mengapa ?
Madu akan lama melekat melapisi lapisan mukosa saluran atas tenggorokan, jadi, debunya nempel dimadu, sehingga nggak bikin batuk...
Cuma....kan debunya jadinya tertelan bersama madu....
Jangan jangan malah muntah atau mencret....hehehehehe.........

Terserah deh...mau batuk, mau muntah, mau mencret atau.......mau jadi unta...huahuahuahahahaha.....

Yuk ah, salam !

3 comments:

an diana said...

hehehee....postingan terakhir aygn aku baca...disela2 kejaran tugas...xixixixi..cerita2 mamah seru, jadi kepengen pergi....doakan ya mah....

bundazka said...

hehehhheee....sedia maduuu ah bsk insyALlah kalo dapet rejeki ke sana...

kmrn pas mudik, liat bis BSD, lgsg inget mamah niii:), syg ga ada kontaknya:)

Ina-Nabila said...

Segitunya ya mah debu armina? baru tau eui, soale dari ortu & sodara2 yg kesana ga ada yg cerita debu armina. Ato mungkin mereka ga sadar kalo flu/batpil mereka berasal dari debu armina kali ya ..