Friday, January 18, 2008

ANTRI...SABAR...ANTRI...SABAR...ANTRI....

Salah satu bekal yang harus disiapkan kalau mau berhaji ialah, kesabaran.
Kenapa demikian ?
Ya, dimana mana kan harus antri, macet, antri, macet, antri.

Banyak pertanyaan sepulang berhaji : "Katanya mau ke Arafah macet berat ya"......"Katanya dari Arafah mau ke Mina atau Makkah macet berjam jam ya".........heuheuheuheu....
Kalau nggak macet, bukan berhaji atuh.

Bayangkan, nyaris 3 juta manusia bergerak menuju arah yang sama pada waktu yang hampir bersamaan untuk melakukan ritual yang sama, gimana nggak macet ?
Bis penuh penumpang, truk, mobil pribadi antriiiiiii berjam jam nunggu giliran maju, terhalang lajunya atau memberi kesempatan kepada lautan manusia yang juga bergerak maju dengan berjalan kaki.
Sistem buka tutup kayak di Ciawi-Puncak diakhir pekan diberlakukan dimana mana, jadi....ya pasti antri dan macet berjam jam.

Apa kiat menghadapi kemacetan itu ?
Ya sabar aja atuh...dzikir sambil melihat lihat berbagai gaya manusia yang menuju arah yang sama, menarik, hingga nggak terasa kemacetan sudah berjam jam.

Kesabaran lain yang perlu dipersiapkan, ialah untuk menghadapi waktu makan dan keperluan kekamar mandi.

Ketika di hotel sih nggak terasa, kamar mandi cuma buat berdua atau berempat, makan di restoran juga antriannya lumayan nggak panjang panjang amat, nggak lama lama amat.

Ketika pindah ke Apartemen di Aziziyah...naaah, waktu untuk mempergunakan kamar mandi mulai terasa butuh kesabaran, antri...... 2 kamar mandi untuk sekitar 16-20 orang.
Lumayan kan harus menunggu teman.

Tapi si mamah punya kiat khusus.
Beruntung banget si mamah tuh morning person banget, bahkan early morning pisan kata anak anak mah.
Biasa bangun dinihari, jadi di Tanah Suci juga jam 02.30 atau jam 03.00 udah terbangun, dan cepet cepet aja kekamar mandi, bisa tenang mandi, dlsb pleus mencuci baju baju yang ringan dan bisa dicuci ( kan kalau yang berat berat sih ada laundry ), bisa berlama lama dikamar mandi, sampai bisa semprot sana semprot sini bersihin kamar mandi segala, tenang damai nggak diburu buru jadual orang lain karena yang lainnya masih terlelap, kecuali....hehehehe, bu Endang lagi , bu Endang lagi...iya nggak bu ?

Ketika di Arafah-Mina....wuuiiih, disini sih butuh kiat ekstra sabar banget, soalnya satu maktab terdiri dari beberapa tenda besar , diisi beberapa group, jumlah keseluruhan penghuni 1600 orang !

Bayangin...dengan sekitar 30 kamar mandi pleus 4 lokasi tempat makan, antrian bisa dibayangkan bukan ?
Makanya, kalau yang lain antri makan, si mamah malah....kekamar mandi...hehehehe....atau nggak antri makanan, tapi ambil arah berlawanan dengan antrian, cuma ambil jeruk sunkist dan apel pleus air minum....yo wiz...nggak makan kan nggak apa apa, yang penting makan buah buahan yang buanyaaaaak, kenyang juga dan kalorinya cukup pula.

Sekali waktu, di Mina, sebelum wukuf, jam 23.00, orang orang mulai sepi diluar tenda, umumnya tidur pulas....
Naaaah, si mamah bisa beraksi dikamar mandi dengan tenangnya, nggak berjubel, nggak ada yang nongkrongin diluar pintu......
Lagi lagi bisa asyik bermain air, semprot sana sini biar bersih.

Oh ya...kamar mandi di Arafah-Mina itu agak agak aneh dan butuh ekstra hati hati...kenapa ? Itu kamar mandi bersatu fungsi dengan kamar kecil...
Jadi kamar mandinya berukuran kira kira 1 atau 1,2 meter kali 1,8 meter mungkin ya.....
Trus ada pancuran diatas kita, ada slang air dan.....ada cubluk guedeeeee banget...hiiiyyy, Lubangnya tuh bisa nyemplung anak kecil koq.

Kalau nggak hati hati, segala bisa nyemplung....hape, tempat sabun, dompet, ikat pinggang...bahkan, kaki juga bisa kecebur, masuk sampai paha kali ya....hiyyyyyy.
Makanya kalau kekamar mandi bawaannya harus sesedikit mungkin, yang perlu perlu aja, trus ekstra hati hati dan bawa 2 atau lebih kantung kresek buat tempat semua bawaan ( itu yang punya maktab dari tahun ketahun nggak pernah nyiapin tempat sampah didalam kamar mandi ya.....lagi pula orang orang tuh joroks banget...buang segala macem dikamar mandi....beueueueu...beberapa kali si mamah pake kantung kresek buangin sampah yang bertebaran dikamar mandi...uuugghh...bener bener suka jaroroks ya.....)

Cerita antrian di kamar mandi, bukan dongeng....setiap saat antri, antri antriiiii.......duuuuuh, Mending kalau mau mandi...kalau udah kebelet gimana coba ?..
Untungnya, ibu ibu tuh banyak yang baik budi, pinter dan aktif mengatur demi kenyamanan bersama ( hallo bu Etty Muda, bu Monda.....)...
2 kamar mandi ditulisin besar besar.....".khusus kencing"...kekekekekkk...meuni kencing pisan.......abis mau ditulis b.a.k kayaknya nggak semua ngerti kali ya......

Biasanya ibu ibu antriiiii dengan manis......si mamah juga suka ikut antri kalau mau pipis dan, kalau masih bisa nahan, kudu ikhlas teriak...ada yang udah kebelet ?
Ayo ayo, duluan....saya masih bisa nahan koq....hehehehehe...
Kan kata si akang akang, harus banyak menabung pahala dimana mana.....
Di WC umum juga bisa koq menabung kebaikan, iya nggak ??

Cerita soal antri mengantri di kamar mandi...
Suatu ketika, si mamah lihat antriannya yang mau pipis panjaaaang banget , daaan..itu dikamar mandi koq kita lihat yang didalam malah kayaknya buka bukaan, kelihatan bajunya, handuknya dlsb digantungin ngambay keluar pintu kamar mandi...
Lho...koq malah mandi ya....padahal yang lain udah mpet mpetan nahan pipis......

Pas ybs keluar....heeeei..bu..koq mandi...ini kan khusus pipis ?
Kata si ibu...ah...nggak ada aturan khusus pipis....
Iiiigh, koq bandel ya........daaan, bu Etty Muda langsung teriak...tuuuh, temennya bu dokter......haaaaa ?
Siapa ya.....
Eh, taunya ibunya temen anakku yang baruuuu aja kenalan di cengkareng....
Ampyuuun.....duuuh, bu Etty, sorry ya....
Aku juga baru kenal di Cgk koq saat kita mau berangkat .....
Kalau udah lama kenal sih tak njewer aja deh....
Atau kita suruh nyikat semua kamar mandi aja ya...heuheuheu....

Arafah Mina....ya identik dengan antrian dimana mana pleus uji kesabaran......
Makanya, kalau mau cepet cepet, nggak mau mbiarin orang nunggu lama lama, mandi bras brus aja, ganti bajunya sih didalam tenda aja....
Lho, gimana caranya ?
Si akang pegang sarung, si mamah didalam sarung ukay ukey ukay ukey....dan ketika keluar sarung....trarararaaaa...udah berganti baju luar dalam, asyik, nggak kena basah basah kamar mandi, pakaian tetap bersih nggak kena kotor kotornya kamar mandi.......hehehehe

Pokoknya, berhaji itu bener bener butuh nyiapin bekal kesabaran, kepasrahan, keikhlasan, teposeliro, rasa syukur, dll dlsb ( ...si mamah tuh kalau pindah tempat mestiiiii aja ikutan ngatur, kebiasaan dikantor dan dirumah kali ya, hehe.......ayo, ibu ibu...mohon keikhlasannya, ibu X dan ibu Z yang sepuh sepuh ini sebaiknya berdampingan dan deket pintu keluar, boleh kan ???
Ooooo, silakan, silakan....

Atau....pak, bu...ini pak Y nggak ada keluarganya, tolong dibantu ya pak....apa sudah ada makanannya, apa pengen kekamar kecil.......ok,ok, mangga...monggo bu...siap deh......duuuuh, Jamaah Kafilah BALDA sih emang pikayungyuneun deh, baik budi banget, senantiasa siap menolong lainnya.....jadi kangen euy).......

Berhaji tuh kalau bekalnya udah cukup, udah disiapkan, fisik mental .....pasti nikmat geura
Jadi....udah siap blum uji kesabarannya ? uji keikhlasannya ? uji siap menolong sesamanya ( hehe, kayak Trisatya dan Dasa Dharmanya pramuka ya...).......

Apapun, nikmatin aja deh, pasti asyik koq....

No comments: