Wednesday, May 16, 2007

UANG

Hari ini, si mamah menemukan beberapa kalimat yang bagus, sayang kalau tidak dituliskan disini.

Kompas hari ini, Ninok Leksono ( aku suka tulisan tulisannya, banyak ilmunya sih ) menulis tentang Uang dan Ilmu Bahagia.

Ada beberapa kalimat, yang si mamah asal comot aja deh, karena bisa dipakai buat perenungan, misalnya :
Sebagian arti hidup adalah untuk mengalami senang dan susah.
Hidup yang terus menerus bahagia, bukanlah hidup yang baik ( George Loewenstein).
Uang bukan segala galanya, tapi tanpa uang, susah segala galanya ( ini seloroh temannya penulis artikel ).
Uang tak bisa membeli kebahagiaan( Matthew Herper ).
Hubungan antara uang dan kebahagian ternyata kecil saja ( Peter Ubel, Universitas Michigan ).
Kekayaan tidak membawa perasaan senang terus menerus.
Dalam setiap masyarakat, pada waktu kapanpun, orang lebih kaya lebih bahagia ( Will Wilkinson Cato Institute).

Terus menerus berlangsung tarik menarik antara hidup sederhana yang nyaman versus hidup dalam kelimpahan materi yang memberi kebebasan luar biasa.

Bayangin kalau si aming extravaganza , membaca kalimat kalimat tersebut diatas, trus suruh ngasih komentar setiap kalimat berakhir, pasti komentarnya.....lha iyalah..... ( inget ekspresi dan gaya mengucapkan kalimat tersebut......hehehehhe, lucu ya si aming tuh ).

Buat si mamah, kalimat " orang lebih kaya, lebih bahagia ", kayaknya rada rada kurang sreg....
Apa iya ?
Kan katanya kebahagiaan nggak bisa dibeli.
Kkan katanya uang nggak bisa membeli kebahagiaan.

Mungkin harusnya kalimatnya begini :
Orang baik dan bener yang lebih kaya, lebih bahagia...gitu kali ya.....hehehehehe

Dipikir pikir, memang uang itu racun banget deh.
Coba aja lihat, kayaknya makin menjadi jadi orang memburu uang.
Kerja keras tanpa inget hal lain( lupa keluarga, lupa sosialisasi ) kecuali uang, uang, uang, uang.....
Lha kalau yang miskin sih bisa dimengerti, harus terus bekerja keras memburu uang untuk mempertahankan hidup, menyambung nyawa dari hari kehari, , ya nggak ?......

Lha ini...
Yang gajinya 5 juta, pindah, nyari yang 10 juta, pindah lagi nyari yang 15 juta, pindah lagi pengen yang 20 juta, , 25 juta, 50, juta, 100 juta, 200 juta, 500 juta, 1 M, 2 M, 3 M, 5 M, 10 M............

Halah, mau sampai berapa berburu uang ???
Koq kayaknya hidup itu diukur hanya dengan uang yang didapatkan.
Padahal, apa iya ukuran keberhasilan hidup, ukuran kesejahteraan, ukuran kebahagiaan itu hanya uang ???

Kayaknya nggak banget deh ya.....
Orang berhasil dalam hidup kan banyak banget ukurannya, nggak sekedar dihitung dengan uang......

Ada orang berlimpahan uang, tapi uangnya didekepiiiin terus, nggak dinikmatin, boro boro bagibagi sedekah....
Apakah dia termasuk orang berhasil ?

Ada yang punya simpanan ber milyar milyar, tapi cuma dipelototin angka angka di buku tabungannyaaaaa aja, anaknya nggak mau sekolah, dipake rekreasi melihat dunia juga sayang uang katanya, tetangga pada kelaparan.......
Apakah dia termasuk yang berhasil ?

Ada yang berburu uang uang uaaaaang terus, dan dihabiskan di dugem, dimeja judi, ditempat prostitusi., beli narkoba..........
Apakah dia termasuk orang yang berhasil ?

Ah, si mamah sih sederhana aja deh berpikirnya dalam mencari uang.
Bekerja dengan ikhlas , berikhtiar dengan giat, berdoa...
Uang mah pas pasan aja ah ( pas mau beli mobil ada, pas anak mau sekolah ada, pas anak mau rekreasi jalan jalan, ada....hehehehehehe ).
Gitu aja deh....

8 comments:

Anonymous said...

Setuju.....
uang pas pasan aja ah ( pas mau beli rumah gedhe ada,pas mau beli mobil ada, pas anak mau sekolah ada, pas anak mau rekreasi jalan jalan, ada....hehehehehehe ).
Yang penting cukup dan pas di hati

Mama Safa

elda said...

setujjuu skale mah..
kalo mo dipikirin mah, uang tuh gak ada abis-abisnya deh, makanya males mikirin deh mah, yang 'pas-pas' versi mamah ajah deh..xixixiiii

pacarterbang said...

gimana kalo kita yang dikejar-kejar uang mah? :)

http://remehtemeh.blogspot.com/2007/04/tentang-uang.html

rani said...

waduh, yg lupa bersosialisasi bukan saya kan mah?

ga tau ya, dulu waktu punya duit pas2an malah kalo beli apa2 bahagia banget, soalnya duit yg ngepas itu ternyata bisa dibelanjakan dengan cerdas untuk hal2 yg memang perlu, hihi :D

Dhira said...

Setuju mah...

Abis dulu dhira juga gitu, sukanya ngeliatin uang banyak di buku tabungan, pengen apa-apa gak bakalan mo beli, sampe pengen jajan aja suka ditahan, tau-tau dapat suami kaya si mas, mau apa aja boleh dibeli, asal bermanfaat&jelas..

kok nikmat sekali..

lierieh said...

saya juga setuju atuh mah uang mah yang pas2an ajah... pas kita butuh pas ada.... pas pisan dah pokokna mah

Alex Ramses said...

Iya ma,, orang yang bener dan baik yang lebih kaya itu lebih bahagia. pakabar mama? baik2 aja kan,,, Alex kemarin2 lagi rada sibuk, sekarang udah mulai nulis blog lagi nih. salam sejahtera.

salma said...

idem ama mama safa...
hehe yg penting uang cukup ma... cukup kalo mo beli rumah mewah, cukup buat beli jaguar, cukup buat jalan² ke luar negri hehehe