Tuesday, May 08, 2007

DONGENG

Gara gara adanya kekerasan yang dilakukan anak anak, kak Seto kembali mengingatkan, pentingnya mendongeng, bernyanyi dan bertamasya dilakukan pada masa tumbuh kembang anak.

Anak, harus banyak dibacakan dongeng.
Dengan demikian anak akan kaya fantasinya.
Anak harus ditajamkan nuraninya, perasaannya, akal pikirannya.

Dongeng, akan mengembangkan berjuta perasaan dan imajinasi si anak, juga mengembangkan ketajaman akal pikiran .
Dongeng yang dimaksud, tentu saja dongeng atau cerita yang membangun karakter positif.

Waktu si mamah kecil, kebanyakan dibacakan fabel, dongeng tentang kehidupan binatang.
Bagaimana eratnya persahabatan ikan dengan tupai, bagaimana kesetiakawanan kura kura terhadap monyet, bagaimana akal cerdik kancil menyelamatkan diri dari ganasnya buaya.
Ada pula dongeng tentang jengkrik, kerbau, rusa, kuda, burung gagak, burung merpati,......
Waaah, pokoknya kalau didongengin, alam pikiran berkelana, suasana hati berubah, ada deg degan, ada marah, ada seneng.

Berikutnya, jaman si mamah jadi pendongeng untuk anak anak , dibacakan dongengan mamah kecil ditambah dongeng lain seperti si kupluk merah, cinderella, putri tidur, pinokio, hansel Gretel, dll dlll.
Pokoknya, kayaknya semua happy ending...yang baik menang atas kejahatan atau keburukan.

Anak anak jaman dahulu, nyanyiannya juga positif.
Pelukismu agung, siapa gerangan, ...
Hormati gurumu sayangi teman......,
Belum lagi tamasyanya juga kalau nggak ke kebun binatang, pasti ke gunung atau pantai, ke alam terbuka....
duuuh, indahnya.

Jaman berubah, dongeng bergulir jadi tayangan televisi, sinetron berbagai jenis.
Anak anak ada yang "didongengin" cerita hantu, siksa kubur yang aneh, kejahatan ibu tiri, ketamakan duniawi, kejahatan, kejahatan, kejahatan, kekerasan, kekerasan, kekerasan, mistik, horor, mistik horor.....
Duuuuuh....
Pada kemana itu sang kancil, sakadang kuya, dll dll ya....
Pada ngumpet dimana sih ???

Mau jadi apa anak anak kelak, kalau diceritain yang begituan melulu ???

Belum lagi nyanyiannya nggak ada yang "mengisi"....
Sekarang anak anak seneng banget nyanyi "Bang, SMS siapa ini bang...lai lai lai lai lai lai...panggil aku si jablai......
Duuh....

Trus, tamasyanya juga kan sekarang sih ke PIM, Citos, Senayan City........waahhhh....apa kabar kebun teh, burung kasuari, ombak yang berdebur dipantai ya.....

Ayo dong kita giatkan kembali mendongeng, mendongeng, mendongeng yang membangun karakter yang positif.....
Mau ????

Juga bernyanyi, bernyanyi, bernyanyi.......
Terang , terang di hati, kerja tlah menanti, siapkan diri bulat tekad jangan bimbang dan ragu......
Kulihat daun jatuh ditiup angin, dipungut oleh anak yang sedang bermain......
Masih inget ?? diajarin bu Fat dan bu Meinar ?

Dan....bertamasya kealam terbuka, menikmati keindahan dan dahsyatnya alam......
Mau ????

9 comments:

Lia said...

Yukkkk...ngadongeng2. Abdi ge baheula teh asa tumbuh ku dongeng, tumbuh ku impian2 bagus siga dongeng, saena janten motivasi ta teh. Ari ayeuna duh...deudeuh barudak meni harariwang puguh ge maos2 di lembur teh nya!

putri said...

Setuju....
Duhhh... tapi saya jg gak bs dongeng :D Biasanya menjelang tidur si Bilah sukanya kami bergantian cerita kegiatan masing-masing seharian.
Ke alam??? ayoo melaut.. :D

salma said...

Tiap baca postingan mama aku selalu senyum atau ketawa seperti sedang mandengar dongeng :)
Pengennya ya mah ajak anak tamasya ke pantai², tp gmn pantenya bnyk yg pacaran, ke hutan.. hutannya dah jadi kompleks, ke taman kota... dah jadi mall or hotel..
kalo mo bacain cerita anak milih liat tv yg lebih bagus gambarnya...
sherina udah nyanyiin soal cinta, agnes apalagi... yah terpaksa deh denger Nidji ..
duh maaf mah kok malah curhat ya...
Ok mah paling gak ntar malem luangin waktu dikit buat anak sebelom tidur... :)

Ryu`s Mom said...

Ngedongeng ya..kangen juga sama ngedongeng. Klo Mamah yg ngedongeng paling kita pada ketiduran kali yak..hehehe...Klo gitu Mamah baca buku yang banyak deh ya, persiapan buat ngedongengin cucu nantinya..

NiLA Obsidian said...

mamah, jd sono pisan ka dongengna pun nini sareng pun aki....ayeuna mah asa tara pernah nya barudak ayeuna didongengan siga kararitu.....

ngan mol deui mol deui.....lieurrrr.....

meni hoyong ngiring ari si akangna ngajakan mamah asruk2kan ka kampung tea geuning

rime said...

rima pengennya juga bisa jago ngedongeng mah... tapi ga bisa...

bisanya ngebacain doang, hehe..

debbie said...

iya nih, anak2 sekarang "keracunan" lagu2 kek sms, jablay. Dennis aja lebih fasih nyanyi gituan biarpun tiap hari di cekoki lagu2 jaman dulu, sedih dah....:(
Kangen emang ke kebon teh kek jaman dulu, cuman duduk2 di tiker bawa bekel gitu, trus panglari2an heboh sampe capek, tp teh dah seneeeeng pisan :D

Anisa said...

Mendongeng...ya itu skrg dah saya mulai mendongeng sama anak saya sesaat sebelum tidur. Walaupun hanya sebatas "kancil nyolong timun", "kalau Safa bermain ke pantai" dan juga Kalau bermain di Taman. Kebetulan banget anak saya gak suka lihat acara TV, kecuali acara anak2, (lagu-lagu anak dan anak-anak bermain di NHK).

bundazka said...

yaaaap..hidup ngedongeng..
alhmdlh azka nuntut didongengin sblm tidurrrrr:)

makasih yaa mah, keep on inspiring us ya mah:)