Monday, April 23, 2007

SILAU

Tahu nggak arti kata silau ?
Atau serab kata bahasa ibu si mamah sih.
Pasti tahu kan ???

Biasanya berlaku kalau kita melihat sinar atau kilatan cahaya yang membuat mata kita seketika terpejam atau paling nggak menyipit.

Silau, biasa diarti kiaskan juga buat beberapa hal, silau akan jabatan, silau akan kedudukan, silau akan materi, silau akan duit, silau akan keuntungan, dll dlsb pokoknya yang amat berbau duniawi lah, ......

Dengan kata lain biasa diartikan untuk hasrat memiliki akan sesuatu yang amat sangat menarik, begitu kira kira.

"silau" yang ini biasanya yang membuat orang lupa diri, kehilangan akal pikiran, kehilangan logika, kehilangan rasa malu, kehilangan moral, kehilangan suara hati, kehilangan nurani...

Pokoknya, jadi nggak normal dan nggak wajar banget deh, memalukan pokoknya sih.

Naaaah...silau akan harta kekayaan, silau akan keuntungan, silau akan lembaran duit, lagi, dan lagi dan lagi memakan banyak sekali korban.
Koq nggak kapok kapok ya....
Nggak ngeuh ngeuh...........

Dan korbannya bukan rakyat jelata, bukan mereka yang nggak berpunya.
Tapi mereka yang termasuk dalam kelompok elite, baik dari segi kedudukan, segi ketenaran, segi "martabat"dimuka umum.
Kelompok yang suka jadi sorotan kita semua juga dalam sepak terjang kesehariannya.

Bagaimana mungkin kelompok rakyat biasa menjadi korban, syarat masuk percaturan "bisnis" yang menggiurkan itu minimal ribuan dollar koq.

Akhir akhir ini, untuk kesekian kalinya, kita kembali tercengang oleh hiruk pikuknya orang yang kalang kabut merasa "kehilangan" keuntungan bahkan kehilangan modal yang ditanamkan.

Besarannya nggak main main boooo.....triliunan rupiah amblas, raib digondol entah kemana.

Konon, duit segombyok gitu didapat dengan mengumpulkannya dari beberapa nasabah atau peserta dari kalangan terkenal dan berduit , dengan iming iming bunga diatas 23 % pertahun.......
Halah.......enak banget ya ngumpulin duit segampang itu
.
Kalau ada berita begitu, kembali suka inget nasihat si akang....
No free lunch......
Nggak ada yang gratisan, nggak ada yang semudah membalik tangan....
Keuntungan, harus didapat dengan kerja keras......

Berulang kali si akang mengingatkan, mending kayak si mamah, bikin a kiosk, bikin makanan bekal sekolah, menyehatkan, menyenangkan anak anak, untungnya nggak seberapa, tapi itulah duit yang didapat dengan kerja keras dan penuh kecintaan, Insya Allah berkah, gitu katanya, amin....

Kalau ada yang nawarin nyimpen duit dengan keuntungan besar, lebih besar dari usaha bikin makanan si mamah, curiga aja langsung, jangan dipercaya, begitu katanya.

Yang mengejutkan, ternyata, begitu banyak nama nama yang kita kenal, yang kita pikir ...maaaasa siiih dia ikutan ???
Tapi koq ya bener ikutan tertipu alias dikibulin juga ya.....

Ah, si mamah sih mau percaya si akang aja.
Jangan silau sama keuntungan, jangan silau sama lembaran rupiah yang dijanjikan. Kerja aja yang bagus, yang bener, bikin usaha juga yang wajar wajar aja. Keuntungannya yang normal normal saja, kan kita dapetin duitnya juga untuk modal dengan susah payah bukan ?

Masa sih mau dipertaruhkan dengan begitu mudahnya hanya dengan embel embel keuntungan yang menggiurkan ?

Jadi inget peribahasa" easy come easy go" tea ya.......hehehehehe

Mudah mudahan aja si mamah sekeluarga sih nggak akan pernah tergiur, nggak akan pernah silau oleh "keuntungan yang begitu mudah ".
Apapun yang didapat dengan kerja keras penuh kecintaan, itulah yang terbaik bukan ?.....

Begitu juga anda semua yang baca postingan ini.
Mudah mudahan nggak akan pernah silau sama yang begitu begitu yaaaaa.....

13 comments:

Ophi Nurwicaksono said...

Hallowwwwwwwwwwwwwwwwww alaaah meuni seueur apdetannna euyyyy.....
maraton nih si sayah bacanya hihihi

mahh...kamari mantan pacar teh ka Düssi? aduhhhh teu tepang nya.

baru beres presentasi nih maaahh, alhamdulillahhh....
legaa dehh

kumaha Arga ujiannya? mamah tinggaleun nungguin Arga yah? teu nanaon mah, ngke nyusul kadieu..setelah ujian beres...hayuuu...

aroengbinang said...

silau bisa membuat orang kehilangan jati dirinya, kehilangan kekritisan daya pikirnya, dan menjadi kerbau bodoh yg tercocok hidungnya.

kita hormati guru dan kiai, namun menjadi berbahaya jika silau dengan ilmu mumpuni mereka, dan kehilangan independensi pikir yg merupakan anugrah yg besar bagi manusia. salam jeng.

Ryu`s Mom said...

Iya bener Mah, berharap untung besar malah jadi buntung. Kadang orang itu suka silau deh klo udah diming-imingin masalah keuntungan besar.Mudah-mudahan postingan si Mamah bisa mempengaruhi orang banyak..biar pada sadar...Sipp deh ahh..lanjut lagi deh Mah ngeblognya...*SB nya nggak bisa komen Mamah Ani..ganti atuh..*

lierieh said...

Betul Mah, karena silau alias serab tea jadi membuat orang untuk tutup mata, janten sagala cara dihalalkeun nu penting ieu soca teu serab deui

putri said...

Mah.. minta dibeliin Sonnenbrille (kacamata hitam) biar gak silau..

hihihi..

Omong2 soal silau... hmmm kayaknya termasuk kalau ke toko/mall deh...silau euy.. penginnya belanja melulu.. kayak yg punya duit aja :D

Bundanya Tiara said...

mamah........betul sekali. Dari dulu aku diajarin untuk ga gampang "silau", alias serab tea. Bilih pimatakeun anu gampil2 teh...:P

sibedegong said...

urusan pengen duit gampang tanpa keringat, negeri ini memang gudangnya. makanya banyak banget pemburu harta karun yang gaib, menggandakan uang, investasi dengan bunga buessarr tak masuk akal, dan banyak cara gampang dapet uang lain di luar nalar. tapi intinya, terlalu banyak pemalas di negeri ini.

kalo hasilnya mereka tertipu, yahh..itu mah imbalan buat pemalas, wajar.

Innuendo said...

kalo aku selalu silau ngeliat dada berbulu lol

pa kabar, mah ?

Krisna Muslim said...

Kalau kita silau.. efeknya kan apa yang di depan kita jadi gak terlihat jelas. Ya... wajar ajalah begitu silau banyak yang kejeblos/ketipu.... abis jadi gak keliatan sih.

Mama Ayu, Axl, Lexancio & Papa Ferry said...

tulisannya mak nyos deh mah.... :D:D

rini said...

Bener mah..setuju banget mending dikit asal berkah yah mah....

angin-berbisik said...

bener banget mah, easy come easy go, apalagi yg berasal dr 'amplop' tak dikenal hehehe, mungkin itu udah hukum alam kali :P

NiLA Obsidian said...

tah ieu...leres pisan Mah....
mugi2 nu aya didieu mah di pasihan penangkal silau, sehinga mendapat ridho berjalan di jalan yg lurus.....

duka tah anu aya di 'luhur'
kedah ngangge sunglasses panginten