Monday, March 19, 2007

NOSTALGIA

Longweekend nggak kemana mana.
Anak anak entah dimana…koq tiba tiba jadi inget perjalanan hidup dulu sama anak anak dan keponakan yang seumuran dengan anak anakku ya….


Dulu, waktu anak anak masih kecil usia SD, hamper tiap weekend ke Bandung.
Kumpul dengan keluarga besar, rame rame, anak anak bermain bersama sepupu yang seumurannya.
Seru… ….

Kalau liburan, lebih seru lagi.
Mereka, Sanggi, Ajeng, Anggit, Anggia, kadang kadang Akmal dan Icha pada pengen ikut ke Serpong, kerumah teteh Astrid, Arka, Arga…..

Halah….rame banget deh….
Anak anak dijejalin ke mobil kijang.
Biasanya, sudah sangat rutin, diantara dua tempat duduk kiri kana dibagian belakang kijang, dipasang papan lebar dan tebal.
Dikolongnya disusun barang barang keperluan anak anak.
Diatas papan dipasang bedcocer, trus dijejerin bantal, juga selimut.
Anak anak bisa duduk bersila, main kartu atau bersenda gurau sepanjang jalan….

Pernah, hampir sampai Bandung, di Tagogapu, jalan banyak belokan.
Tiba tiba…."uaaaa….Gia muntaaaah"….
Muntahannya kena Arga, Arga ikutan muntah, bedcover penuh muntahan….
Buru buru kijang menepi, si mamah dan si akang bahu mambahu membuka baju anak anak, melipat bedcover, mengelap anak pake tissue basah, mengganti baju….
Untung udah deket Bandung.
>
Jaman harita, Bandung-Serpong nggak bisa ke Cipularang.
Pasti lewat Puncak….
Pernah macet berat euy, liburan sih.
Antay antayan hamper 8 jam…..

Pernah juga si mamah harus nyetir sendiri ke Serpong dari Bogor, bawa 8 anak bebenyit.
Hujan deras, macet, malam, lewat Parung-Prumpung_Gunung Sindur.
Dijalan menuju Gunung Sindur, cuma mobil kita satu satunya.
Gelap banget, takut begal.
Alhamdulillah sampai rumah bawa 8 anak jam 12 malam.
Nuhuuuun Gustiiiii…..

Sepanjang jalan Serpong-Bandung, sudah pasti seru, rame, ager ageran ( ini bahasa sunda, bukan ager Indonesia ya ).
Bernyanyi nyanyi, tukar cerita bobojegan, atau teka teki atau jawab pertanyaan…… "Coba sebutkan nama nama benda yang ada dikamar tiduuur !"
Ranyang !...Kasur !....Selimut!....Bantal!......
" Coba sebutkan nama nama benda yang ada di kamar mandiii…!"
Odol !...Handuk!...Shampoo…..
" Coba sebutkan nama nama perabot dapur!"
Panci !…Kompor !...Wajan!.....
"Coba sebutkan nama nama benda dikantor….dikantor polisi !…dirumah sakit!…di stasiun…!"
Coba sebutkan ...nama nama binatang di ragunan….nama binatang berkaki empat...…nama binatang mulai huruf A…mulaai huruf I…
Hehehe…si mamah suka ngacoin…Anak Gajah, Anak Singa, Anak Buaya….
Ibu Beruang…Ibu Harimau..Ibu Jerapah…..

Wuakakakaka
" Sebutkan nama anak perempuan…yang mulai huruf E...…huruf A…...yang terdiri dari 4 huruf……."

" Ayo dulu duluan lihat pohon pepaya...pohon rambutan....…pohon pisang "
Yang duluan melihat pohon yang dimaksud boleh neke, atau jitak yang lainnya.

Dulu duluan lihat yang pake topi haji....…pake kopiah...…pake kebaya merah...…pake baju hijau…..

Dulu duluan lihat Toyota kijang biru…...lihat Suzuki putih..…lihat motor merah...….

Dulu duluan lihat iklan sabun…...iklan rokok...….

Wwuah, pokoknya buanyaaaak banget pertanyaan pertanyaan yang jawabannya bisa dipake rebutan dan rame….
Asli rame, menyenangkan, ribut dan….menambah ilmu…


Kalau dirumah, mereka main kartu, monopoli, lego, menggambar, membaca, main bola, main kucing sumput dan….jalan jalan.


Ini yang seru, jalan jalan….
Tiap hari ngiderrrrr, jalan jalan dan makan makan…..
Biasanya, setelah makan pagi, si mamah ngantor dulu.
Hehehe…bolos separuh hari

Ayo anak anak, ua ngantor dulu…nanti kalau pasien habis, udah siap ya…kita berenang..…kita ke ragunan..…kita ke Taman Safari..…Ke Taman Bunga..…Ke Kebun Raya…..kita ke Sea World..…kita ke dufan…..kita ke Museum…kita ke Lippo Karawaci….Kita ke Puri Mal…Ke PS…Ke PIM…

Halah…..ngider terus.
Sampai liburan habis.

Jadi inget, biasanya kalau nginep, ibunya anak anak suka menitip amplop, buat tiket, buat jajan, buat transport, buat sopir dll dll………

Asyik ya duduluran saling membantu, saling mensupport, tanpa saling menyusahkan…..

Sekarang, Bi Dini udah PhD, ketua jurusan Pasca Sarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNPAD, Sanggi nya udah semester 6 Perminyakan ITB, Ajeng udah mau ujian SMA, Bi Ayi udah MKes, kepala bidang Tata Usaha Dinas Kesehatan Kota Bandung, tulang punggung kesehatan kota Bandung, Anggit nya udah di Teknik Kimia ITB, Anggia udah di SMA 3 Bandung, barengan Icha….
Teteh Astrid udah S2, lagi di Jerman ( entah mau ngapain…hahahahahah ), Arka udah semester 6 Mekatronik, lagi di Jerman pula, Arga mau ujian SMA, pengen jadi dokter ( doain yaaaa ) dan si mamah…mau Pensiun !!!!

Alhamdulillah…
Nostalgia…inget tumbuh kembang anak anak, inget duduluran, inget rame rame, saling mengasihi menyayangi, saling support, saling memberi energi..manis dan indah nian ya....kalau dikenang.
Bikin energi bertambah, Insya Allah ..


Barudak…sing calageur, balageur, balener, palinter, paranjang yuswa, parek rejeki, jauh balai, salamet, mulya dunya akherat, amin.

Buat para bloggers…
Selamat mendampingi tumbuh kembang si buah hati ya….
Waktu terasa begitu cepat lho…

Semoga diberi energi, kesabaran dan keikhlasan dalam mengasuh dan mengantar anak anak menjadi mahluk yang berkhidmat kepada mahluk lain dan penuh manfaat, amin

Salam

12 comments:

Ryu`s Mom said...

Indahnya ya Mah masuk usia senja, anak-anak serta keponakan udah pada berhasil...Ini berkat orang tua yg hebat bukan..?

si bedegong said...

jadi inget jaman SD dulu, saya tinggal sama aki. waktu liburan..ceritanya diajak ka gunung sama para sepupu yang dititipin di rumah aki. kita naik bis umum dulu, sebelum melanjutkan perjalanan naek delman. tentu saja bawa timbel dan kelengkapan makan lainnya. gurame, bakakak hayam, sambel tarasi, sareng lalab-lalaban sekardus penuh.. :) tapi nasib buruk. kardusnya ketuker di bis sama kardus lain yang berisi kopiah. hehehe...untung saja kita ga doyan kopiah :) saya nangis karena goreng gurame kesukaan saya raib. sepupu saya gogoakan karena bakakak si jagonya lenyap. untungnya aki cukup cerdik. sampe di rumah sodara yang akan dikunjungi, langsung ngabedahkeun balong...makan-makan liwet sama beuleum lauk sampe kamerkaan. wah, ga terasa itu udah lewat 20 taun lalu. geuning saya teh udah tua nya...

Anonymous said...

Hik...3x emang banyak ceritanya tuh di Serpong. Belum diceritain ya anggia digendong wa Adin :"mau...ke mamah...."
Atau Gya protes, "kenapa mamah gak kaya wa Ani, bisa ngantar liburan" hik..3x untung ada wa nya yang bisa ngajak kesana-sini.emang gitu suratannya, jadi aja bareng sama sepupu..Atau Gya selalu cerita sm temen se kantor : "mamah saya sibuk jd gak bisa liburan" ha....3x
nuhun ka kel. serpong.

putri said...

Wah iya.. anak kok cepat besar ya? Sering gak terasa...waktu cepat berlalu

La Petite Femme said...

hiks ya..aku ga bisa bayangin kalo jadi mamah ni..tiba2 anak2 udah nikah, punya kehidupan sendiri2..kerasa sepi ga sih Mah? mudah2an ga ya....Malik aja skrg tiba2 dah gede banget, emang ga berasa waktu tuh..

NiLA Obsidian said...

hahahaha.....inget jakarta bandung harus lewat puncak.....
trus di puncak ada pohon porno....(sok ningali teu mah?)
duka ayeuna mah tos peot meureun....

duh...kabayang....seueur pisan nu dikenag nya mah.....
sing sararehat we ah....

ira i said...

Mamah, paragraf terakhir, bikin terharu....makasih yaaa....

debbie said...

asyik ya tante, semua anak dah mentas, at least tinggal si tate aja yang pensiun leha2 gitu :D
jalan2 kyk gitu inget kecil dulu, saya sama kakak selalu ribut di jalan, maen tap2an, ngetekin siapa yang liat mobil kijang duluan, mobil vw lah, motor lah, plat merah lah. Sampe mbaca rekalme di jalan juga pangdulu2an, yang akhirnya suka bikin berantem di mobil :D

meitymutiara said...

Waaaaahhh...jagoan euy mamah...hebat lah...jadi terinspirasi untuk bisa sehebat dan sejagoan mamah...

Mama Ayu said...

mamah ani, jadi keinget ama ibuku.. anak 4 n pada "kabur" semua..n besok mau main achh bw anak2 ke rmh Yang Ti n Yang Kungnya (pdhl baru minggu lalu kami kumpul2 lochh..)

ira said...

emut pisan mah, pun biyang ngawulang di unpad dinten jumat-sbt, senen-kms damel di jakarta..jadi barudakna ampir tiap minggu bolak balik bdg-jkt..pernah lewat sukabumi, duh..jeung mogok deuih, caket tangkal waluh sareng ganas.. jadi we, terang, ganas teh teu muruhpuy di tangkal, sareng waluh teh sanes siga sampeu..

pacarterbang said...

mana atuh dongengna deui tante? (hehe..tante atanapi bibi sih anu leres? :)