Sunday, March 11, 2007

DEBT DIET

Ada yang nonton Oprah beberapa minggu yang lalu nggak ?

Berturut turut dalam beberapa episode dibahas tentang Debt Diet.....
Menarik, enak diikuti dan perlu dipraktekan.
Sekali lagi ini bener bener perlu dipraktekan.

Ketika blogwalking...eh, ada yang me resumekan nya, siapa ya, lupa euy.....
Bagus tuh...bravo lah, berbagi ilmu dengan yang lainnya.

Mungkin kalau istilah umumnya sih program mengencangkan ikat pinggang ya......
Sebetulnya, program ini bukan hanya untuk tujuan menghemat pengeluaran semata, lebih penting dari itu adalah bagaimana kita belajar hidup efektif efisien, seperlunya, sebutuhnya, bukan semaunya.
Atau lebih keren lagi, bagaimana kita hidup penuh manfaat, tidak mubadzir.....
Artinya, kalau berbelanja, seperlunya saja.
Kalau kelebihan, pasti ada yang nggak kepake kan ?
Pasti ada yang terbuang kan ?

Belajar, belajar, belajar mengelola pengeluaran, belajar mengendalikan diri dari nafsu sesaat.....

Banyak yang tiba tiba berbelanja sepatu, pakaian, tas aksesori lainnya di Mal....
Eh..ini lucu ya modelnya...
Aduuuh, itu cocok banget deh dengan celana yang gue punya....
Waaah, keren tuh tas, ada hiasan yang amboi.........
Beli, beli, beli...
Udah sampai rumah...nyesel.....atau dipake cuma sekali...simpan di lemari....

Bayangin, di acara Oprah tsb, ada perempuan yang punya bra 45....
Empat puluh lima buah saudara saudara !!!
Trus ada yang punya T- shirt 150 buah !!!!
Bayangin....jadi perlu beli lemari baru buat menggantung semua T-shirt....

Ada pula yang punya sepatu 7 lusin...
Halah....bade kamana bu....sementara kaki cuma punya dua...wuakakakakakaka...

Coba deh, mumpung weekend...tengok lemari, tengok rak sepatu, tengok lemari perabot.....
Haduuuuuh...koq banyak barang yang udah lamaaaaa nggak dipake ya.....

Menurut teori energi, kebanyakan barang, kebanyakan benda yang tak terpakai, akan menyedot energi positif kita...
Nah lho......pantesan rejeki seret, hehehehehe......

Debt Diet, ternyata tidak saja memberi pencerahan bagaimana cara mengelola uang atau lebih khusus lagi, bagaimana membelanjakan uang penghasilan kita.
Apa saja yang sebenernya harus dibeli, dll dll.
Tetapi juga menengok kebelakang, melihat apa saja yang ada diseputar kita.
Beres beres, buang buang, maksudnya bukan dibuangin gitu aja, tapi masih baaaaanyak orang yang memerlukan barang barang yang tidak kita pakai.

Dengan Debt Diet, bukan saja kita menjadi irit atau hemat belanja.
Tetapi, dengan penghematan itu banyak banget yang tertolong......

Ada yang bisa ngasih uang sekolah, ada yang bisa ngasih uang ujian, ada yang bisa ngasih baju, ngasih beras, ngasih motor buat ngojek, ngasih gerobak buat jualan....
Wuih......positif banget ya......

Bahkan, bisa bikin orang punya matapencaharian yang layak dan halal.
Bisa menyelamatkan seorang perempuan dari perdagangan manusia, dari pelacuran ( jadi inget almarhum ayahanda si bedegong, semoga Allah memuliakan almarhum, amin )..........
Wuaaaaah, hebat kan ???

Kita jadi manusia yang nggak cuma bisa ngritiiiiiiik aja, nggak cuma bisa ngomoooooong aja sampai berbusa.
Iiiiih..., amit amit deh...

Yuk ah, kita baca baca postingan tentang debt diet, trus kita praktekan, trus kita sebarkan, trus kita banyak memberi manfaat kepada sebanyak banyak mahluk Allah.

Insya Allah, musibah menjauuuuuuh, keberkahan mendekat, dan ketentraman, ketenangan, kebahagiaan kita raih bersama, amin

6 comments:

NiLA Obsidian said...

leres pisan mamah....gaya hidup konsumerisme yg sudah mendarah daging...naga2 nya perlu terapi khusus juga utk pemulihannya....

sofi said...

sudah dipraktekan nih mah. yg bagian beres2 dan buang2 barangnya. hehe. yg bagian belanjanya yg belom hihi. atuh da gimana, banyak yg ngasih saya baju, sementara saya bingung mau ngasihin kesiapa karena badan saya paling kecil disini huahaha. tapi kemaren tak disangka, barang2 yg masih bagus2 saya simpen di mesjid, terus ditulisin free u siapa yg mau, eh laris juga ya? skrang jadi nyortir lagi buat dihibahkan lagi. --> lemari cuman satu, takut meledak kebanyakan isinya.

mah saya link ya blog nya.

si bedegong said...

baca tulisan ini jadi terhasut pengen diet juga :) hehe. tapi malah bingung...apa-apa ga punya, badan udah kurus, apa yg harus didietkan ya? diet ngomong kali ya..biar tetangga ga pada keberisikan :)hehehe.

Tety said...

Pagi mamah, waaaah bagus tuh postingannya mah, berguna sekali, thx ya, btw SBnya lg ngambek ya mah

meiy said...

ga nonton langsung bisa baca disini...bagus sekali ya mah...

emang perlu sekali kita berdiet tipe ini, apalagi saat banyak rakyat kecil beli beras aja ga sanggup krn kemahalan ...

rini said...

Setuju banget mah....