Sunday, February 01, 2009

KEINGINAN DAN HARAPAN ORANGTUA

Sebetulnya postingan ini pernah ditampilkan, di edit dan ditampilkan kembali karena ada beberapa pembaca yang membutuhkannya.
Selamat merenungkannya ya.



Apa sih yang diharapkan orang tua dari anak anaknya ?
Kayaknya nggak aneh aneh deh......

Cuma pengen anak anaknya happy, bahagia, karena kalau mereka bahagia , mereka pasti bisa memberi, berbagi,dan bermanfaat bagi banyak mahluk lainnya, bukan begitu ?

Kalau mereka bahagia, mereka nggak akan dzalim sama orang lain atau sama dirinya sendiri.

Tapi gimana ya caranya supaya mereka bahagia ??.....

Kayaknya mereka harus selalu pandai rajin rajin bersyukur, rajin rajin menimba energi positif.

Gimana ya caranya bersyukur ???

Aduuuuuuh...dari mulai bangun tidur juga banyak hal yang bisa disyukuri.
Alhamdulillah bisa bangun, yang lain mah tergeletak ditempat tidur.
Alhamdulillah bisa menghirup oksigen bebas yang gratis, orang lain mah harus pake oksigen dari tabung oksigen, bayar lagih.
Alhamdulillah bisa pipis lancar, yang lain mah pake kateter di rumah sakit, bayarnya juga nggak kayak di WC umum.
Alhamdulillah bisa lihat bunga warna warni...yang lain mah lagi diverband matanya, atau bahkan buta, indra penglihatannya nggak jalan.

Whaduh....koq banyak ya yang harus disyukuri teh ?

Emang iya.
Kita nya aja suka nggak mudeng, lagi bete, jadi nggak ngngngeuh......

Kita mah bangun enak, nafas enak, pipis enak, makan minum enak, bisa jalan, bisa baca koran dan bisa,,,,ngeblog....heuheuheu.......yang lain???

Gimana caranya untuk menambah energi ?

Kan dari pagi udah shalat subuh, dzikir.
Apalagi yang tahajud atau wirid dulu, trus menghirup udara bebas, lihat matahari, berjemur, lihat dedaunan dan bunga warna warni, lihat ada kucing, kelinci, burung, ikan atau gogog.....

Ngobrol sama orang yang auranya bagus, yang energinya positif.
Apa aja deh.

Mahluk ciptaan Allah kalau diamati akan memberi energi positif.
Kecuali berdekatan atau mengamati apalagi ngobrol sama manusia ontohod....heuheuheu...nyedot energi kelompok ontohod mah ...

Apa ya ontohod tuh bahasa Indonesianya..pokoknya auranya negatif lah, jangan deket deket deh, tersedot malah energi kita.
Kalau sama yang energinya negatif sih, just say hello, trus maburrrr aja...hehehehehe.

Kita, para ortu, tentunya bisa dong ngasih energi positif......
Ialah dengan loving, touching, ngasih pujian, ngasih penghargaan, ngasih tatapan lembut, ngasih senyuman manis, dll dlsb
Apa aja deh yang bikin anak seneng....nggak bikin mereka bete......

Kata anak si mamah, beberapaa temennya malezz pulang kerumah, karena bikin bete. Pertanyaannya sih itu itu juga.
Udah shalat ?
Ketemu pagi, udah subuh ?
Pulang jam 13, udah lohor ?
Pulang jam 18, udah maghrib ?

Atau...udah belajar ?...
Udah bikin peer ?....
Tempat tidur udah dirapiin ??

Hhuuuuh...katanya bete kalau ditanya begituan terus, kewajibaaaan melulu yang ditanyain.

Jarang ada yang nanya, masih punya uang?
Udah makan? Makanannya enak nggak?
Gimana tidurnya enak semalam?
Gimana di sekolah? Gurunya menyenangkan? Belajar apa tadi yang paling disukai?

Sebenernya sih kenyataannya, orangtua tuh mengajukan pertanyaan bagus.
Tapi kayaknya kalau diulang ulang sepanjang hari sepanjang waktu jadi seperti bunyi radio rombeng, nggak ngepek kata si uming mah......heuheuheu......

Aku sih belajar dari ibu bapakku aja deh.....
Nggak pernah nanyain hal hal yang pengen mereka lihat kita melakukannya.
Lakukan aja ngasih contoh...

Sok geura....da mereka juga ngikutin nggak usah disuruh suruh juga.........iya kan ??

Pengen anak shalat tepat waktu....ya kitanya aja atuh ngasih contoh....atau mengajak. Hayu..bareng yu.....jadi imam mamah , kan babeh blum pulang.....
Taraweh yu...anter mamah ke masjid, kan babeh nggak ada.
Bantuin mamah yuk ganti sprei...dll, dlsb

Dijamin, anak anak juga melakukannya dengan senang hati.....iya kan ??......
Lama lama malah mereka yang balik nanya....
Mamah udah maghrib ?.....Mamah mau ikut ke masjid nggak ???
Alhamdulillahirabbilalamiin.......

Kalau punya anak kost jauh diluar kota, katanya juga suka ada yang bete malez pulang....
Karena pertanyaannya juga itu itu juga.....kapan selesai ?...hehehehehe, stress deh jadinya.
Ketika sudah selesai, juga jadi bete lagi, karena ntar dikejar pertanyaan.....kapan menikah ?
Kalau udah menikah....ntar ditanya lagi.....koq blum hamil hamil ??

Heuheuheu....ternyata orang tua teh pinter bikin stres anaknya juga ya.

Kewajibaaaan melulu yang ditanyain, keharusaaaan melulu yang dikomunikasikan.
Sama sekali nggak ada penghargaan, pengakuan, pujian , apalagi hadiah atas prestasi.
Prestasi apaaaa aja.
Berbuat baik keq, menolong orang keq, jujur keq, ikut aturan keq, bersih bersih keq, belajar rajin keq, rapiin kamar keq, tepat waktu keq
Itu kan prestasi baik juga bukan?

Walaupun aku nggak pernah nanya nanya gitu, tapi si teteh dulu pernah bilang....
Halah....sudah wisuda negh...jangan jangan ketemu ortu ntar bilang...
"segera kawini jodohmu ( emang teteh cowok ? hehe ) dan beri kami cucu"..........wuakakakakakakaka.

Jadi, buat yang lagi bete karena ortunya banyak menuntut dan meminta prestasi sesuai keinginan ortunya, cobalah langkah yang bisa membantu nambah energi.

Jadilah insan yang pandai bersyukur, agar bahagia dan berenergi senantiasa, sehingga bisa berbuat banyak manfaat bagi sebanyak banyak mahluk.

Himpunlah energi Allah yang terhampar luas dialam semesta, matahari, pemandangan alam, pepohonan, tetumbuhan, binatang lucu lucu, sawah yang terbentang, sungai yang berliku, bintang dilangit, bulan yang indah...waaaah, buanyaaaak sekali sumber energi gratisan.

Sebetulnya, ortu sih cuma menghantarkan dan mendoakan dengan doa seperti sapujagat...sing cageur, bageur, bener, pinter, parek rejeki, jauh balai, salamet mulya dunya akherat.

Sing seueur energi, bahu mambahu, saling meyayangi , saling care, saling support sampai maut memisahkan, amin.

5 comments:

Tamrin-Next CEO said...

Hehehe... Makasih mah, bocorannya. Saya ngeuh banget tujuan tulisan inih. ^_^

primaningrum said...

duh mamah, postingannya jadi bikin aku tambah mikir, soale lagi pusing ma ulah keponakan aku!!!

ijal said...

gpp deh mah.. drpd ga diperhatiin.. salah juga tuh..

ika rahutami said...

mah... postinganya asik banget

Rizki Eka Putra said...

Assalamulaikum Ma! Lama nggak ngunjungi mama! DAn ternyata dipostingannya ada keinginan ortu! dan minta doanya ya ma! karena ortu selalu berdoa kita adik kakak bisa ngumpul dan dekat dengan ortu! tinggal saya yang berjauhan!