Saturday, May 05, 2007

SECARA

Setiap generasi, ada kalanya mempunyai istilah sendiri, bahasa sendiri, atau gaya bahasa sendiri yang berlaku hanya dikelompoknya atau dikelompok usianya.

Biasanya, yang berumur diatas kelompok tersebut, susah payah mencerna dan mengartikan kata kata atau kalimat kalimat yang mengandung kata kata "aneh" tersebut.

Dulu, pernah anak anak berbicara dengan gaya begini, kafamufu mafaufukefemafanafa...
Hehehehe...artinya, kamu mau kemana ?

Trus ada lagi, uma kanung uma manung upa anang ?
Naah..lebih ribetkan ?
Artinya kamu mau apa ?

Ada lagi jaman memunculkan kata rokek pai untuk korek api, dll, dll

Jaman bergulir terus, ada masanya muncul kata kata bokap, nyokap, boker, tokai, lekong, gretong, dll dll

Jaman si teteh SMA, ada bahasa gaul, sutralah, akika lah, mawar lah....
Sampai sampai si mamah membaca buku kamus bahasa gaul, karangan Debbie Sahertian, hanya untuk antisipasi bisa mengerti percakapan anak anak....beueueueue...

Sekarang sekarang, muncul pula tren baru, ada kata kata baru, salah satunya adalah kata : SECARA

Duuuuh....si mamah kadang agak susah ngartiinnya ya...
Ini teh artinya apa sih ?
Bisa diartikan padahal, walaupun, ketika, dll dll....

Waaah, ini kata multifungsi bener jadinya ya....
Coba deh perhatikan bahasa para blogger yang umurnya seumuran teteh Acied atau dibawahnya....
"Atasanku memberi oleh oleh tas yang diinginkan anakku, secara aku baru saja memberi tahu suamiku, bahwa si anak pengen tas itu"
"Secara aku belum tahu mau ngapain, ada kiriman pisang goreng dari tetanggaku"
"Aku ikut temanku menuju PIM, secara tadinya mau ikut bapak ke bandung"
"Kami sekeluarga berwisata ke kota wisata cibubur, secara berbelanja berbagai pernak pernik untuk oleh oleh"
"Nggak ada yang ngasih tahu sih, secara kita kumpul kumpul menjelang camping"

Duuuuh...secara teh artinya naon atuh nya......
Banyak banget kalimat pake secara, hebat banget si secara teh...
Bisa diartikan macam macam pula.......

Siapa sih yang mulai melempar dan mempopulerkan si secara dalam seribu wajah ini ya..........Secara gitu loh...

6 comments:

Bundanya Tiara said...

hahahha,apalagi aku yang disini mah sok rada gaptek bahasa baru tea, kuper. Secara teh naon kitu nya, da asa teu nyambung dina kalimat yang skr lagi populer mah, tapi lama2............naha jadi kebabawa ya jadi make secara secara...:-)

Ina said...

he he he, saya jadi ngakak baca judul mamah Ani, da saya juga bingung pertama bacanya, tapi kadieuna suka juga pake mun pas nulis, padahal mah bener...teu ngarti naon artina.

puntehn akh mah, secara saya juga dah lama gak mudik, jadi gak tau arti sebenernyah...:))

lierieh said...

haha... secara saya juga kadang2 lieur, tp jadi inget zaman SMA baca buku smurf, segala sesuatu pake kata smurf dan artinya apasajalah boleh... secara suka2 gitu loh... hehe... tdk sesuai EYD ya .. Mah haha..

bundazka said...

hehheheee......sama mah, aku jg smpt bingung baca kata "secara" ini...

terdengar aneh dikuping, tp kmudian ngeh jugaa...

sempet ikutan latah, tapi kmd kembli lagi ke jalan yang benar,hahahhaa...

Iya yaa..sapa sih yg meloncing secara ini?:)

debbie said...

hihihihi...postingan ini kocak secara saya sendiri adalah pengguna bahasa acak adut ini, nular euy....wah kan, bingung gak mah? hueheheheh.....

NiLA Obsidian said...

heuheuheu.....sifi mafamafah bifisafaafan wafaefe ....

lieur pan tah...secara ua2 abdi sareng pun bibi ge gaduh tah bahasa nu kararitu ge....

secara atuh si mamah ge ayeuna teh gafauful pisaaaannn