Wednesday, April 04, 2007

HOREE...PENSIUN!!!

Ini hari terakhirku (30 maret 2007) ngantor sebagai PNS….
Waduuuuuh, baheula mah da nggak pengen atuh jadi PNS.

Karena ketentuan nagara aja, yang sekolahnya jurusan si mamah wajib kerja sarjana menjadi PNS ( hiiii….si akang juga dulu diminta nagara untuk mengabdi da saat itu yang punya keilmuan seperti si akang punya masih dikiiiit banget , jadi aja si akang mengabdi sampai sekarang, mungkin kalau tetep pegang amanah sih 4 tahun lagi baru boleh pensiun, doain aja ya )……..

Dijalanin selama lebih dari 25 tahun,akhirnya tahun lalu si mamah minta pensiun aja da sudah memenuhi syarat.
Ternyata nggak sulit koq.
Sebenernya sih masih bisa kerja 6 tahun lagi ( katanya boleh sampai 60 tahun ), tapi si mamah alhamdulillah masih dikasih sadar diri, masih baaaanyak yang muda yang ngantri mau mengabdi dan si mamah sendiri udah pengen kerja resmi sebentar aja, 2 atau 3 jam cukuplah , selebihnya sih kerja nggak resmi resmi amat gitulah.

Ketika tahu aku mengajukan pensiun, banyak yang bertanya.
Why ?....
Kunaon ?....
Belum saatnya kan ?....

Dan ketika alasan utama diajukan, pengen kerja cuma 3 jam saja, eh…malah diketawain…
Lha, kenapa pensiun ?
Yang lain juga kerja cuma colak colek terus pulang, bahkan ada yang cuma nongol kalau gajian, nggak pensIon pensiun…
Ada suami teman sejawat bilang,…tuh, istri saya dari rumah jam 10, jam 1 siang udah keluar kantor……
Haaaah ???

Hehehehe lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya…orang kan beda beda ya, rambut boleh sama hitam ( eh…si mamah udah mulai ada ubannya koq..heuheuheu )….bukannya sok moralis atau sok idealis, buat si mamah nggak genah aja kalau datang telat, pulang kecepetan ( hihihi…jadi inget peribahasa beberapa teman, kan judulnya nggak boleh telat dua kali, kalau sudah telat datang, jangan pula telat pulang….wuakakakakakka )

Sebenernya, sejak 4 tahun lalu, ketika syarat pensiun dini sudah terpenuhi, si akang dan anak anak mulai mengusulkan, kenapa nggak pensiun aja mah ? kan jadi bisa kerja paruh waktu, udah saatnya banyak istirahat, jangan cape cape…..hehehehe, si teteh acied malah mengusulkan banyak jalan jalan aja nengokin anak cenah……Kayaknya mereka tahu persis, si mamah type nggak bisa kerja setengah setengah. Kalau dikasih tanggung jawab, suka jumpalitan sorangan pengen mempersembahkan yang terbaik ( adeueueueueh…..padahal sama aja si akang dan anak anak juga gitu kan ? kalau mau presentasi, apa nggak mati matian tuh pengen bikin sajian yang terbaik ????...)….Makanya, kata mereka, si mamah itu type yang suka dimanfaatkan, yang lain leha leha, ongkang ongkang, ngurus keperluan kepentingan sendiri sendiri, si mamah jumpalitan ngurus kepentingan kelompok ( bukan begitu bi ayi, bi dini ?….kalian juga begitu juga bukan ????...genetik meureun nya…wuakakakakka ) ah…SWGTL…so what gitu lho..yang penting aku happynya kalau kerjaan yang menjadi tanggung jawabku bisa selesai dengan sebaik baiknya, gitu aja koq…Nggak penting temenku leha leha, mengurus kepentingannya sendiri, kebaikan nggak akan tertukar bukan ? Keyakinanku itu sederhana aja…Allah nggak tidur, akan tercatat segala kebaikan dan keburukan, sekecil apapun….…..ntar juga ada balasannya bukan ? Itu yang suka jadi energi buat tetap semangat mengerjakan apapun yang pengen dilakukan…… Hihihi…jadi inget kata si Tukul…no pain, no gain….wuakakaka…bisaan English juga dia ya….

Naaaah….ini hari terakhirku…mau tahu perasaanku ? ya nano nano…ada sedih ada seneng, tapi yang menonjol tentunya perasaan sueneeeeng banget ( jadi suka mikir, kayaknya suatu saat kelak, kalau maut datang menjemput, terus kita sudah melakukan semampunya yang terbaik sepanjang hidup, ya mungkin begitu perasaannya, ada sedih ada seneeeeeeng merasa puas nggak menyia nyiakan kesempatan, gitu kali ya…wallahualam )

Yang jelas….naaaah ini….seru juga kalau mengingatnya, 2 kali sudah unit kerjaku mengadakan acara “melepas” si mamah…..pertama, waktu serah terima tanggung jawab kepala unit kerja, kedua ketika melepas “pensuon”, hari senin kemarin,…whaduuuuuuh, itu banjir air mata dimana mana……yang menangis sesenggukan, yang cirambay, yang meleleh airmatanya sepanjang acara, yang terisak, yang tepekur, dan….ada yang meraung raung lho…heuheuheu…bener, meraung raung, laki laki lagi…whaduuuh….terus ketika diminta menyampaikan kesan kesan….wuahhhh, mengharukan, haru biru tepatnya sih, …..semua amat amat very very sangat terharu biru. Mereka satu persatu bicara sambil bawa bawa tissue, terisak isak, terpatah patah, terbata bata, ada yang nggak bisa bicara…bener bener bikin terharu sekaleeeee. Ada yang mewakili teman teman yang nggak sanggup bicara tapi sudah menitipkan pesan tertulis….aduh….segitunya ya….. balalageur ka si mamah teh…..Ada yang bilang si mamah itu ibu yang baik sepanjang kedinasan, ngurus mereka seperti ibu yang ngurus anak……ada yang bilang ibu itu soulmate kita…..adeueueueueh…belahan jiwa arti positif ibu dan anak kaleeee….ada yang bilang ibu itu selalu punya solusi buat semua masalah, baik kedinasan maupun masalah pribadi , masalah rumah tangga ( wuakakakaka…emang si mamah itu selalu jadi tempat curhat temen, staf, pasien, dll dll….kayak psikolog atau ustadzah aja layaknya…heuheuheuheu…)

Yaaaah…pokoknya, di kedua acara itu bener bener mengharukan banget deh….tapi juga ada rasa senengnya, artinya, ternyata si mamah itu tanpa disadari, meninggalkan jejak kesan yang baik, alhamdulillah………Selebihnya sih acara makan makan yang seru, seperti biasa, sea food bakar, lalap sambal, nggak ketinggalan pesenan beberapa karyawan, pete rebus dan semur jengkol…huahahahahaha…..dan tidak lupa, makannya pake daun, semua sajiannya diatas nyiru yang dilapisi daun……asyik banget deh..

Alhamdulillah, tugas pengabdian formal sudah selesai….tinggal menjalankan pengabdian yang nggak resmi resmi aja deh….tokh sampai diujung usia, kita kan harus selalu menampilkan segala potensi dengan sebaik baiknya, dengan semaksimal kemampuan kita bukan ?

Doain aja si mamah bisa senantiasa sehat bugar, memberikan yang terbaik disemua jenis pekerjaan yang memang harus dikerjakan, sampai maut memisahkan, amin Doa yang sama pula buat semua yang baca postingan ini. Salam.



14 comments:

Momy De' Vieto said...

Asik kahiji...asik kahiji ... hehehehehe .....

Aduh mamah pensiun, alhamdullilah atuh sekarang mah seueur waktos nya ... tiasa sering posting atuh mah ... bercerita lebih banyak sama kita2.

Pasti atuh mah, kuabi didoakeun sing sehat selalu, awet muda, panjang umur, makin di sayang suami, dibere rejeki yg banyak dan halal .... amiinnnn

Anonymous said...

asikkkkkkk

bentar lagi kopdar di düsseldorf nihhh

tgl 15 April grillen mah hayuuu hihihi

ophi tea

putri said...

Udah pensiun ...tinggal jalan2 ya... melihat indahnya dunia.. :D

NiLA Obsidian said...

hebad deui we si mamah teh.....ga semua org juga memasuki masa pensiun meninggalkan kesan yg begitu dalam utk org2 yg ditinggalkan di knt.....tentunya krn pengabdian dan dedikasi nya pada pekerjaan.....

nuhun udah ngasih contoh yg baik buat yg muda2 (yg suka dateng telat pulang cepet heuheuheu....)

Naaaaahhhhh....sekarang bisa rajin BW dan posting dong daannnnnn......
ada prospek bisnis naon yeuh Mah....? pensiun kan bukan berarti cicing di rumah.....
hayuuuuu atuh urang bisnis.......hehehe
yuuuu yaaaa yuuuuuuuukkkk

Nuke said...

wah...mamah pensiun....asyik dong ya...ma....
biasanya tiap hari harus berkutat di kantor skg udah bebas ngga terikat...mau jalan....mau shoping....mau masak....
saya aminkan doa nya mamah ya...semoga pensiun ini bawa berkah ....

AryaNst said...

Bener kata putri tuh, Tan... Tinggal jalan-jalannya.

Gak mengunjungi Acied nun jauh di sana? =)

Anisa said...

ALhamdulillah mamah dah "pensiun".
Hebat euy...masih ada ternyata yang seperti mamah,keputusannya luar biasa.
selain jalan2 melihat indahnya dunia, memperbanyak bekal buat hari akhir ya mah...mudah2an panjang umur, sehat selalu dan selalu berbahagia bersama suami dan anak2 tercinta

pacarterbang said...

selamat :)

kumaha lamun janten menteri kesehatan aja tante?

Bundanya Tiara said...

alhamdulillah....berarti mamah skr bisa istrirahat n mengerjakan yang lain2 yang mama suka:-). Wilujeng ya mah, mudah2an mamah sehat selalu..

Luigi said...

Semoga dengan pensiun ini bisa lebih akrab dgn pasukan di rumah, less-headache seperti dulu di kantor dan bisa lebih lancar beribadah..

Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat
--------------
PS: Ohya, Warung yang lama ini akhirnya kembali di buka, setelah lama di tinggal mudik.

Ryu`s Mom said...

Pasti banyak banget yang merasa kehilangan dengan pensiunnya si Mamah.Selamat memasuki aktifitas baru Mah..semoga semua doa dan keinginan Mamah Ani bisa dikabulkan Allah..Amin...Bisa bebas jalan-jalan keliling dunia nih kayaknya..klo mau ke Jepang mampir ya Mah..

Bunda Ira: Bundanya Nanet & Nadya said...

mammm... selamat ya, udah lulus abdi praja bagja salamanya... (inget himne pns yg diparodikan)

pasti mamah gak post power sindrom, atuda powerna gak post2 ya, mah..

Tiwi said...

Mamah Ani suka banget ama tulip yach ...*baru nyadar liat leot*...mudah2an bisa tumbuh deh itu bunga.
Keukenhoff emang buagus Bu *dua kali ke sana*...sayang mayan jauh dari rumah kami...

Selamat menikmati pensiun ya Bu, tambah banyak waktu buat keluarga tentunya.

indie said...

Mamahhhh,
Udah lama gak blogwalking kesini yah.Lagi hiatus nihhh Ine. Selamat memasuki masa pensiun ya, Mahh... setiap periode itu indah dan pasti ada keistimewaannya. Masa bekerja indah, masa pensiun pasti indah pula. Kebayang temen2 Mamah pasti sararedih, gak ada yang bisa dicurhatin lagi hihihihiy... Papahnya Ine juga akhir tahun ini pensiun lohhhh.

ine