Thursday, March 29, 2007

WARNA-WARNI KEHIDUPAN

Di postingan self service, kan si mamah cerita naik getek.
Itu tuh potongan bambu yang diikat satu sama lain jadi bisa dijadiin kayak perahu. Operatornya ( halah …gaya, operator euy…) bawa bambu panjang buat seperti mendayung, buat muterin getek atau sebagai alat bantu ngatur arah.
Trus ada tali besar terbentang antara dua sisi sungai.

Naaah si operator itu cuma berpegangan pada tali, kedua tangannya bergerak sepanjang tali.
Maka getek merayap perlahan kesebrang sungai….
Gitu lho…….

Penumpang umumnya berdiri.
Ada yang bawa motor, ada yang bawa sepeda, ada juga yang duduk dibangku bamboo….
Asyik lah…

( halah….kalau cerita naik getek, pada nggak percaya tuh...…masa pak SW naik getek ??? iiiih, SWGTL…so what gitu lho…heheheh )

Biasanya, sabtu minggu si mamah jalan berdua si akang, kadang bawa cucu cucu kakakku.
Hahaha…anak anak yang biasanya dibawa dari Mall ke Mall sama ortunya, kita bawa asruk asrukan ke kampung kampung.
Nyebrang sungai lagi,lihat orang nyuci, mandi, b.a.b di sungai...
Lihat anak anak b.a.b kayak kucing,diatas tanah, trus eo nya ditimbun tanah.
Wuiiih…cebok pake daun singkong tea...grrkkkkhhh.

Kebetulan, si akang itu nggak pernah punya hobby golf atau tennis atau apalah seperti temen lainnya nya yang beberapa diantaranya senengnya kumpul kumpul ruang riung olah raga tertentu….
Kalau ada waktu luang, ya hobbynya jalan kaki bareng si mamah.
Diubek aja, ke utara, ke selatan, ke barat, ke timur, kekampung ini, ke kampung itu, nyebrang Cisadane.
Ngobrol dipangkalan penyebrangan getek, ngobrol dengan tukang sayur, tukang ojeg, satpam, sopir angkot…..
Kalau kecapean…ya pulang nyegat angkot atau naik ojeg….
Heuheuheu…pokoknya asyik lah….

Dari hobby jalan kaki masuk kampung keluar kampung, banyak, banyaaaaak banget yang bisa dilihat, dirasakan, diresapi,dimengerti.
Menambah rasa syukur dan menjadi lebih bijak ( adeueueueueh)….

Kenapa ?
Karena disana, disepanjang perjalanan, banyak warna warni kehidupan yang bikin kita menjadi lebih kaya.
Iya bener…lebih kaya batin kita lho…..

Nggak usah jauh jauh deh…disekitar kompleks tempat kita tinggal aja masih baaaanyak yang menjalani hari demi hari dengan warna kehidupan yang jauh berbeda dengan kita. Terkadang nyesek lihatnya juga.
Terkadang bikin kita amat sangat bersyukur atas warna kehidupan yang telah kita lalui dan sedang kita jalani.
Dan terkadang menjadi inspirasi buat melakukan sesuatu yang bisa bermanfaat buat sebanyak banyak mahluk

Jadi…….ayo, jalan jalan menghirup udara segar, melihat banyak tetumbuhan, berbagai jenis pepohonan dan berbagai rupa kehidupan manusia……
Jadi inget, waktu anak anak kecil seriiiiing banget ke kebun binatang , naik sepeda memotong perkampungan, ke berbagai taman, kepinggir sungai….dll dll
Dijamin, asyik, sehat, bugar, menyenangkan dan memberi banyak energi dan inspirasi…..
Sok, derrr ah…



12 comments:

wieda said...

mah emang aseek tuh jalan2 seperti yg mamah bilang.....melihat kehidupan yg nyata..menghirup udara yg segar dan membuat kita lebih mensyukuri apa yg kita miliki...dan membuahkan inspirasi untuk "berbuat" sesuatu demi suatu kehidupan.....bravo mamah

Momy De' Vieto said...

Mamah ... salam kenal ... aduh abi nembean yeuh berkunjung ke blog mamah tapi meni betaaaahhh pisan mah, banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari cerita2 mamah ...

Cerita terus ya mah, nuju tunduh oge berkunjung ke blog mamah teras baca2 aduh jadi seger lagi ... seuseurian nyalira we jantena teh, da aya anu bodor2na bahasa mamah teh ... i love u mamah hehehehe ....

Tantri Nugraha said...

mamah Ani, puguh abdi oge resep ari jl2 kitu teh biasana abdi sareng pun lanceuk oge kakang(putra) sok jl2 dinten minggu enjing2, pami istirahat mah tetep lamun aya warung sok nongkrong bari ngobrol, aya pis-gor, atanapi nasi uduk nya saaya2 weh, a bdi biasa nguriling ti bintaro tembus2 ka BSD......

Anie said...

emang paling asik kalo ke kampung..desa2 gituh.. :)

Lili said...

Seangnya di kunjungi Mamah Ani. Salam kenal yaa mamah Ani. Sering2 mampir. waa anak2nya sudah besar2 semua. Semoga cita2 ke Disneyland barenag cucu2 segera terlaksana, aamiin

tia said...

hi mamah ani.. salam kenal yah..
makasih banyak udah mampir..:D
bener emang jalan2 keluar masuk kampung itu seru deh.. banyak yang bisa diliat..:D

Hany said...

Aduh, itu sih hobi yg asik buanget, tanteeee.... Kapan2 ke pulau Ubin yoooo...

meitymutiara said...

Seru ya mah bisa jalan-jalan seperti itu... Bener tuh, kita jadi kaya bathin... Meity mah berhubung gede di salah satu pulau di wilayah KepRi jadi sekarang teh lebih familiar sama segala hal yang deket-deket sama pantai... walopun lahir dan sempet tinggal dibeberapa tempat di Jawa Barat (biar tetep diaku sebagai orang Sunda...hehehe...)

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

emang asyik mah kalo jalan2 begitu...menghirup wewangian kampung...duh kangen pen mudikkkk

Ryu`s Mom said...

Bagus nih Mamah Ani postingannya...supaya kita belajar merakyat..jangan liat ke "atas" terus ya..

Lia said...

Jadi emut jaman SD, kapungkur pun bapa sok ngajak aprak-aprakan ka pasisian teh, dugi ka ngalaman ngojay di walungan sisi gunung duhh, memang kenikmatan tak ada dua, seng deui leres memupuk rasa syukur ta teh.

NiLA Obsidian said...

deuh geus hebat deui we si mamah....jarang pisan orang tua jaman ayeuna yg punya kebiasaan siga kitu nya....
karunya pisan barudak urang teh...mung terang na mall ieu mall itu....
hoyong oge ngajak barudak asruk2 kan ka kampung kitu, ningali mata air anu jernih...tapi dimana nya tempatna? aya keneh kitu caket2 jakarta? hiks...