Saturday, October 21, 2006

LAGU ANAK ANAK

Masa kecil ???.....
Duuuuuh indahnya...

Rasanya alam dulu lebih bersahabat.
Udara lebih segar, matahari lebih hangat, hujan lebih menyejukkan, bulan lebih benderang dan langit lebih banyak taburan bintangnya.......
Apa iya ?

Lagu anak anak jaman baheula pun jauuuuh lebih kena dihati.
Ada lagu lihatlah hai kawan bung polisi kita, bekerja dengan tangkas mengatur lalu lintas,tengoklah tangannya di acu acukannya, itulah perintah yang tepat bagi rakyat, ayo ini lalu-itu tunggu dulu...dst
Lagu ini membuat anak anak respek terhadap pak polisi.......

Atau lagu..saya mau tamasya berkliling kliling kota, hendak melihat lihat keramaian yang ada, saya panggilkan becak, kereta tak berkuda, becak..becak...coba bawa saya,...
Dengan lagu ini anak anak seneng banget bepergian naik becak........

Atau.. pada hari minggu kuturut ayah kekota, naik delman istimewa kududuk dimuka.
Coba simak, bepergian dengan ayah, naik delman kekota...
Aduuuuuh senengnya...

Ada lagi...tik tik tik, bunyi hujan diatas genting.
Kebayang banget deh ada tetesan hujan di atas genting ...
dst, dst....

Atau, coba simak lagu yang mengingatkan kita akan sepatu baru lebaran
Sepatuku cantik bagus berkilat, bunga titik titik warnanya coklat,harga tak sedikit cobalah tanya, tapi oouw kusakit, aku dapatnya

Hihihi....
Lebaran jaman dahulu identik dengan lecet.....
Nggak tau knapa ya, hari lebaran banyak yang terpincang pincang, ingkud ingkudan atau malah baju bagus tapi sepatu dijinjing....
Lecet boouw..........
Sekarang ??? Masih ada yang lecet nggak ya....


Jaman dulu, anak anak lebih banyak bermain dan bernyanyi, atau lebih tepatnya bermain sambil bernyanyi...

Inget lagu tokecang ?
Atau perepet jengkol jajahean ?
Atau kelenang keleneng samping koneng ?,,,

Terkadang malah...hihihi...ini yang lucu, bernyanyi seperti bermain ularnaga sambil menyanyikan lagu entah apa artinya, coba deh simak, bahasa apa ini : slep due...slep dur....dur..driman driman on de dur,de las devan devan,en dri man de bur man de bur kaka piteeeen...
Huahahahahha...bahasa apa ya...
Tapi anak anak jaman baheula...pede aja lagi bermain sambil menyanyikan lagu itu keras keras...
Nggak tau artinya apa...

Jaman bergulir...
Permainan sambil bernyanyi juga berganti ganti.
Jaman kiwari masih adakah anak anak bermain sambil bernyanyi riang ?

Kalau ada, lagu apa ya yang dinyanyikan sambil bergembira ria rame rame teman sambil menggerak gerakkan badan ???
Mengekspresikan seluruh jiwa kekanak kanakannya ?
Ada nggak ya ?

Yang jelas, dikantorku, ada anisa kecil 3 tahun.
Yang kalau ikut ibunya senantiasa bernyanyi...bang , sms siapa ini bang...bang pesannya pake sayang sayang....,
Dia bernyanyi sambil goyang gergaji.....
Atau...dia menyanyikan...leeeeelaki..buaya darat..busyet aku tertipu lagi, dengan gaya centilnya mulan kwok.
Sementara ibunya asyik bekerja.......

Aduuuuuh...
Kamarana atuh lagu barudak teh nya ?????

1 comment:

Rieny said...

Hallo Mama Ani...
Seneng banget bisa ketemu dengan artikel ini. Kebetulan saya seorang guru Taman Kanak Kanak, yang mencoba menyisipkan dolanan anak jaman dulu sebagai variasi di pelajaran olahraga, dan menyisipkan (lebih banyak) lagu anak-2 jaman kita dulu sebagai pengantar bermain dan bernyanyi murid-murid saya. Saya sedang mencari teks lagu pak polisi yang rada lupa-lupa ingat, alhamdulillah buka oom "Google" kok ketemu dengan beberapa lirik yang sempat miss dari kepala saya.
Nuhun pisan Mama Ani,boleh dong tahu emailnya...saya di rien_218@yahoo.com. Salam