Saturday, October 14, 2006

IBU IBU BELANJA

pernah denger obrolan ibu ibu adu jago nawar belanja nggak ?
kira kira begini nih......
" eh....aku mah beli tomat di pasar ciputat 6000 sekilo "
" ah...masa siiiiiih ? aku dipasar serpong cuma 5500......."
" kalau aku sih di mang sayur yang lewat bisa aku tawar sampai 5000 da...."
hayoooooooh aja adu bicara menyampaikan harga harga belanjaan pasar yang beraneka...pokoknya, mereka adu murah lah....adu jago nawar kebutuhan dapur.....
kayaknya...yang bisa beli paling murah, itulah pemenangnya......itulah jagonya

jago ??????
coba kita bayangkan, tomat dari lembang atau cipanas puncak sana....ditanam petani berbulan bulan, dirawat, disiangi, ketika matang, dipetik, diangkut suatu siang menjelang sore ke pasar lembang atau cipanas, kemudian diangkut ke pasar induk malam malam buta, diangkut lagi kepasar cikokol atau ciputat, dinihari-ketika kita terlelap dibalik selimut, mang sayur kita dengan kepenatan dan mata separuh terpejam mengangkutnya kepasar tempat kita biasa belanja atau ketempat gerobak sayurnya tersimpan.......pagi pagi, kita tinggal menjemputnya di tukang sayur langganan....eeeeh...menawar pula....pokoknya, nggak mau rugi barang 500 perakpun.....halah !!!!!!

padahal kalau ke supermarket, tomat delapan ribu sekilo nggak pake nawar nawar segala, langsung lempar ke keranjang belanjaan bukan ?

tapi itulah salah satu kegemaran ibu ibu....seneng banget menawar belanjaan ya.........

aku tuh lebih senang belanja kepasar , kenapa ??? banyak energinya dipasar itu lho.....banyak interaksi sesama mahluk, saling sapa, ngobrol dengan pedagang....kamana dulurna hiji deui jang ? aduuuh bu eni udah nambah lagi kios ayamnya ya.....bu ginting, ini terinya bagus nggak ?....koh, aya saus tirem henteu ?.....uda, koq jeruknya kotor kotor sih ?...uni, bumbu baladonya 2000 ya...bawang merahnya dibanyakin.......mang, salam laja sereh dua rebu.......umi, balanjaanana bade dipangnyandakeun henteu ??? pokoknya, rame lah.........nggak kayak di supermarket, belanja dalam diam.......jadi, kalau ke pasar tradisional mah ada interaksi, ada energi, menyenangkan bukan ???
tapi, sekali sekali ke supermarket juga asyik lho...dingin !!!! nggak kepanasan......heheheheh

pernah ke pasar modern BSD nggak ?? sok atuh mampir.....
banyak jajanan......juga ada interaksi dengan pedagang yang ramah ramah, kayaknya nggak ada yang judes deh disitu sih....kalau judes, namanya juga area public service.....pasti bangkrut atuh

pokoknya.....dimana mana kita bisa belajar
di pasar, kita belajar kegigihan bekerja, coba aja terka, jam berapa si heri tukang sayur belanja ke pasar cikokol, kayaknya jam 2 dinihari tuh......
dipasar, kita juga belajar keuletan, berani hidup, berani beresiko, coba aja bayangin, tukang sayur asem, bisa beli 1000 perak sekantong koq, atau tukang serai, sereh, cuma 500 seiket koq......gimana bayar kiosnya ya......untungnya berapa sih jualan cecek bocek gitu ? tapi mereka berani, berjuang, berusaha, berikhtiar, mereka malu berpangku tangan.....
dipasar, kita belajar rendah hati, melayani....walaupun lelah bin penat, mereka tetap melayani dengan ramah, menyenangkan
aduuuuuh...jadi malu ya kalau kita nggak mau berjuang dalam hidup teh,
jadi malu kalau kita nggak mau melayani,,,,kalau kita menyebalkan
jadi malu kalau kita sombong, kalau kita takut gagal.......
aduuuuh, malu atuh sama si heri, si uda, si emak tukang sayur asem, atau si engkong tukang cau.......

pulang dari pasar...bukan hanya belanjaan yang kita dapat, tapi juga energi, kerendahan hati, ingin melayani,ingin menyenangkan orang lain... ....dapet kenalan baru, kita juga mendapat semangat untuk hidup, untuk berkarya, untuk manfaat....

hayu urang kapalasar atuh.....

1 comment:

nb said...

di malam tiga puluh.. manusia lebih banyak yg riuh menyiapkan kemeriahan hari kemenangan. sedangkan para penghuni langit dan orang2 shalih.. menangis tiada henti, berpisah dengan ramadhan .. :(



*semoga DIA masih memberikan kita usia dan perjumpaan di ramadhan yang akan datang*

maaf lahir bathin :)